Article

Homepage Article Desain Fesyen 25 Model Dress Sesuai Proporsi…

25 Model Dress Sesuai Proporsi Tubuh Yang Dapat Anda Pilih Untuk Menyempurnakan Penampilan

Mau tampil semaksimal mungkin saat menghadiri acara ulang tahun, acara pesta atau acara penting lainnya tapi masih bingung harus memakai busana yang seperti apa?. Khusus untuk sahabat Fitinline yang suka berpenampilan feminim mungkin anda bisa memilih satu di antara beberapa model dress yang cantik berikut ini.

Apron Dress

Apron dress dapat didefinisikan sebagai sebuah gaun wanita yang dirancang menyerupai celemek, yakni dibuat dari sepotong bahan yang dikerut dan dikenakan pada badan bagian depan dengan cara ditalikan kebelakang. 

Model Dress

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Sampai saat ini apron dress banyak dibuat dengan panjang hingga sebatas pertengahan paha atau tepat dibagian lutut. Bahan kain yang dipakai untuk membuatnya pun sangat beragam bisa berupa kain denim, kain corduroy, kain katun, kain linen dan jenis kain lainnya yang bermotif unik seperti motif bunga.

Model Dress

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk mempercantik tampilannya, beberapa apron dress ada yang dilengkapi dengan dua buah saku, kancing dekoratif dan renda (ruffles). Padupadan apron dress ini sangat mudah, anda bisa memakainya dengan t-shirt untuk kesempatan casual atau memadukannya dengan kemeja untuk kesempatan formal.

Model Dress

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Cocktail Dress

Cocktail dress merupakan sebuah gaun malam yang biasa dipakai untuk pelengkap acara semi formal seperti pesta pernikahan dan pesta ulang tahun. Dibandingkan dengan gaun malam jaman dulu yang cenderung sangat panjang bahkan hingga menyentuh lantai cocktail dress ini biasanya memiliki desain yang lebih simple.

Model Dress

Sumber : https://shop.nordstrom.com/

Sebagai pelengkap gaya busana wanita cocktail dress kebanyakan dibuat dari kain sutra, kain satin, kain lace. Desain dan variasinya pun bermacam-macam, ada yang dibuat tanpa lengan namun ada juga yang tidak.

Jika anda ingin memakai cocktail dress pada pesta keluarga, pesta tahun baru, pesta ulang tahun anda bisa memilih cocktail dress tanpa lengan yang diciptakan dengan panjang tidak lebih dari batas lutut. Model dress yang satu ini tidak jarang juga sering dipakau untuk menghadiri acara yang sifatnya lebih formal. 

Model Dress

Sumber : https://www.dillards.com/

Chemise Dress

Chemise merupakan sebuah gaun berbentuk lurus pada sisi kanan dan kiri yang mulanya dikenakan sebagai pakaian dalam wanita. Sekalipun chemise dress ini awalnya lebih dikenal sebagai pakaian bagi para wanita, namun semenjak abad ke-19 chemise mulai dimodifikasi sebagai pakaian luar.

Model Dress

Sumber : https://thelingerieshopny.com/

Dibandingkan dengan model dress yang lainnya, chemise dress ini termasuk salah satu busana paling sederhana. Meski demikian bahan kain yang dipakai untuk membuatnya pun juga lumayan bervariasi. Bahan kain yang dimaksud umumnya terbuat dari bahan kain katun, kain linen dan kain sutra.

Model Dress

Sumber : https://www.lostinvictorian.com/

Jumper Dress

Jumper dress dapat dikategorikan ke dalam jenis gaun wanita yang didesain tanpa kerah dan lengan, sementara bagian bawahnya memiliki potongan yang longgar dan lebar. Sepintas model dress yang satu ini memiliki banyak kemiripan dengan appron dress tapi bagian belakangnya sedikit lebih tertutup.

Model Dress

Sumber : https://plusylicious.com/

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk pelengkap fashion yang berkualitas, sampai saat ini bentuk dan variasi jumper dress pun mulai dikembangkan menjadi beragam bentuk dan varian, ada yang berpotongan lurus sampai bawah rok namun ada juga yang bentuknya mengelembung hingga bagian pinggul kebawah. 

Model Dress

Sumber : https://www.amazon.com/

Selain itu terdapat pula model jumper dress lain yang dapat digunakan untuk busana sehari-hari. Beberapa model dress yang dimaksud diantaranya berupa jumper dress imperial line, jumper dress off shoulder, fitted sabrina neck style hingga jumper dress yang terkesan oversized dan slouchy.

Maxi Dress

Maxi dress termasuk ke dalam salah satu model gaun terusan bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan. Gaun wanita yang satu ini awalnya hanya dibuat untuk keperluan khusus seperti pesta tapi sekarang bisa juga dipakai untuk melengkapi gaya berbusana casual saat liburan. 

Model Dress

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sebagai item fashion wajib bagi para wanita, maxi dress umumnya didesain dalam berbagai variasi corak dan warna. Bahan kain yang dipakai untuk membuat maxi dress pun sangat beraram dan dapat dipilih sesuai kebutuhan anda. Kain yang dimaksud diantaranya berupa kain katun, kain jersey dan kain satin yang memiliki karakter ringan, halus dan menyejukkan.

Model Dress

Sumber : http://www.justtrendygirls.com/

Wrap Dress

Wrap dress termasuk ke dalam jenis gaun wanita berpotongan klasik yang yang dilengkapi dengan tali pada bagian pinggang dan diikatkan kearah belakang badan. Karena cara pemakaian wrap dress ini lebih mirip seperti jubah mandi terkadang ada juga orang yang menyebutkan wrap dress dengan nama busana terusan ikat. 

Model Dress

Sumber : https://velvet-tees.com/

Tertarik untuk mencoba dress yang satu ini?. Sebagai referensi gaya berbusana anda bisa memakai wrap dress berbahan jersey atau sutra yang dipadukan dengan outer seperti jaket maupun cardigan. Untuk membentuk siluet tubuh yang panjang dan langsing pilih wrap dress sepanjang lutut yang dilengkapi lengan pakaian tiga per empat. 

Model Dress

Sumber : https://www.anthropologie.com/

Strapless Dress

Strapless dress merupakan dress tanpa tali di bagian bahu yang dibuat pas sesuai ukuran tubuh dan diberi penyangga pada bagian dada agar bentuknya stabil dan tidak turun ketika dipakai. Selain terkesan anggun dan berani, strapless dress juga memperlihatkan aura seksi bagi pemakainya.

Model Dress

Sumber : https://www.lulus.com/

Karena desainnya cenderung terbuka, strapless dress ini biasanya sangat jarang dipakai untuk pakaian sehari-hari dan hanya digunakan pada kesempatan khusus seperti pesta. Jika sahabat Fitinline ingin memakai strapless dress disiang hari sebaiknya pilih yang berpotongan simple dan berbahan kain katun. Untuk acara malam pilih gaun yang berbahan sutra atau beludru. 

Model Dress

Sumber : https://www.tobi.com/

Smock Dress

Smock dress termasuk ke dalam jenis busana yang memiliki banyak kesamaan dengan shirt atau kemeja longgar. Seperti halnya model baju wanita yang lainnya, smock dress ini pada prinsipnya banyak diciptakan dalam berbagai variasi dan desain. Beberapa ada dilengkapi dengan kerah datar yang lebar namun ada juga yang dibuat tanpa kerah sama sekali.

Model Dress

Sumber : https://www.apricotonline.co.uk/

Untuk menjamin kenyamanan dress saat digunakan, jenis pakaian yang satu ini kebanyakan dibuat dari bahan kain yang kain mudah menyerap keringat dan mudah kering jika basah seperti kain katun, kain oxford, kain chambray, kain flanel, kain acrylic atau bisa juga memakai kain drill. 

Model Dress

Sumber : https://www.bargaincrazy.com/

One Shoulder Dress

One shoulder dress termasuk ke dalam jenis gaun wanita yang hanya mempunyai satu lengan. Dimana lengan pada model dress ini bisanya diletakkan di bagian kanan maupun bagian kiri saja. Selain terkesan modis dan elegan, one shouldes dress ini juga tampak begitu menawan saat dikenakan dalam acara pesta.

Model Dress

Sumber : https://www.thelabellife.com/

Bila anda ingin mengenakan gaun wanita dengan potongan one shoulder dress sangat di sarankan untuk tidak menambahkan outer apapun di bagian luarnya. Untuk anda yang berlengan hindari dress yang didesain ketat pada bagian lengannya. Untuk anda yang berlengan kecil pilih lengan dress yang sedikit menggembung agar terlihat lebih berisi.

Model Dress

Sumber : https://www.warehouse-london.com/

Pinafore Dress

Pinafore dress termasuk ke dalam jenis dress wanita yang diperoleh dari modifikasi overall dress. Seperti layaknya sebuah overalls, pinafore dress yang didesain untuk wanita dewasa umumnya juga bisa dipadu padankan dengan berbagai macam item fashion lain seperti blouse, t-shirt, turtle neck dan berbagai jenis pakaian lainnya.

Model Dress

Sumber : https://oakfabrics.com/

Bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat pinafore dress ini kebanyakan dipilih dari bahan kain yang tebal seperti kain denim dan kain corduroy. Selain itu ada juga yang dibuat dari kain katun, kain linen dan jenis kain lainnya yang bertekstur mirip.

Model Dress

Sumber : https://drapersdaughter.com/

Open Back Dress

Open back dress termasuk ke dalam jenis gaun wanita yang memiliki desain cukup menarik dan unik karena bagian belakangnya memperlihatkan seluruh bagian punggung tanpa menggunakan tali maupun kain tipis. Model dress yang satu ini kebanyakan lebih sering dipakai oleh para wanita yang ingin tampil seksi dan terbuka.

Model Dress

Sumber : https://www.shopstyle.co.uk/

Tertarik untuk memakai model dress wanita yang satu ini?. Pastikan anda selalu rajin melakukan scrubbing dan waxing. Untuk memberikan tampilan yang maksimal sebaiknya kenakan pula busana dalam yang bersesuaian, misal memakai bra yang tidak bertali.

Model Dress

Sumber : https://www.missguided.co.uk/

Slip Dress

Slip dress sejak dulu dikenal sebagai salah model pakaian yang dapat menonjolkan sisi feminim seorang wanita. Meski dulunya hanya dipakai sebagai pakaian dalam dari sebuah gaun yang berbahan ringan, sekarang slip dress juga banyak dibuat sebagai pakaian luar yang  yang dapat dikenakan tanpa tambahan baju lainnya.

Model Dress

Sumber : https://www.grana.com/

Bergantung dari bagaimana cara anda mengenakan dan memilih slip dress, gaun wanita yang satu ini sebenarnya dapat memberikan kesan yang spesial dan menarik. Untuk anda yang ingin memakai slip dress anda bisa memilih bahan yang cenderung bersifat silky, lembut, dan jatuh seperti sutera, silk, sifon, mseki bisa juga memakai kain lain seperti katun.

Model Dress

Sumber : https://www.footasylum.com/

Bodycon Dress

Bodycon dress merupakan salah satu mode dress yang memiliki potongan pas di badan karena bentuknya dapat mengikuti lekuk tubuh pemakainya. Berdasarkan desain dan tampilannya gaun bodycon sendiri tersedia dalam dua variasi yang berbeda, yaitu berupa mini bodycon dan long bodycon. 

Model Dress

Sumber : https://www.littleblackdress.co.uk/

Sekalipun memiliki ukuran panjang yang berbeda, mini bodycon dan long bodycon ini pada prinsipnya tetap memiliki potongan yang sama yakni bodyfit. Karena pas badan, bahan yang dipakai untuk membuat bodycon dress ini biasanya didominasi oleh kain-kain stretch yang dapat mengikuti lekukan badan. 

Model Dress

Sumber : https://www.newlook.com/

Meski demikian tidak menutup kemungkinan juga ada desainer yang memanfaatkan bahan-bahan lain seperti kain woll, kain katun, kain jersey, kain rayon, kain satin, organza, dan lace untuk membuat bodycon dress tersebut.

Sheath Dress

Sheath dress atau sack dress merupakan gaun terusan wanita yang memiliki siluet pas dibadan dan cenderung bersifat semi-formal. Tidak jauh berbeda dengan bodycon dress yang pas badan, sheath dress ini umumnya juga mempunyai potongan yang sesuai dengan bentuk dan lekukan tubuh mulai dari bagian pinggang, dada, dan pinggul.

Model Dress

Sumber : https://www.nordstromrack.com/

Karena potongan sheath dress ini cenderung ketat dan dapat memperlihatkan siluet tubuh maka anda yang hendak memakainya harus memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi. Untuk menonjolkan kesan modis dan trendy, anda bisa memadukan sheath dress ini dengan cardigan atau blazer jika diperlukan. 

Model Dress

Sumber : http://outfitposts.com/

Little Black Dress

Little black dress merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan sebuah gaun hitam berpotongan sederhana yang juga mejadi pakaian wajib setiap perempuan. Sekalipun model dress yang satu ini terkesan kuno tapi sampai saat ini little black dress tetap di sukai oleh banyak wanita lho.

Model Dress

Sumber : https://www.lilysilk.com/

Simak juga pembahasan mengenai 5 Tips Tampil Cantik dan Elegan Dengan Little Black Dress.

Flounce Dress

Flounce dress merupakan model dress wanita yang memiliki lipatan atau ruffle besar pada bagian bawahnya. Untuk sahabat Fitinline yang memiliki bentuk tubuh lurus atau cenderung kurus anda wajib banget memakai jenis dress yang satu ini.

Model Dress

Sumber : https://www.forever21.com/

Bubble Dress

Bubble dress termasuk ke dalam kategori gaun wanita yang biasanya dilengkapi dengan lipatan yang dilekukkan kedalam dress. Oleh para wanita di Indoensia bubble dress ini biasanya lebih dikenal dengan nama rok balon atau dress balon.

Model Dress

Sumber : https://www.neimanmarcus.com/

Asymmetrical Dress

Asymmetrical dress merupakan busana wanita yang memiliki lipatan tidak beraturan. Biasanya dress jenis ini memiliki potongan yang lebih tinggi pada bagian depan dibandingkan bagian belakangnya.

Model Dress

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Handkerchief Dress

Handkerchief dress merupakan jenis busana wanita yang umumnya dibuat dari beberapa potong kain sehingga tampilannya terkesan penuh. Model dress semacam ini sangat cocok dipakai oleh anda yang ingin tampil lebih stylish dan trendy dalam setiap kesempatan.

Model Dress

Sumber : https://www.zulily.com/

Empire Dress

Empire dress merupakan model dress wanita yang memiliki perpotongan pinggang paling tinggi yakni pada bagian dada. Empire dress ini kadang-kadang juga digambarkan sebagai gaun berpinggang tinggi dan dapat dijadikan pilihan paling sempurna untuk semua bentuk tubuh. 

Model Dress

Sumber : https://www.ever-pretty.com/

Khusus untuk sahabat Fitinline yang memiliki masalah pada pinggul dan paha, anda dapat menggunakan empire dress ini untuk menutupi dan menyamarkan bentuk tubuh yang kurang menarik. Dress ini juga dapat membantu untuk memperpanjang tubuh sehingga sangat cocok dikenakan oleh wanita yang bertubuh pear dan bentuk apel. 

Model Dress

Sumber : https://www.dhgate.com/

Drop Waist Dress

Drop waist dress merupakan jenis gaun wanita yang memiliki perpotongan pinggang di bagian bawah pinggul sehingga potongan pinggang Sepintas model dress yang satu ni agak mirip dengan busana peplum, yakni sama-sama memiliki sambungan pada bagian bawahnya tapi  posisi sambungan bahannya lebih rendah. 

Model Dress

Sumber : https://www.thelabellife.com/

Dengan potongannya yang simple model dress seperti ini sangat cocok jika digunakan untuk memberikan kesan bagian tubuh atas lebih panjang dan ramping. Buat anda yang tertarik untuk mencoba drop waist dress sebaiknya pilih bahan yang adem dan menyerap keringat seperti kain katun, kain oxford, kain chambray, atau jenis kain lain yang bermotif unik. 

Model Dress

Sumber : https://www.macys.com/

V and U Shaped Dress

V and U shaped dress merupakan model dress yang memiliki potongan pinggang berbentuk huruf U atau V baik di bagian depan dan belakang dress maupun keduanya.

Model Dress

Sumber : https://www.kennedyblue.com/

Princess Seam Dress

Princess seam dress termasuk ke dalam jenis gaun wanita yang didesain tanpa potongan jahitan pinggang. Sebaliknya korset dan rok pada dress ini dipotong dan dijahit bersama menggunakan jahitan vertikal, yang dikenal dengan jahitan putri.

Model Dress

Sumber : https://www.dhgate.com/

Shift Dress

Shift dress dapat di kategorikan ke dalam jenis busana penutup tubuh wanita yang memiliki potongan lurus dari atas ke bawah tanpa ada garis pinggang. Shift dress biasanya dapat ditemukan dalam berbagai variasi ukuran panjang, namun model yang mudah dijumpai yaitu berupa jenis knee-length dress atau mini dress.

Model Dress

Sumber : https://www.zalora.com.hk/

A-Line Dress

A-Line dress merupakan model dress yang memiliki potongan sangat khas seperti huruf A. Berbeda dengan model dress lainnya bagian atas dari A-Line dress biasanya cenderung dibuat menyempit tapi bagian bawahnya semakin melebar. 

Model Dress

Sumber : https://www.zulily.com/

Party Dress

Party dress dapat dikategorikan ke dalam jenis gaun wanita yang menggunakan rok sepenuhnya. Ciri khas paling menonjol yang membedakan party dress dengan model dress yang lain yaitu bentuknya cenderung menyempit seperti menggunakan korset pada bagian perut dan menunjukkan lekuk pinggang. 

Model Dress

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Bahan yang dapat anda pilih untuk membuat party dress bisa berupa kain maxmara, kain velvet, kain satin bridal jepang, kain satin bridal korea, serta berbagai jenis kain lainnya yang memberi kesan mewah dan elegan. 

Model Dress

Sumber : http://www.apeacemaker.net/

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa dress yang dapat anda pilih untuk menyempurnakan penampilan. Di antara sejumlah dress yang telah disebutkan di atas kira-kira sahabat Fitinline lebih suka yang mana?. Share ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.