Article

Homepage Article Batik Inovasi Produk Canting Cap…

Inovasi Produk Canting Cap Kertas

Ketika mendengar istilah canting cap hal apa yang pertama kali terlintas dalam benak anda?. Mungkin sebagian dari anda akan langsung terbayang akan alat batik berbahan plat tembaga yang dipatri dengan timah ke kerangka kemudian diberi gagang besi. 

Canting Cap Kertas

Sumber : http://www.imgrum.org/

Namun pernahkan anda membayakan jika limbah kertas yang selama ini dianggap tidak berguna ternyata dapat dikreasikan menjadi canting juga lho. Penggunaan canting cap kertas pada proses pembuatan batik, bertujuan untuk mempercepat proses pembatikan dan mengejar waktu pengerjaan batik.

Canting Cap Kertas

Sumber : https://www.youtube.com/

Kreasi dan inovasi alat batik cap menggunakan limbah kertas ini konon pertama kali diperkenalkan oleh Nurrohmad warga Sewon, Bantul, Yogyakarta. Beliau pada awalnya hanya mencoba membuat alat batik cap dari limbah kertas yang terdapat di sekitar rumahnya.

Canting Cap Kertas

Sumber : http://www.imgrum.org/

Dari temuannya tersebut ternyata alat batik cap kertas yang dibuat dari limbah kertas tersebut dapat digunakan hingga ratusan kali. Sejak itulah canting cap kertas kemudian dipakai menjadi salah satu alternatif alat batik untuk menekan biaya produksi sekaligus memudahkan banyak orang ketika membuat batik.

Canting Cap Kertas

Sumber : http://www.imgrum.org/

Jika dilihat secara sepintas canting cap kertas ini memang tampilannya seperti alat cap batik yang selama ini digunakan oleh perajin batik cap. Namun jika dicermati dengan seksama, maka sahabat Fitinline akan tahu bahwa alat cap batik ini terbuat dari bahan yang berbeda  yakni limbah kertas.

Canting Cap Kertas

Sumber : http://www.imgrum.org/

Dari segi pembuatan, canting cap kertas sendiri memang cukup sulit dan lama karena terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari membuat sket motif batik di atas kayu dengan menggunakan pensil, kemudian limbah kertas seperti bekas kardus dipotong-potong kecil dan ditempelkan di atas kayu yang sudah dilukis. 

Canting Cap Kertas

Sumber : http://www.imagala.com/

Setelah seluruh lukisan motif ditempeli kertas maka jadilah alat batik cap dari kertas dan dapat digunakan untuk membuat batik cap. Dari seluruh proses tersebut hampir semuanya membutuhkan proses cukup lama agar mendapatkan hasil yang maksimal bagus.

Khusus untuk pembatikan dengan canting cap kertas, prinsip kerjanya kurang lebih hampir sama dengan proses membatik menggunakan canting tulis yang melewati pemalaman, pewarnaan, dan pencelupan/pelorodan. Semakin banyak warna yang dibutuhkan maka semakin banyak pula proses pemberian malam, pewarnaan, dan pencelupan yang dilakukan.

Pembatik cap bisa mengatur suhu panasnya malam yang akan dicapkan pada kain dengan ketelitian dari segi bentuk motif. Canting cap kertas sangat mudah untuk digunakan, tidak hanya dikalangan orang tua tapi juga bisa dipakai untuk anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Mencari kain batik cap berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain batik kami Di Sini.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.