Article

Homepage Article Desain Fesyen Inspirasi Busana Half and…

Inspirasi Busana Half and Half Yang Mewarnai Trend Fashion Wanita di Tahun 2020

Sering dibuat bingung saat memilih outfit yang ingin anda kenakan di pagi hari?. Khusus untuk sahabat Fitinline yang suka bereksperimen, sekarang anda nggak perlu khawatir karena ada half and half trend yang bisa dijadikan sebagai inspirasi gaya berpakaian. Buat anda yang penasaran langung simak pembahasan berikut yuk.

Pengertian Half and Half Trend

Half anda half fashion trend dapat dikategorikan ke dalam salah satu fashion trend yang memiliki karakteristik cukup unik dan bisa dipakai untuk gaya apapun. Ide dasarnya sendiri didapat dengan menggabungkan dua warna, motif, hingga bahan pada satu fashion item sehingga tampilan yang didapatkan jadi makin atraktif.

Baju Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Form runway to street, half and half trend yang semakin populer di tahun 2020 ini konon awalnya tercipta dari karya-karya brand High-End seperti Balenciaga dan Versace. Berawal dari situlah trend ini kemudian meluas kepada para street styler dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memilih outfit sehari-hari yang keren.

Baju Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa karakteristik paling mendasar yang membedakan half and half dengan trend fashion yang lainnya yaitu:

  1. Half and half fashion trend terlihat sangat keren dan berani.
  2. Sepintas trend busana ini tampak seperti 2 jenis busana berbeda yang disatukan menjadi sebuah busana yang unik.
  3. Pakaian half and half akan membuat anda terlihat fashionable tanpa harus berusaha terlalu banyak.
  4. Fashion item bertema half and half secara langsung akan memberikan statement yang kuat untuk gaya anda.

Baju Wanita

Sumber : https://sg.carousell.com/

Penerapan Half and Half Trend

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa trend half and half ini secara sederhana dapat diperoleh dari gabungan warna, motif, hingga bahan pada satu item fashion. Lantas bagaimanakah penerapan konsep half and half yang sesungguhnya?. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pembahasan berikut.

1. Warna

Untuk memberikan efek yang tegas namun tetap terkesan simple anda bisa memainkan dua unsur warna yang berlainan pada busana yang anda kenakan. Unsur warna ini dipercaya dapat mengungkapkan suasana perasaan, sifat dan watak yang berbeda serta memiliki variasi yang tidak terbatas.

  • Berdasarkan sifatnya unsur warna dapat dibedakan menjadi warna muda, warna tua, warna terang, warna gelap, warna redup dan warna cemerlang.
  • Berdasarkan wataknya warna dapat dibedakan menjadi warna panas, warna dingin, warna lembut, warna mencolok, warna ringan, warna berat, warna sedih dan warna gembira.
  • Sementara jika dilihat dari sumbernya ada warna yang bersumber dari warna merah, biru, kuning, hijau, orange dan lain sebagainya.

2. Motif

Kalau mau mendapatkan tampilan yang lebih ramai anda bisa mengkombinasikan dua unsur motif yang berbeda ke dalam busana yang anda pakai. Tidak hanya terbatas pada motif garis, motif polkadot, motif floral atau motif kotak-kotak saja tapi terdapat pula motif lain yang tidak kalah unik.

Beberapa motif kain yang bisa anda kombinasikan ke dalam busana half and half antara lain berupa:

  • Motif stripe atau motif garis-garis yang sifatnya universal sehingga membuatnya mudah digunakan oleh siapa saja.
  • Motif polkadot alias motif berbentuk bintik-bintik teratur yang diyakini dapat membawa keceriaan dan kebahagiaan.
  • Motif floral berhiaskan tumbuhan atau bunga-bunga yang juga banyak digemari oleh wanita selama ratusan tahun.
  • Motif argyle berbentk berlian atau ubelah ketupat yang diciptakan dari benang dengan cara dirajut dan ditenun menggunakan paling sedikitnya dua warna.
  • Motif ditzy alias motif bunga tiga dimensi pada bahan kain yang memiliki efek tampak hidup.
  • Motif geometris yang memiliki bentuk terukur, seperti misalnya segitiga, oval, lingkaran atau kotak.
  • Motif gingham berbentuk kotak-kotak atau garis-garis yang dibuat dari benang lungsin dan benang pakan halus yang berlainan warna.
  • Motif tartan dari kelompok motif geometri tapi lebih menekankan ke arah pola kotak-kotak yang terdiri dari garis vertikal dan horizontal yang saling menyilang dalam beberapa warna.

3. Bahan

Selain bermain warna dan juga motif anda bisa juga menggabungkan bahan yang kontras kedalam satu fashion item.

Busana Bertema Half and Half

Terkait dengan aplikasinya dalam dunia mode, half and half fashion trend sebenarnya dapat diadaptasi pada busana apapun. Tidak hanya terbatas pada blus ataupun rok saja namun trend ini pada prinsipnya juga bisa ditemukan pada berbagai jenis busana wanita lainnya dengan model kaos, blazer, dress, celana bahkan sepatu.

1. Blus

Blus merupakan salah satu model busana penutup tubuh bagian atas yang dibuat khusus untuk wanita. Bila dibandingkan dengan jenis pakaian wanita yang lainnya blus ini sebenarnya punya ciri khas tersendiri lho. Beberapa ciri-ciri khusus dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui di antaranya:

  • Blus tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Blus tidak selalu menggunakan manset.
  • Beberapa blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus wanita juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah blus menggantung.

Baju Wanita

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Rok

Rok merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya. Bila selama ini kebanyakan rok hanya dibuat dalam satu warna, motif, maupun bahan saja maka kini telah dikembangkan pula rok half and half yang berpotongan unik.

Baju Wanita

Sumber : https://www.depop.com/

Sama halnya dengan rok wanita yang lainnya, sebagai pelengkap gaya penampilan wanita rok half and half ini pada prinsipnya juga memiliki komponen penting yakni berupa:

  • Bagian pinggang yang terletak di sekitar garis pinggang. Garis pinggang rok ini dapat berupa garis pinggang yang diselesaikan dengan lapisan menurut bentuk.
  • Badan rok bagian muka, dimana pada bagian ini biasanya terdapat kupnat.
  • Badan rok bagian belakang.

Selain itu rok half and half ini secara umum juga dapat dijumpai dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda. Beberapa diantaranya berupa rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi dan rok floor.

  • Rok micro merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas pangkal paha.
  • Rok mini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  • Rok kini merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai batas lutut.
  • Rok midi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai pertengahan betis.
  • Rok maxi merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai mata kaki.
  • Rok floor merupakan model rok wanita yang panjangnya sampai menyentuh lantai.
  • Ingin membuat rok sendiri tapi masih bingung magaimana cara menggambar pola dan menjahitnya?. Kalau mau tahu cara membuatnya anda bisa mendownload video Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span dari kami.

3. Kaos

Kaos merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian atas yang didesain untuk menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut. Salah satu jenis kaos yang paling banyak dimodifikasi menjadi kaos half to half yakni berupa kaos oblong yang tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku.

Baju Wanita

Sumber : https://kfashionnow.com/

4. Blazer

Blazer merupakan salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai. Bahan blazer umumnya hadir dalam berbagai pilihan dan variasi bahan, beberapa ada yang kaku dan kuat namun ada juga yang berkesan lebih fleksible jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

  • Bahan blazer yang lebih kaku bisa anda pilih jika ingin mendapatkan blazer untuk tampilan kantor yang profesional.
  • Blazer dengan bahan fleksibel bisa anda pilih untuk gaya yang lebih kasual.

Baju Wanita

Sumber : https://www.depop.com/

5. Dress

Dress merupakan baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan (rok) yang menyatu. Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya dress wanita sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model, ukuran dan bahan. Salah satu yang cukup mencuri perhatian yakni berupa half and half dress.

Baju Wanita

Sumber : https://www.trademe.co.nz/

Khusus untuk sahabat Fitinline yang suka berpenampilan feminim dan kebetulan sedang mencai alternatif dress yang bagus dipakai untuk acara spesial mungkin anda bisa memilih satu di antara 25 Model Dress Sesuai Proporsi Tubuh Yang Dapat Anda Pilih Untuk Menyempurnakan Penampilan.

6. Celana

Celana merupakan pakaian luar berbentuk pipa yang dipakai mulai dari pinggang melewati panggul sampai kebawah sesuai panjang yang diinginkan. Ukuran panjang dari celana ini kadang ada yang hanya sampai lutut namun ada juga yang sampai mata kaki dan membungkus batang kaki secara terpisah.

Baju Wanita

Sumber : https://harajukubasics.com/

Untuk anda yang mau tetap tampil gaya dan trendy dengan celana tapi masih bingung harus memilih celana yang seperti apa maka ana bisa menggunakan celana bertema half and half yang memiliki tampilan sangat cantik.

7. Sepatu

Sepatu merupakan suatu jenis alas kaki (footwear) yang dapat dipakai untuk melindungi kaki terutama bagian telapak kaki. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita sepatu ini biasanya diciptakan dalam berbagai macam model, bahan dan warna yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

Baju Wanita

Sumber : https://www.kikuu.com/

Kalau mau mengikuti trend half and half tidak ada salahnya bila anda mencoba trik berikut.

  • Beli dua pasang sepatu yang memiliki model dan ukuran sama tapi warnanya berlainan, misal satu pasang warna putih dan satu pasang lagi warna hitam.
  • Kenakan sepatu yang berwarna hitam di bagian kanan kaki anda sementara sepatu yang berwarna putih di bagian kaki kiri atau sebaliknya.

DIY Half and Half Trend

Terinspirasi untuk memasukkan unsur half and half ke dalam gaya busana anda?. Sebagai bahan percobaan anda bisa menggunakan sepatu yang pasangannya berbeda warna ataupun menggunakan busana yang setengahnya berlainan warna. Kalau mau bereksperimen anda juga bisa membuat kreasi busana half and half di rumah.

Untuk membuat kreasi busana half and half mula-mul sipkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud yakni berupa:

  • Dua potong blus yang memiliki model dan ukuran sama tapi motif atau warnanya berbeda. Dalam hal ini anda bisa menggabungkan blus yang polos dan baju yang bermotif.
  • Gunting kain yang tajam untuk memotong pakaian.
  • Benang jahit untuk menyambungkan bahan kain.
  • Mesin jahit untuk membantu proses menjahit dan mesin obras untuk mengobras tepi kain.
  • Metlin untuk melakukan pengukuran serta kapur kain untuk menandai bahan kain.

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai membuat kreasi blus half and half sesuai kebutuhan anda.

  1. Pertama-tama ambil blus yang berwarna polos kemudian lipat menjadi dua bagian sama besar untuk mengambil garis tengah blus.
  2. Tandai batas lipatan blus dengan menggunakan kapur kain kemudian potong blus tersebut menjadi dua bagian, kiri dan kanan.
  3. Lakukan hal yang sama untuk blus yang satunya, yakni untuk blus yang bermotif.
  4. Ambil potongan badan sebelah kanan dari blus yang berwana polos dan potongan badan sebelah kiri dari blus yang bermotif.
  5. Gabungkan potongan blus tersebut dengan cara menghubungkan masing-msing potongan blus bagian depan dan belakang.
    • Posisikan agar bagian baik dari ke dua potongan bahan blus saling berhadapan, bagian depan dengan bagian depan dan bagian belakang dengan bagian belakang.
    • Untuk menahan posisi kain agar tidak bergeser sematkan beberapa buah jarum pentul di sepanjang tepi kain.
  6. Jahit bagian buruk blus dengan menggunakan mesin jahit sehingga keduanya tersambung, jika sudah rapikan tepi sisa kainnya agar tidak bertiras dengan menggunakan mesin obras.
  7. Balikkan blus agar bagian baik kainnya berada di luar kemudian press bagian sambungannya dengan setrika supaya tampak lebih rapi.
  8. Sampai di sini kreasi blus half and half yang anda buat sudah siap untuk anda gunakan.

Baju Wanita

Sumber : https://sg.carousell.com/

Butuh mesin jahit dan mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk membantu proses penyelesaian proyek jahit anda?. Sebagai referensi anda bisa melihat-lihat dulu koleksi mesin jahit dan mesin obras dari kami.

Selain memanfaatkan blus wanita, anda bisa juga membuat kreasi busana half and half dengan menggunakan berbagai jenis pakaian wanita yang lainnya seperti rok, kaos, celana, blazer dan juga dress. Khusus untuk kreasi rok yang unik anda bahkan bisa mencoba menggabungkan rok motif dengan rok plisket.

Langkah-langkah pembuatannya kurang lebih sama dengan yang dilakukan saat membuat rok wanita degan model half and half.

  1. Pertama-tama ambil rok yang bermotif kemudian lipat menjadi dua bagian sama besar untuk mengambil garis tengah rok.
  2. Tandai batas lipatan rok dengan menggunakan kapur kain kemudian potong rok tersebut menjadi dua bagian, kiri dan kanan.
  3. Lakukan hal yang sama untuk rok yang satunya, yakni untuk rok plisket yang berdetail lipit.
  4. Ambil potongan badan sebelah kanan dari rok yang bermotif dan potongan badan sebelah kiri dari rok plisket.
  5. Gabungkan potongan tersebut tersebut dengan cara menghubungkan masing-msing potongan rok bagian depan dan belakang.
  6. Jahit bagian buruk rok dengan menggunakan mesin jahit kemudian rapikan bagian tepinya dengan mesin obras.
  7. Balikkan rok agar bagian baik kainnya berada di luar kemudian selesaikan bagian ban pinggang rok. Jika sudah press bagian sambungan rok dengan setrika supaya tampak lebih rapi.
  8. Sampai di sini kreas rok half and half yang anda buat sudah siap untuk anda gunakan.

Baju Wanita

Sumber : https://en-ae.namshi.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai half and half fashion trend yang juga tengah menjadi perbincangan hangat di tahun 2020 ini. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik lainnya yang tidak kalah menarik terkait dengan dunia fashion jangan lupa untuk selalu menyimak artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.