Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengenal Karakteristik Kain…

Mengenal Karakteristik Kain Dobby dan Pemanfaatannya Pada Berbagai Produk Sandang

Punya koleksi pakaian yang dibuat dari kain dobby?. Jika sahabat fitinline pernah menjumpai bahan kain yang memiliki motif menarik (kotak, garis dan abstrak) dengan serat-seratnya yang menonjol bisa jadi bahan tersebut termasuk ke dalam jenis kain dobby. Selain cantik kain ini juga menawarkan banyak keistimewaan lainnya lho. 

Pengenalan Kain Dobby

Kain dobby merupakan bahan kain bermotif yang dihasilkan dari proses tenun dobby. Bahan kain ini umumnya memiliki permukaan yang tidak rata karena terdapat motif-motif yang timbul di atasnya. Motif-motif pada permukaan kain ini kerap diduga sebagai motif hasil penyulaman atau bordir tetapi sebenarnya tidak demikian dibuatnya.

Kain Dobby

Sumber : https://fitinline.com/

Dilihat dari sejarahnya teknik tenun dobby sendiri konon pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1840 dengan menggunakan alat tenun tangan. Untuk membuat motif tenunan dobby yang timbul setidaknya dibutuhkan satu orang yang duduk diatas alat tenun yang bertugas untuk mengatur benang lusi agar tercipta motif yang diinginkan.

Kain Dobby

Sumber : http://www.kaingrosir.com/

Sekalipun sama-sama memiliki efek timbul, motif yang terdapat pada kain dobby umumnya dikenal lebih sederhana dibanding dengan tenun jacquard. Ciri paling khas yang membedakan kain dobby dengan jackquard yaitu motif pada kain dobby berukuran kecil-kecil, sementara pada kain jacquard cenderung berukuran besar.

Kain Dobby

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Mesin yang dipergunakan untuk menghasilkan kain dobby pun berbeda dengan mesin tenun weaving untuk kain jckquard apalagi mesin tenun untuk kain plain atau polos (tanpa motif). Harganya juga lebih mahal dan oleh karenanya harga jual kain dobby kebanyakan lebih tinggi dibandingkan kain polosan biasa (seperti seragam).

  1. Untuk membuat kain dobby diperlukan mesin tenun khusus yang menarik atau mengangkat benang lusi.
  2. Mesin otomatis secara selektif mengangkat beberapa benang lusi dan menurunkan yang lain dengan bantuan kartu dobby.
  3. Benang lusi yang timbul ini kemudian akan menghasilkan pola geometris yang menonjol dan berulang pada seluruh permukaan kain.
  4. Dari tenunan benang pakan dan benang lusi akhirnya akan didapat motif yang bentuknya bisa beragam, tetapi mayoritas berbentuk simetris dan berukuran kecil.
  5. Beberapa motif kain dobby yang paling terkenal antara lain berupa motif herringbone, dobby baron, dobby crystal, dobby salur dan dobby kotak-kotak.
  6. Tekstur cantik dan unik kain dobby mampu memberi nuansa berbeda dibanding jenis kain lainnya.
  7. Kain dobby ini juga bisa diberi warna macam-macam tergantung kebutuhan bisa juga dilakukan printing (motif cetak) di atasnya.
  8. Untuk membuat kain dobby material pembuatannya juga beragam, bisa berasal dari bahan katun, polyester, rayon, nylon dan berbagai macam jenis benang lainnya.

Selain dibuat dari bahan baku serat kapas terdapat pula kain dobby dihasilkan dari kombinasi serat lainnya. Salah satu contohnya yakni campuran antara katun dengan viscose sehingga akan menghasilkan kain dobby yang sangat cantik, pada bagian motif akan mengkilap seperti sutra karena efek benang viscose.

Kain Dobby

Sumber : https://www.zsfabrics.com/

Dari berbagai macam motif yang ada kain dobby dikenal memiliki motif yang menarik dan hasil yang indah. Bahkan untuk jenis kain dobby yang paling halus sekalipun, apabila diraba dengan telapak tangan akan tetap terasa motif dan seratnya yang menonjol. Hal inilah yang menjadikan kain dobby terkesan sangat unik.  

Kain Dobby

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Jenis-Jenis Kain Dobby

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa sebagai bahan dasar pembuatan produk sandang kain dobby sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam varian yang berbeda. Berdasarkan dari material pembuatannya berikut beberapa macam jenis kain dobby yang perlu anda ketahui.

1. Dobby Rayon

Dobby Rayon merupakan kain dobby dengan material 100% rayon dan tidak terdapat campuran lainnya selain rayon. Kain ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan kemeja, mukena, gamis dan sarung. Motif yang muncul dengan serat-serat yang menonjol memberikan kesan tersendiri pada produk yang dihasilkan.

2. Dobby Cotton

Dobby cotton merupakan kain dobby yang mempunyai material 100% cotton tanpa campuran bahan lain. Kain dobby jenis ini termasuk ke dalam jenis kain yang menghasilkan jenis finshing halus dengan motif-motif yang cantik.

  • Selain halus kain dobby cotton juga akan terasa adem ketika digunakan, karena mempunyai material katun murni tanpa campuran apapun.
  • Sama halnya dengan dobby rayon, kain dobby catun juga sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai macam produk fashion.
  • Kain dobby cotton ini banyak dipakai untuk bahan dasar batik premium dan bisa juga langsung dipakai untuk bahan busana.

3. Dobby Cotton Viscose

Dobby cotton viscose merupakan jenis dobby yang terbuat dari campuran bahan 50% katun dan 50% viscose. Dengan harga yang bisa dibilang ekonomis kain dobby yang indah dan terlihat sempurna ini sanga cocok dipakai untuk membuat produk sandang.

  • Katun sendiri dikenal sebagai bahan dari serat alam yang pastinya memiliki banyak keunggulan.
  • Sedangkan untuk viscose merupakan serat buatan atau semi sintetis yang diproduksi dan dihasilkan dari hasil regenerasi selulosa.

Dibandingkan dobby lainnya kain dobby cotton viscose dikenal memiliki bahan yang lembut, adem, motif yang indah dan bahan yang jatuh ketika digunakan.

4. Dobby Polyester Cotton

Berikutnya ada kain dobby polyester cotton yang dibuat dari campuran polyester dan cotton dengan perbandingan tertentu misal 65% polyester dan 35% katun. Polyester sendiri termasuk jenis bahan kain yang dibuat melalui proses kimia sehingga disebut jenis kain sintetis.

  • Kelebihan dari dobby polyester katun yakni mudah dalam perawatannya.
  • Kain dobby polyester cotton juga menjadi salah atu jenis kain yang tidak mudah kusut apabila kandungan polyester lebih banyak dibanding cotton.

Pemanfaatan Kain Dobby

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion kain dobby pada prinsipnya dapat dipakai untuk membuat jenis pakaian apa saja. Tapi ingat bagi yang hendak membentuk busana dari kain ini sebaiknya dicuci dahulu mengingat kain dobby akan menyusut 2 hingga 10 %, dengan dicuci akan jelas ukuran kain sebenarnya.

Beberapa produk fashion pria dan wanita yang banyak memanfaatkan kain dobby antara lain berupa kemeja pria, blus wanita, dress wanita, rok wanita, mukena, sarung bahkan kain batik.

1. Kemeja Pria

Kemeja merupakan sejenis pakaian penutup tubuh bagian atas pria yang dilengkapi dengan kerah, saku dan kancing pada bagian depannya. Sebagai pelengkap gaya penampilan pria jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja pria inipun juga sangat bervariasi termasuk salah satunyay kain dobby.

Kain Dobby

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain dipakai untuk penutup tubuh bagian atas, kemeja juga seringkali dijadikan sebagai simbol status sosial seseorang. Karena itulah untuk saat ini mulai dikembangkan pula berbagai bentuk kemeja pria mulai dari yang bersifat formal, semi formal maupun casual sesuai kebutuhan fashion pria modern.

Beberapa bagian-bagian penting dari kemeja pria yang juga menjadi karakteristiknya yaitu:

  • Baik kemeja casual maupun resmi, semuanya memiliki kerah atau disebut juga dengan collar.
  • Kemeja biasa dibuat dalam bentuk lengan pendek maupun panjang.
  • Untuk kemeja lengan pendek biasanya lebih sering dipakai pada berbagai acara casual.
  • Untuk kemeja lengan panjang biasanya lebih banyak dipaka isebagai pakaian kerja atau kantor.
  • Cuff bagian yang akan terlihat ketika mengenakan jas atau jaket. Bagian dari kemeja ini memiliki panjang 1 hingga 1,5 inchi.
  • Kemeja juga memiliki placket yang terletak pada bagian kiri depan dengan lubang kancing yang berbaris vertikal. Kerapian jahitan bisa menentukan kualiats kemeja.
  • Terapat pula bagian penting bernama pleat yang terlihat di belakang atau bagian punggung. Pleat ini bisa dipakai untuk menyesuaikan bentuk dan postur tubuh pemakaianya.

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar pola dan teknik menjahitnya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload video Cara Membuat Pola Kemeja dan Teknik Menjahit Kemeja dari kami.

Kalau anda ingin membuat kemeja dengan pola yang sudah jadi anda bisa juga mendownload pola kemeja siap pakai yang sudah Fitinline sediakan. 

2. Blus Wanita

Blus merupakan salah satu model busana penutup tubuh bagian atas yang dibuat khusus untuk wanita. Dengan tampilannya yang simple namun tetap terkesan berkelas blus ini sangat cocok dipakai pada kesempatan formal, semi formal maupun casual.

Bila dibandingkan dengan jenis pakaian wanita yang lainnya blus ini sebenarnya punya ciri khas tersendiri lho. Beberapa ciri-ciri khusus dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui di antaranya:

  • Blus wanita selalu dibuat dengan model menggantung.
  • Blus wanita tidak selalu menggunakan manset dan kancing penuh di bagian depannya.
  • Beberapa blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus wanita bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus wanita juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.

Kain Dobby

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Ingin mencoba membuat blus wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara mengukur badan dan menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih mudah dan praktis anda bisa mendownload pola blus wanita siap pakai dari kami.

3. Dress Wanita

Dress merupakan baju terusan yang terdiri dari atasan dan bawahan (rok) yang menyatu. Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya dress wanita sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model, ukuran dan bahan. Salah satu diantaranya yakni dengan menggunakan kain dobby.

Kain Dobby

Sumber : https://www.endource.com/

4. Rok Wanita

Rok merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya.

  • Berdasarkan ukuran panjangnya rok wanita secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam varian, beberapa diantaranya yakni berupa rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi, dan rok floor.
  • Sedangkan kalau berdasarkan siluetnya rok wanita juga dapat dibedakan menjadi berbagai macam kategori, yakni berupa rok dari pola dasar, rok span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang atau rok klok, rok lipit dan rok bertingkat.

Kain Dobby

Sumber : https://poshmark.com/

Ingin membuat rok sendiri tapi masih bingung magaimana cara menggambar pola dan menjahitnya?. Kalau mau tahu cara membuatnya anda bisa mendownload video Cara Membuat Pola Rok dan Teknik Menjahit Rok Span dari kami.

5. Mukena

Mukena merupakan busana pelengkap shalat khas Indonesia yang dibuat dalam ukuran lebar dan besar dengan tujuan untuk menutup aurat wanita. Mukena juga dianggap sebagai sesuatu hal yang unik dalam budaya Islam Melayu, bedanya kalau di Malaysia lebih terkenal dengan nama telekung.

Kain Dobby

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya secara umum terdapat tiga macam model mukena yang biasa dipakai oleh para perempuan muslim di Indonesia untuk beribadah. Model mukena yang dimaksud yaitu berupa:

  • Mukena one piece yang memiliki bentuk sangat sederhana karena bisa dikenakan langsung untuk menutup seluruh bagian badan tanpa perlu tambahan apapun.
  • Mukena abaya yang hampir mirip dengan mukena one piece karena bagian atas dan bagian bawahnya dibuat menyatu tapi desainnya dibuat tanpa penutup kepala.
  • Mukena two piece merupakan jenis mukena yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.

6. Gamis

Gamis merupakan pakaian muslim wanita yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki. Beberapa model gamis ada juga yang dilengkapi dengan detail tertentu untuk mempercantik tampilannya.

7. Sarung

Sarung merupakan sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa. Dalam pengertian busana internasional, sarung sarong) berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh (pinggang ke bawah).

8. Kain Batik

Kain batik dapat dikategorikan ke dalam salah satu produk kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Selain memanfaatkan kain mori, kain dobby biasanya juga banyak dipakai ebagai bahan dasar pembuatan batik karena memiliki tekstur yang unik dan berbeda.

  • Perajin batik biasa menggunakan kain dobby ini untuk segmen menengah ke atas.
  • Kain batik yang dibuat dari bahan kain dobby sepintas tampak seperti kain batik dari serat nanas hanya dobby lebih banyak diminati karena kainnya halus.
  • Bahan kain batik dobby juga identik dengan warna gradasi pada batik.
  • Kain batik dengan bahan dobby katun terlihat lebih eksklusif, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan kemeja, bawahan kebaya modern, selendang, ataupun sebagai kado batik.

Kain Dobby

Sumber : http://id.pinterest.com/

Butuh bahan kain dobby berkualitas dengan harga murah sebagai bahan dasar pembuatan batik?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Dobby kami Di Sini.  Jenis kain katun dobby ini banyak dipakai untuk bahan dasar batik premium dan bisa juga langsung dipakai untuk bahan busana.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan karakteristik kain dobby, jenis-jenis kain dobby dan pemanfaatannya pada berbagai produk sandang. Kalau sahabat fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait spesifikasi dari berbaga jenis bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.