Article

Homepage Article Jahit Menjahit 6 Kriteria Penentu Kualitas…

6 Kriteria Penentu Kualitas Jahitan Kaos Beserta Cara Praktis Untuk Menjahitnya Yang Bisa Anda Coba

Biasa mengenakan kaos saat hangout atau sekedar bersantai di rumah?. Mungkin banyak diantara anda yang tidak menyangka bahwa selain dipengaruhi oleh kesesuaian jenis bahan kainnya, kualitas sebuah kaos yang kita pakai ternyata juga bisa dinilai dari kerapian dan kekuatan jahitannya lho.

Pengertian Kaos

Kaos merupakan salah satu item pelengkap fashion yang biasa digunakan untuk menutup tubuh bagian atas yang terbuka. Khusus di Indonesia sendiri kaos ini bisa dikenakan oleh siapa saja dari semua kelompok usia lantaran memiliki tingkat kenyamanan yang sangat tinggi dan variasinya juga banyak.

Tidak hanya didominasi oleh kaos oblong saja tetapi model kaos yang berkembang saat ini umumnya juga semakin beragam dengan adanya kaos polo, kaos polos built up, kaos hoodie, pocket tee, kaos turtleneck, kaos long body dan juga kaos dengan kerah unik yang memiliki banyak keunggulan tersendiri.

Untuk mengetahui lebih detail lagi mengenai model kaos yang tengah populer hingga saat ini simak juga pembahasan mengenai 13 Model Kaos Pria dan Kaos Wanita Yang Wajib Anda Miliki.

Detail Jahitan Pada Kaos

Sekalipun model kaos yang ada sampai saat ini lumayan banyak, tapi bentuk detail jahitan yang terdapat pada kaos satu dengan kaos yang lain secara umum bisa dikatakan hampir mirip. Salah satunya bisa dilihat dari keberadaan elemen jahitan kecil pada kaos yang disebut dengan stick. 

Kaos Distro

Sumber : http://www.kaosyes.com/

Model jahitan stick yang biasa terdapat pada kaos sendiri sebenarnya ada bermacam-macam. Beberapa diantaranya yaitu berupa stick overdeck, stick jahit kecil, stick jahit besar dan stick overdeck kumis yang terkesan unik.

  1. Stick overdeck merupakan salah satu jenis jahitan kaos yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Kaos yang dijahit dengan stick overdeck umumnya akan lebih awet meski sudah digunakan berulang kali.
    • Stick overdeck bisa dijumpai pada bagian lengan dan bawah kaos.
    • Stick overdeck dapat diaplikasikan pada bagian kerah kaos oblong.
    • Untuk membuat jahitan overdeck ini biasanya digunakan 3 benang dan 2 jarum untuk menjahit.
  2. Stick jahit kecil berfungsi untuk memperkuat posisi rib dan bagian kaos.
    • Stick jahit kecil biasanya memiliki bentuk yang cenderung lebih simple.
    • Selain simple ukurannya juga jaug lebih kecil.
    • Stick jahit kecil termasuk kedalam jenis stick fungsional yang banyak digunakan sebagai standar jahitan kaos oblong.
  3. Stick jahit besar merupakan jenis jahitan kaos yang mirip dengan stick jahit kecil tapi memiliki dua fungsi sekaligus.
    • Pada sebuah kaos, stick jahit besar bisa dipakai untuk mengunci bagian dalam (obras) sekaligus mengunci bagian rib dan badan kaos.
    • Stick jahit besar lebih sering diaplikasikan pada baju anak-anak.
  4. Stick overdeck kumis termasuk kedalam salah satu jenis stick jahit yang memiliki fungsi dekorasi. Dimana bentuk jahitan yang dihasilkan akan terlihat seperti jahitan kumis/zig-zag.

Kriteria Jahitan Kaos Yang Berkualitas

Untuk menghasilkan kaos yang tidak hanya bagus dilihat tetapi juga memiliki jahitan yang kuat, penting bagi anda untuk mengetahui beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam membuat kaos berkualitas layaknya standar kaos distro. Kualitas dari jahitan tersebut sangat menentukan durabilitas kaos ketika dikenakan. 

Kaos Distro

Sumber : https://weallsew.com/

Beberapa kriteria yang menjadi faktor penentu dari kualitas kaos terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  1. Jahitan kaos pria dan kaos wanita yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
    • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
    • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  2. Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi, misalnya pertemuan jahitan pada bagian ketiak
    • Kaos pria dan kaos wanita yang berkualitas memiliki sambungan yang sangat presisi pada bagian lengan atau bagian body.
    • Jahitan kaos yang berkualitas baik ditandai dengan sambungan kaos yang membentuk persilangan garis (+).
  3. Semakin kecil lebar sambungan pada bagian dalam kaos maka jahitan tersebut berarti semakin baik dan rapi. Khusus untuk kaos jahitan ini biasa dibuat dengan menggunakan mesin obras.
    • Benang jahit yang digunakan untuk mengobras harus dipilih dari benang terbaik.
    • Jahitan obras yang baik memiliki tingkat kerapatan stabil.
    • Kaos yang berkualitas baik umumnya memiliki jahitan obras yang rapat dan rapi.
    • Semakin rapat jahitan obrasnya maka semakin tahan lama kaos untuk dipakai.
    • Semakin rapat jahitan obrasnya maka kaos tersebut juga akan semakin kuat.
  4. Terdapat jahitan rantai pada bagian pundak kiri, belakang leher dan bagian pundak kanan. Selain membuat sambungan jahitan kaos menjadi lebih kuat dan tahan lama jahitan ini telah menjadi standar kaos distro.
  5. Pada bagian rib leher menggunakan bahan terbaik dan disambung menggunakan jahitan bis yang rapi dan teliti sehingga kaos lebih nyaman dipakai.Biasanya pada bagian rib leher ini juga terdapat merk, label dan ukuran kaos.
  6. Bagusnya tidaknya kualitas jahitan juga bisa ditandai dengan tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan. Jika benang pada ujung jahitan tidak dibersihkan maka jahitan akan terurai dengan bebas.

Kaos Distro

Sumber : https://fjb.kaskus.co.id/

Cara Praktis Menjahit Bahan Kaos

Karena bahan kaos memiliki tekstur dan karakteristik yang jauh berbeda dengan bahan kain pada umumnya, maka untuk menjahit bahan kaos dibutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri. Begitu pula alat jahit yang digunakan untuk menyambungkan potongan-potongan bahan kaos tersebut. 

Kaos Distro

Sumber : http://sewway.com/

Supaya proses produksi kaos pria maupun kaos wanita bisa berlangsung dengan baik dan jahitan yang dihasilkan tampak rapi secara umum dibutuhkan berbagai macam mesin pendukung untuk menjahit kaos. Mesin yang dimaksud yaitu mesin overdeck, mesin jahit rantai, mesin pembuat bis dan mesin obras benang lima.

1. Mesin overdeck merupakan mesin yang dibekali dengan kemampuan menjahit sekaligus mengobras kampuh kain. Hasil jahitan dari mesin ini biasanya memiliki permukaan atas berupa jahitan dengan 2 benang sedangkan bagian bawah seperti jahit obras. 

Kaos Distro

Sumber : http://www.juki.co.jp/

2. Mesin jahit rantai dibutuhkan untuk membuat jahitan rantai pada bagian tertentu kaos. Hampir semua kaos distro telah menggunakan jahit rantai pada jahitan bagian pundak. 

  • Diketahui dari namanya, jahitan ini menghasilkan pola jahitan seperti rantai.
  • Jahit rantai biasanya digunakan untuk kaos bagian pundak yang dapat berguna untuk kaos menjadi lebih awet dan lebih berkualitas.
  • Tidak hanya digunakan untuk bagian pundak saja, jahit rantai juga biasanya digunakan untuk belakang leher dan juga pundak kanan.

Jahitan rantai pertama kali dipekenalkan oleh orang china dalam teknik pembuatan kesenian bordir. Seiring berkembangnya teknik menjahit kain, teknik jahit rantai ini pun kemudian dijadikan sebagai teknik jahit pada kaos sehari-hari yang mungkin anda kenakan.

Sebenarnya, jahitan ini merupakan salah satu teknik jaitan yang digunakan untuk mempermudah pengerjaan kaos, tetapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karena dilihat dari hasilnya cukup rapi dan unik. Untuk jahit rantai ini terdapat kain atau yang disebut "bis".

3. Mesin pembuat bis digunakan untuk membuat bis kaos atau kain penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat lebih rapi. Hampir semua kaos pria dan kaos wanita yang dibuat sesuai standar kaos distro telah menggunakan bis.

Untuk menjahit bis sendiri jenis jahitan yang dipakai merupakan turunan dari jahit rantai. Karena jika menggunakan jenis jahitan yang sembarangan kaos dapat dengan mudah mengalami kerusakan semisal jahitan yang lepas karena tidak kuat ataupun kaos yang bolong karena jahitan yang terlepas. 

Kaos Distro

Sumber : http://mansuinc.com/

4. Mesin jahit obras benang lima merupakan salah satu mesin pokok yang paling dibutuhkan dalam proses pembuatan kaos jadi, fungsinya yaitu untuk mengunci sisa lipatan kaos yang belum terlihat rapi. Sebenarnya mesin obras tersedia dalam beberapa jenis, namun yang paling sering digunakan adalah jenis benang lima.

Kaos Distro

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kalau sahabat Fitinline ingin mencoba menjahit kaos di rumah tapi tidak memiliki mesin yang memadahi seperti yang sudah disebutkan di atas maka anda bisa juga menggunakan mesin jahit standar dan mesin obras untuk menjahit kaos anda.

1. Mesin jahit merupakan mesin yang diperlukan untuk membuat jahitan lurus. Mesin jahit standar yang digunakan untuk menjahit kaos bisa berbentuk mesin jahit manual atau mesin jahit otomatis yang digerakkan menggunakan motor listrik. 

Kaos Distro

Sumber : http://wheredowefindthetime.com/

2. Mesin obras merupakan mesin berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk merapikan tepi busana atau menjahit pinggir bagian pinggang sebelah dalam dari sebuah kaos. Sebagai bahan percobaan anda bisa memakai mesin obras benang tiga dan benang empat. 

Kaos Distro

Sumber : https://www.youtube.com/

Untuk menjahit bahan kaos dengan menggunakan mesin jahit portable atau mesin jahit biasa tentunya ada tips dan trik trik khusus yang bisa anda coba agar jahitan yang dihasilkan bisa semulus dan serapi hasil jahitan mesin jahit industri (high speed) maupun overlock. Salah satunya yaitu melapisi bahan kaos dengan selembar kertas.

  1. Mula-mula siapkan bahan kaos yang akan dijahit beserta satu lembar potongan kertas.
    • Untuk memudahkan proses menjahit lebih baik kertas tersebut digunting kecil mengikuti kain yang akan dijahit.
    • Letakkan kertas pada bagian atas kain tepat di area jalur jahitan, kemudian jahit kertas dan kain tersebut secara bersamaan.
  2. Saat menjahit bahan kaos, pastikan benangnya selalu menempel pada kertas agar jalinan benang yang terbentuk bisa terkait sempurna pada bahan kaos.
  3. Selesai melakukan proses menjahit selanjutnya tarik kertas secara perlahan hingga terlepas dari jahitan.
  4. Untuk merapikan kampuh pada sambungan kaos anda bisa mengobrasnya dengan menggunakan mesin jahit obras benang tiga atau benang empat.

Dengan cara yang hampir mirip anda bisa juga memperbaiki jahitan kelim kaos yang lepas tanpa menggunakan mesin overdek. Kelim atau keliman merupakan proses finishing jahitan yang digunakan untuk merapikan kain di bagian bawah (bagian tepi). Pada kaos biasanya keliman dibuat sekitar 3 cm hingga 4 cm.

  1. Untuk memperbaiki jahitan kelim kaos yang rusak caranya lipat bagian bawah kaos ke arah buruk kain sesuai ukuran keliman kaos yang dikehendaki.
  2. Supaya bentuk jahitan yang dihasilkan bisa semulus jahitan mesin jahit overdeck sebaiknya lapisi bahan kaos yang ingin anda jahit dengan selembar kertas.
  3. Jika sudah selanjutnya jahit kertas dan bagian tepi lipatan kaos tersebut secara bersamaan dari arah dalam kaos.
  4. Dengan jarak sekitar 0.5 cm dari jahitan yang pertama jahit kembali bagian lipatan kaos tersebut dari arah dalam sehingga hasilnya akan didapatkan jahitan kaos yang sama seperti jahitan kelim overdeck.
  5. Jahitan yang kedua ini harus dibuat mengikuti jahitan yang pertama jadi harus betul-betul lurus.
  6. Setelah proses menjahit selesai dilakukan selanjutnya lepaskan kertas yang digunakan sebagai alat bantu saat menjahit lalu rapikan sisa lipatan kaos yang tidak terjahit.
  7. Sampai di sini kaos yang anda miliki sudah siap untuk digunakan.

Selain diterapkan untuk memperbaiki jahitan kelim kaos yang rusak atau terlepas cara di atas sebenarnya juga dapat dilakukan untuk memodifikasi ujung kaos yang sedikit kepanjangan. Cara praktisnya potong bagian ujung kaos sesuai ukuran yang anda inginkan, lalu lipat dan jahit bagian ujung kaosnya.

Jika anda sudah mencoba menjahit bahan kaos dengan mesin jahit biasa tapi jahitan yang dihasilkan malah tampak berkerut dan kurang rapi, maka salah satu tips paling ampuh yang dapat diterapkan adalah mengganti jarum mesin jahit yang biasa dengan jarum mesin jahit jenis ballpoint needle.

Ballpoint needle ini termasuk kedalam salah satu jenis jarum khusus yang memang diproduksi untuk menjahit bahan kain yang bersifat stretch atau elastis. Meski sepintas terlihat sama dengan jarum biasa, namun secara spesifik jarum ini tetap memiliki ciri khas tersendiri yang terletak pada ujung jarumnya.

Untuk menjahit bahan kaos dengan menggunakan ballpoint needle mula-mula siapkan bahan kain kaos yang akan dijahit, mesin jahit, benang jahit, jarum jahit ballpoint needle serta peralatan pendukung lainnya.

  1. Pasangkan ballpoint needle pada mesin jahit anda.
  2. Selanjutnya tempatkan bahan kain di bawah sepatu jahit dan jalankan mesin jahit secara perlahan dengan menginjak pedal mesin jahit.

Ketika mesin jahit berjalan secara otomatis akan terbentuk jalinan-jalinan benang pada bahan kaos. Bagian ujung ballpoint needle yang cenderung membulat memungkinkan jarum jahit menembus sela-sela rajutan bahan kaos yang rapat tanpa perlu merusak benang atau serat penyusun bahan kaos.

Tips Memilih Jahitan Kaos Yang Baik

Kalau anda lebih tertarik untuk membeli kaos siap pakai tapi tetap ingin mendapatkan kaos yang kualitas jahitannya bagus maka anda bisa menerapkan tips berikut ini.

  1. Selalu periksa jahitan kaos sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Kaos yang baik biasanya dibuat sesuai standar kualitas kaos distro.
  2. Pilih kaos yang dilengkapi dengan rib yang dibuat dari bahan pilihan berkualitas tinggi.
  3. Pastikan sambungan antar jahitan kaos tampak presisi terutama pada bagian lengan atau bagian badannya.
  4. Pilih kaos pria ataupun kaos wanita yang memiliki jahitan obras rapat dan rapi agar kaos yang anda dapatkan juga semakin kuat.
  5. Pilih kaos yang memiliki fitur jahitan rantai pada bagian pundak dan leher kaos agar sambungan jahitan kaos menjadi lebih kuat.
  6. Pastikan kaos yang anda pilih tidak memiliki sisa benang pada ujung jahitan agar jahitan kaosnya tidak mudah terurai.

Demikian pembahasan singkat mengenai bentuk-bentuk jahitan kaos, cara mudah menjahit kaos serta tips memilih kaos yang berkualitas dari segi jahitannya. Kalau anda ingin mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos, maka anda bisa membeli kain kaos dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.