Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih Pakaian Interview…

8 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja Agar Terlihat Profesional

Butuh rekomendasi busana yang cocok dikenakan untuk interview kerja?. Untuk menambah kesan formal dan profesional saat tes dan wawancara kerja, berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba untuk mendapatkan pakaian interview kerja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalama artikel ini diantaranya:

Pakaian Interview Kerja

Mengenakan pakaian interview kerja yang bersih dan rapi tidak dapat dipungkiri memang bisa memberikan kesan profesional dan menumbuhkan kesan yang baik dimata HRD atau pihak manajemen  yang merekrut anda. Karena alasan itulah saat mendapat panggilan interview ada baiknya persiapkan diri anda dengan baik.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://medium.com/

Tips Memilih Pakaian Interview

Khusus untuk anda yang ingin sukses dalam wawancara kerja, berikut kami bagikan sejumlah tips penting yang layak untuk dipertimbangkan dalam memilih pakaian interview kerja.

1. Hindari Pakaian Yang Terlalu Casual

Pertama hindari pakaian interview kerja yang terlalu casual misal kaos dan celana jeans, bahkan jika perusahaan yang anda lamar merupkan perusahaan yang bergerak di industri kreatif sekalipun.

2. Sesuikan Dengan Bidang Pekerjaan

Ketika menghadiri acara interview kerja sebisa mungkin sesuaikan pakaian yang anda kenakan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar.

  • Jika anda melamar pekerjaan di bank atau firma hukum yang lingkungan kerjanya serius, kenakan pakaian interview hitam putih lalu tambahkan outer berupa blazer.
  • Jika anda melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di industri kreatif, seperti media atau agensi periklanan anda bisa memakai pakaian yang sedikit lebih modis.

3. Hindari Celana Jeans

Hindari penggunaan celana jeans saat interview pekerjaan karena akan mengurangi kesan formal dan profesional pada penampilan anda. Kalau mau aman lebih baik pilih celana bahan yang berwarna netral atau bisa juga menggunakan celana chino.

Simak juga pembahasan mengenai 7 Fakta Menarik Tentang Celana Chino kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang seluk beluk celana chino.

4. Pilih Ukuran Yang Sesuai

Kenakan pakaian yang ukurannya pas dan sesuai dengan bentuk badan anda, dalam artian tidak terlalu ketat atau terlalu longgar sehingga anda bisa tetap merasa nyaman saat mengenakannya.

Suatu kemeja dapat dikatakan pas badan apabila:

  • Letak jahitan bahu kemeja sudah berada tepat di ujung bahu.
  • Bagian dada kemeja menghasilkan deretan kancing yang rapi dan placket yang rata.
  • Lengan kemeja memiliki posisi jatuh tepat diantara pergelangan tangan dan bagian dasar ibu jari.
  • Memiliki ukuran lengan yang lebih kecil di bagian cuff  dan saat dikancingkan masih bisa dilewati tangan.
  • Tidak menggelembung atau tertarik ke arah luar saat dimasukkan ke dalam celana.

Suatu celana dapat dikatakan pas badan apabila:

  • Lingkar kaki dan area lingkar perut dari celana tidak terlalu ketat.
  • Panjang celana sesuai dengan panjang kaki.
  • Saat dikenakan tampilan celana terlihat bagus bahkan jika dilihat dari bagian samping dan dari bagian belakang.

Simak juga pembahasan mengenai Mengecek Kesesuaian Ukuran Celana Tanpa Harus Mencobanya supaya anda lebih mudah untuk menemukan celana yang pas badan.

Sementara jika anda ingin memakai rok, sebaiknya hindari rok yang terlalu ketat, terlalu pendek atau justru terlalu seksi supaya penampilan anda tetap terkesan formal. Sebisa mungkin pakailah pakaian yang memang layak untuk dikenakan ke kantor.

5. Kebersihan dan Kerapian Pakaian

Pastikan busana yang anda pilih senantiasa tampak bersih, tidak kusut, enak dipandang dan dapat menampilkan sisi terbaik anda.

6. Perhatikan Motif dan Warna Pakaian

Hindari penggunaan baju yang motifnya terlalu ramai atau berkesan meriah. Kalau mau aman sebaiknya pilihlah motif pakaian yang cenderung lebih sederhana seperti motif garis-garis atau justru tidak bermotif sama sekali.

Untuk menunjukkan kesan yang lebih formal dan profesional pada penampilan, sebaiknya gunakan baju yang berwarna netral dan tenang, misal baju dengan warna putih atau hitam. 

  • Warna putih termasuk ke dalam warna paling aman untuk interviw kerja karena menyiratkan keteraturan dan juga profesionalitas.
  • Sementara warna hitam yang netral dapat membuat penampilan jadi lebih elegan dan berkelas.

Kalau anda ingin mengikuti wawancara kerja di ndustri kreatif, jangan takut untuk mencoba baju yang berwarna cerah dan menarik, misal warna ungu, kuning, biru dan hijau.

  • Warna ungu menggambarkan kesan artistik dan unik.
  • Warna kuning menggambarkan kesan percaya diri, positif dan kreatif.
  • Warna biru memberikan kesan dapat diandalkan dan bertanggung jawab.
  • Warna hijau yang menyegarkan menggambarkan kesan tenang dan seolah menyiratkan bahwa pemakainya mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.

Adapun warna-warna yang harus anda hindari saat memilih pakaian interview kerja antara lain berupa warna oranye dan warna coklat.

  • Warna oranye memang terkesan energik dan menyenangkan, tetapi bisa membuat penampilan anda jadi kurang profesional.
  • Sementara warna cokelat yang menyiratkan kehangatan justru akan membuat penampilan anda terkesan kuno, lemah dan hanya mau bekerja di zona nyaman.

Simak kembali pembahasan mengenai 8 Variasi Motif Stripe Pada Bahan Kain supaya anda jadi lebih mudah untuk memilih baju bermotif garis-garis.

7. Pilih Sepatu Yang Tepat

Hindari menggunakan sepatu yang biasa anda gunakan untuk jalan-jalan ataupun olahraga. Sebagai gantinya cobalah untuk memakai sepatu yang bergaya smart casual atau formal.

  • Sepatu pria yang cocok untuk wawancara kerja yakni berupa sepatu pantofel, sepatu oxford, sepatu derby dan sepatu monk strap.
  • Sementara sepatu wanita yang cocok untuk wawancara kerja yakni berupa sepatu pantofel, flat shoes dan high heels yang tingginya tidak lebih dari 7 cm.

8. Hindari Aksesoris Yang Berlebihan

Tips memilih pakaian interview kerja yang terakhir yaitu gunakan perhiasan dan aksesoris seperlunya saja.

  • Hindari penggunaan dasi yang bermotif aneh atau terlalu meriah saat wawancara kerja.
  • Jika anda ingin memakai jam tangan sebaiknya pilih jam tangan yang sederhana namun tetap memiliki desain nan elegan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa anda coba untuk memilih pakaian interview kerja yang simple tapi tetep terkesan elegan. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat dan lebih memudahkan anda dalam memilih pakaian yang tepat untuk menghadapi interview pekerjaan.

Ingin membuat kemeja, celana dan baju blus wanita sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa mendownload pola baju siap pakai dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.