Article

Homepage Article Fashion Design Trend Forecast 2014: Antique…

Trend Forecast 2014: Antique Classic

Sebelumnya kita sudah pernah bahas mengenai Trend Forecast 2014, kali ini kita bahas salah satu trend yaitu Antique Classic. Mudah-mudahan menambah pengetahuan sahabat Fitinline terutama yang bergerak di industri kreatif.

Caroline Cliffon dan Mogg dalam bukunya A Passion For Collecting menyebutkan bahwa gaya antique classic terinspirasi dari masa kalsik maupun neo klasik, terutama masa Yunani, Romawi dan Renaisans. Spirit kebangkitan masa klasik dibawa sampai masa abad 18 – 19 dengan munculnya gerakan art nouveau. Nilai-nilai craftsmanship dipadukan dengan detail ornamentik bernuansa pada keanggunan dan kemegahan karya.

1. Gold and Glory Baroque

Gold and Glory Baroque

Sumber: http://www.swide.com

Pada komposisi desain antique classic bergaya baroque ini sangat mengagungkan detail yang berlebih-lebihan. Sudut dan lekuk yang menarik disuguhkan dengan jelas dan mudah ditafsirkan. Penekanan desain ditempatkan pada bahan, efek cahaya, bayangan, pewarnaan ‘painterly’ dan permainan antara ruang dan isi. Beberapa desain dengan unsur gold disuguhkan secara berkilau dan indah.

2. Black and White in Balance

Black and White in Balance

Sumber: http://tginteriors.blogspot.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Pada komposisi warna hitam dan putih ini, antique classic juga bisa tampil glamor dan elegan. Hitam tak lagi kelam, sedangkan putih tak lagi dibiarkan berkesan ringan dan kosong. Beberapa sisi diisi dengan motif dan lengkung yang bersifat mengalir. Kekuatan detail berlebih tetap menjadi suatu hal yang diagungkan. Lengkung-lengkung indah dan bahan kokoh yang digunakan dalam furniture melahirkan citra baru. Warna-warna gelap menimbulkan gaya gothic, sedangkan warna terang membuatnya menjadi balance. Komposisi hitam dan putih pada tema antique classic ini cukup popular dan disukai banyak kalangan. Sesuatu yang unik dan tak lekang oleh waktu, karena selalu bisa digunakan dari masa ke masa.

3. Emotional Art Nouveau

Art Nouveau

Sumber: http://oneporktaco.wordpress.com

Komposisi desain ini didominasi oleh gaya art nouveau. Karakteristik yang menonjol pada gaya art nouveau ini adalah sangat berdekorasi tinggi, menampilkan unsur bergelombang, yang sering kali digambarkan dengan lekuk bentuk kurva bunga yang meliuk-liuk atau motif tumbuhan lainnya. Pada awalnya, aliran gaya ini muncul sebagai sebuah reaksi terhadap industrialisasi dan gaya mesin yang dianggap menghilangkan sifat manusiawi dalam seni. Oleh karena itu, ukiran dan uliran flora yang dibuat juga cenderung ditampilkan secara maksimal untuk menekankan ketrampilan yang sifatnya sangat emosional. Secara keseluruhan, motif dan bentuk ini memperlihatkan desain yang memiliki perpaduan gambar, tipografi dan ornament dekoratif yang berirama. Detail menarik juga ditampilkan secara berlebihan dimanapun penempatannya. Ada permainan antara isi dan kosong yang dipadukan menjadi suatu kesatuan desain yang indah.

4. High Class Maroon

High Class Maroon

Sumber: http://weheartit.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Merah maroon, emas dan ornament yang berkesan mengalir menjiwai tema antique classic ini. Selera ini disukai oleh kalangan tertentu. Kesan mewah yang berani pada gaya klasik ini diekspose untuk menggambarkan tingginya derajat dan nilai budaya bagi pemiliknya.

5. Casual Purple


Casual Purple

Sumber: http://www.angelmarry.com

Sumber Materi: Modul Aplikasi Tren Desain Produk Home Furnishing dan Kerajinan 2014, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.