Article

Homepage Article Fashion Design Fakta Menarik Seputar Warna…

Fakta Menarik Seputar Warna Khaki Yang Dipakai Untuk Seragam PNS

Merasa cukup familiar dengan warna khaki yang sangat identik dengan warna bumi?. Dibalik tampilannya yang terkesan natural ternyata warna khaki ini juga menyimpan banyak fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho. Supaya anda tidak makin penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Warna Khaki

Warna khaki dapat disebut juga sebagai salah satu warna bumi karena berada dalam gradasi antara warna cokelat dan warna putih. Ditinjau dari asal bahasanya nama khaki sendiri konon diambil dari bahasa Urdu atau Hindi yang berarti warna debu. Warna ini bisa juga dibaratkan seperti warna pasir gurun.

Warna Khaki

Sumber : https://www.exportersindia.com/

Fakta Menarik Warna Khaki

Berbicara mengenai warna khaki (coklat muda) jadi elemen warna yang satu ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis warna yang umum digunakan pada seragam militer. Selain menunjukan identitas penggunanya, warna khaki juga berperan penting untuk kamuflase alias penyamaran saat berada di medan perang.

Catatan sejarah menyebutkan, konon pada tahun 1840 salah satu perwira Inggris yang bertugas di India dalam kondisi panas yang ekstrem, memutuskan untuk menggunakan piyama ringan yang dilapisi kotoran/tanah agar menyerupai seragamnya.

Dalam buku Uncle John’s Bathroom Reader juga disebutkan bahwa tentara Inggris memang melapisi celananya dengan warna tanah. Namun yang tercatat sebagai penemu ide tersebut adalah Letnan Harry Lumsden, asisten Lawrence.

Dari yang awalnya dipakai untuk keperluan kamuflase, lambat laun wara khaki mulai berkembang dan banyak digunakan diseluruh dunia. Terbukti hingga sekarang warna khaki juga dipakai masyarakat biasa, karena warna ini memiliki gaya khas tersendiri.

Penggunaan Warna Khaki

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri garment dan konveksi, secara umum warna khaki dapat dijumpai dalam berbagai macam produk sandang yang sangat beragam. Tidak hanya terbatas pada seragam PNS saja tapi warna khaki   belakangan ini muncul sebagai warna pilihan untuk berbagai jenis item fashion lainnya.

1. Baju Khaki PNS

Warna khaki dikenal sebagai salah satu warna paling populer yang dipakai untuk seragam PNS Indonesia di lingkungan pemda, kecamatan dan kabupaten. Selain itu pakaian tersebut juga dipakai dilingkungan guru, sokter, perawat dan juga profesi lainnya.

  • Seragam PNS dengan warna khaki  atau warna seperti coklat tanah ini biasanya dipakai setiap hari senin dan selasa.
  • Untuk masalah desain, seragam PNS dengan warna khaki biasanya disesuikan dengan kebijakan setiap instansi.

Warna Khaki

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat baju khaki PNS sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju khaki PNS dari kami.

Pola baju khaki PNS pria adalah pola baju seragam PNS pria atasan dan bawahan celana.

Pola baju khaki PNS wanita adalah pola baju seragam PNS wanita atasan dan bawahan rok.

2. Celana Khaki

Celana termasuk ke dalam jenis item fashion yang cukup banyak dibuat dari kain berwarna khaki. Tidak hanya terbatas pada celana pria atau celana wanita saja tetapi secara umum warna khaki dapat dijumpai pada berbagai  model celana yang diperuntukan bagi keduanya.

  • Warna khaki dapat diaplikasikan pada berbagai macam model celana baik itu celana formal maupun casual.
  • Celana formal untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana formal untuk pria biasa disebut dengan pantalon.

Warna Khaki

Sumber : https://www.backcountry.com/

Tertarik untuk membuat celana sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola celana siap pakai dari kami.

3. Rok Khaki

Selain diaplikasikan pada celana, belakangan banyak juga rok yang dibuat dari bahan kain berwarna khaki. Rok wanita yang dibuat dalam warna khaki inipun tidak hanya bagus digunakan untuk bersantai di rumah, tapi bisa juga dipakai untuk keperluan hangout kuliah dan bekerja.

Warna Khaki

Sumber : https://www.amazon.com/

Beberapa contoh model rok wanita yang banyak dibuat dari kain berwarna khaki diantaranya berupa:

  • Rok span yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
  • Rok semi span yang sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
  • Rok wanita model klok yang memiliki bentuk melebar dibagian bawahnya.
  • Rok kerut yang dilengkapi dengan karet elastis pada ban pinggangnya.
  • Rok wanita model plisket yang dibuat dari bahan kain berlipit. Berdasarkan ukuran panjangnya rok ini dapat dijumpai dalam model rok mini, rok midi dan rok maxi.

Berkeinginan untuk membuat rok sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok wanita maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

Selain itu anda juga bisa menyimak pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula pada artikel Fitinline terdahulu.

4. Outer Warna Khaki

Untuk pelengkap gaya penampilan pria dan wanita, terdapat pula beberapa model outer yang diciptakan dalam warna khaki. Beberapa contoh model outer yang dimaksud antara lain berupa:

  • Sweater berkontur tebal yang dibuat tanpa kancing maupun resleting serta tidak menggunakan tudung kepala.
  • Cardigan yang diperoleh dari pengembangan model jaket lengan panjang tanpa kerah dan dihiasi dengan sejumlah kancing di bagian depan.
  • Blazer yang bentuknya menyerupai jas tapi memiliki potongan yang lebih santai.
  • Jaket parka, jaket trucker dan model jaket lainnya yang didesain dengan penutup kepala alias hoodie.

Warna Khaki

Sumber : https://www.geekbuying.com/

5. Tas Warna Khaki

Produk pelengkap fashion berikutnya yang banyak memanfaatkan warna khaki sebagai bahan utamanya yakni berupa tas yang diciptakan dalam model backpack, mini backpack, rucksack dan juga tote bag.

  • Backpack merupakan sejeni tas punggung yang dibuat dalam bentuk kotak namun ada juga yang oval dengan resleting sebagai penutup.
  • Mini backpack merupakan tas yang memiliki kesamaan bentuk dengan backpack hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.
  • Backpack merupakan jenis tas yang cara pemakaiannya mirip dengan backpack hanya saja penutupnya menggunakan tali serut.  
  • Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

Warna Khaki

Sumber : https://www.atwish.com/

6. Sepatu Warna Khaki

Sepatu menjadi produk kreatif berikutnya yang juga banyak dibuat dalam warna khaki. Untuk pilihan bahannya sendiri sepatu warna khaki dapat diciptakan dari berbagai macam bahan seperti halnya kain kanvas dan juga suede.

Warna Khaki

Sumber : https://www.jumia.com.ng/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta menarik mengenai warna khaki lengkap dengan pemanfaatannya dalam industri tekstil dan garment. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain dipakai untuk keperluan seragam kerja ternyata pemanfaatan warna khaki cukup luas juga ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.