Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Penggunaan Nomor…

Sejarah Penggunaan Nomor Punggung Pada Kostum Pemain Bola

Sering menonton pertandingan sepak bola?. Sahabat Fitinline pasti tahu kan jika setiap pertandingan bola para pemainnya selalu memakai pakaian yang dilengkapi dengan nomor punggung tertentu. Lantas kapankah sebenarnya nomor punggung pada kostum pemain bola tersebut mulai digunakan?. 

Pakaian Olahraga

Sumber : http://www.sporx.com/

Penggunaan nomor pada kostum pemain bola sendiri konon sudah diperkenalkan sejak lama tepatnya pada tanggal 25 Agustus 1928. Dua tim raksasa asal Inggris yakni Arsenal dan Chelsea merupakan club bola ternama yang memulai mempopulerkan penggunaan nomor punggung. 

Pakaian Olahraga

Sumber : http://www.mirror.co.uk/

Sempat menuai pro dan kontra karena keberadaan nomor punggung pada kostum bola dinilai tidak begitu menguntungkan bagi para pemain, Inggris pada akhirnya tetap menetapkan nomor punggung wajib pada kostum pemain sepak bola sekalipun pemilihan nomornya masih belum di atur secara resmi.

Saat itu setiap pemain bola yang ikut bertanding di lapangan bisa bebas berganti-ganti nomor punggung dalam satu musim.

Pakaian Olahraga

Sumber : http://siradel.blogspot.co.id/

Berbeda dengan jaman dulu, kini para pemain bola hanya diperkenankan untuk menggunakan satu nomor punggung untuk sepanjang musim. Seorang pemain, baru dapat mengubah nomor punggungnya jika ia pindah ke klub lain dan mendapatkan nomor berbeda dari klub barunya.

Pembagian nomor punggung pada pemain bola awalnya ditetapkan sebagai berikut. Nomor punggung 1 untuk para penjaga gawang, 2 dan 6 untuk bek atau pemain belakang (ada juga yang memilih nomor 5 atau 3), 4, 6, 7, 8, dan 10 untuk deretan pemain tengah, serta nomor 9 untuk para striker.

Kesepakatan tak tertulis ini bahkan nyaris diterima secara universal oleh berbagai klub bola di seluruh dunia dengan beberapa pengecualian.

Pakaian Olahraga

Sumber : http://www.juara.net/

Dengan adanya sistem pergantian pemain dalam sepak bola, nomor 12, 14, 15 dan seterusnya kemudian mulai digunakan juga untuk para pemain cadangan. Nomor 13 masih jarang digunakan karena dianggap sebagai angka sial.

Pakaian Olahraga

Sumber : https://www.lion303.com/

Penetapan nomor punggung untuk tiap-tiap pemain bola tidak berhenti sampai disitu, karena pada perkembangannya aturan tersebut juga mengalami perubahan. Semua pemain di tim nasional bebas untuk memilih nomor punggung tanpa perlu menyesuaikannya dengan posisi terkait.

Di tahun 1993 Federasi Sepak Bola Inggris (FA) kemudian memperkenalkan sistem nomor punggung dan nama pada kostum pemain dengan posisi nama pemain bersangkutan ada di atas nomor punggung. Penerapan sistem ini pertama kali dilakukan di laga final Piala Liga Inggris.

Meski terlihat simpel, namun pembagian nomor punggung pada kostum pemain bola ternyata menyimpan sejarah yang cukup panjang ya sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian olahraga?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Bahan Pakaian Olahraga

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.