Article

Homepage Article Batik Mengenal Sifat dan Kegunaan…

Mengenal Sifat dan Kegunaan Parafin Dalam Proses Membatik

Sahabat Fitinline ada yang tahu apa itu parafin?. Dalam dunia batik parafin dikenal sebagai salah satu campuran lilin batik yang mempunyai karakter mudah pecah atau retak. Parafin ini sering dimanfaatkan untuk membuat Batik Remekan yang terkesan abstrak pada dasar motif batik, terutama untuk motif batik yang besar.

Parafin

Sumber : https://infobatik.id/

Parafin merupakan produk samping hasil pengolahan minyak bumi mentah yang disebut juga lilin BPM. Parafin banyak digunakan sebagai campuran lilin klowong dan lilin tembokan terutama untuk pembuatan batik kasar. Karena harganya murah parafin juga sering dipakai sebagai bahan pengisi batik.

Parafin

Sumber : https://fitinline.com/

Parafin memiliki ciri yang sangat khas yaitu berwarna kuning pucat atau putih, sifatnya mudah retak, fungsinya untuk membuat remekan (efek warna retak). Parafin putih dipakai saat musin kemarau dan parafin kuning dipakai saat musim penghujan. Perbedaannya terletak pada kecepatan mengerasnya parafin ketika terkena udara.

Parafin

Sumber : https://www.handprinted.co.uk/

Tujuan digunakannya parafin dalam campuran lilin batik adalah agar lilin mempunyai daya tahan tembus basah yang baik. Penggunaan parafin dalam proses membatik juga dimaksudkan sebagai bahan yang dapat membantu untuk mempermudah lepasnya lilin waktu dilorod. 

Parafin

Sumber : https://mbatikyuuuk.com/

Adapun sifat dan karakteristik dasar dari parafin yang biasa digunakan sebagai campuran lilin batik adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai daya tolak tembus basah yang baik.
  • Mudah dicairkan dan cepat membeku.
  • Daya lekat lemah sehingga mudah lepas dari kain.
  • Titik leleh rendah yaitu pada suhu 60° sampai 56º Celcius.
  • Tahan terhadap larutan alkali walaupun tidak tahan lama.

Parafin

Sumber : http://www.bumdestambakjaya.com/

Dengan sifat dan karakteristiknya tersebut parafin sangat cocok untuk digunakan sebagai campuran lilin pada proses pembatikan. Kalau sahabat Fitinline mau belajar lebih banyak tentang batik anda bisa mendownload video tutorial dari kami Di Sini.

Tapi kalau anda mencari parafin berkualitas dengan harga murah untuk campuran lilin batik anda bisa mendapatkannya Di Sini

Parafin

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.