Article

Homepage Article Cara Menjahit Fungsi dan Cara Kerja Magnet…

Fungsi dan Cara Kerja Magnet Pembatas Jahitan / Magnetic Seam Guide

Masih suka kesulitan untuk membuat jahitan yang rapi pada bagian tapi pakaian atau produk jahit lainnya?. Untuk memudahkan anda dalam membuat jahitan yang rapi dan rata, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memakai magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide sebagai panduan menjahit.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Magnetic Seam Guide

Sesuai dengan namanya, magnetic seam guide yang dikenal pula dengan sebutan magnet pembatas jahitan dapat didefinisikan sebagai suatu alat bantu menjahit yang memiliki fungsi sangat penting yakni untuk memudahkan seseorang dalam membuat jahitan yang rapi dan rata.

Magnet Pembatas Jahitan / Magnetic Seam Guide

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kelebihan magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide dibandingkan dengan pembatas jahitan yang lainnya yaitu:

  • Magnetic seam guide bisa digunakan disemua model mesin jahit, baik itu mesin jahit portable, mesin jahit industri, maupun mesin jahit tradisional.
  • Magnetic seam guide sangat mudah digunakan pada mesin jahit karena tidak perlu baut. Cukup ditempelkan saja ke penutup gigi mesin jahit.
  • Magnetic seam guide umumnya dilengkapi dengan magnet yang sangat kuat jadi tidak akan mudah tergeser ataupun bergerak saat digunakan untuk menjahit bahan kain yang berat dan keras sekalipun.
  • Magnetic seam guide dapat dengan mudah dipasang dan dilepas atau diatur ulang posisinya pada pelat logam yang terdapat di mesin jahit.
  • Magnetic seam guide dapat digunakan dengan hampir semua sepatu mesin jahit.

Magnet Pembatas Jahitan / Magnetic Seam Guide

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga 21 Jenis Sepatu Jahit Dilengkapi Cara Penggunaannya.

Cara Kerja Magnetic Seam Guide

Berbicara mengenai magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide, lantas seperti apa cara kerja dari alat yang satu ini?. Untuk memudahkan anda dalam menggunakan magnetic seam guide berikut kami bagikan gambaran singkat mengenai cara pemakaian magnetic seam guide yang perlu anda ketahui.

  • Pertama ukur seberapa lebar kampuh jahitan yang ingin anda buat dari titik jatuhnya jarum untuk menentukan letak magnetic seam guide yang akurat.
  • Jika sudah tempatkan magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide pada bagian kanan plate mesin jahit sesuai jarak yang anda kehendaki.
  • Pasang mesin jahit dengan benang yang serasi dan siapkan kain untuk dijahit lalu letakkan bahan kain di bawah sepatu jahit untuk memulai jahitan.
  • Supaya  jahitannya tetap konsisten jaga agar tepi kain tetap rata dengan magnetic seam guide.
  • Sejajarkan tepi jahitan di sepanjang magnetic seam guide dan mulailah menjahit.
  • Sesekali periksa apakah jahitan yang terbentuk sudah sesuai dengan bentuk jahitan yang dikehendaki atau belum, karena beda jenis kain terkadang berbeda juga perlakuan yang dibutuhkan.
  • Jika sudah sesuai teruskan proses menjahit secara perlahan dengan tetap memastikan bahwa tidak ada bahan kain yang tergelincir di bawah magnet atau menumpuk.

Magnet Pembatas Jahitan / Magnetic Seam Guide

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain digunakan untuk membuat jahitan kampuh yang lurus, magnetic seam guide sebenarnya bisa juga diandalkkan sebagai alat bantu untuk membuat jahitan yang rapi pada kampuh lengkung. Cara penggunaannya sendiri kurang lebih hampir sama dengan cara menjahit kampuh lurus.

  • Ketika kegiatan menjahit berlangsung, magnetic sewing guide akan membantu kain yang ditarik ke depan oleh mesin jahit tetap kokoh di tempatnya.
  • Magnet pembatas jahitan atau magnetic sewing guide juga akan memberi anda panduan yang solid dan andal untuk mengatur besarnya kampuh jahitan dan menjahit garis lurus.

Magnet Pembatas Jahitan / Magnetic Seam Guide

Sumber : https://id.pinterest.com/

Yang pasti dengan adanya magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide, para perajin dan penjahit dengan tingkat keahlian yang berbeda bisa mendapatkan keuntungan untuk semua proyek menjahit mereka buat.

  • Dengan magnetic seam guide anda bisa lebih mudah untuk mengontrol lebar kampuh saat menjahit di mesin jahit tanpa takut garis jahitan anda tidak lurus.
  • Dengan magnetic seam guide, anda juga dapat mencocokkan satu sisi kain dengan sisi lainnya, serta meminimalkan kesalahan dan jahitan yang tidak rata.

Magnet Pembatas Jahitan / Magnetic Seam Guide

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tapi sekalipun magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide cukup aman di gunakan di hampir semua mesin jahit, sayangnya alat ini tidak disarankan untuk mesin jahit komputerisasi karena bersifat magnetis dan dapat menyebabkan kerusakan serius jika menyentuh bagian lain dari mesin jahit (misalnya layar LCD).

Jadi kalau anda ragu untuk memakai magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide, karena khawatir akan mengganggu kinerja komponen komputer yang terdapat di dalam mesin jahit, sebaiknya hindari penggunaan magnetic seam guide ketika menjahit dengan mesin jahit komputerisasi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fungsi dan cara kerja magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide dalam kegiatan jahit menjahit yang perlu anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk membuat jahitan yang rapi pada pakaian maupun produk jahit lainnya ya.

Saat tidak digunakan anda bisa menyimpan magnet pembatas jahitan atau magnetic seam guide dengan berbagai aksesoris mesin jahit yang lain seperti spul atau sepatu jahit. Selain itu magnetic seam guide bisa juga disimpan dengan mudah dengan cara ditempelkan ke bagian mana pun dari mesin jahit yang terbuat dari logam.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang tips-tips menjahit yang tidak kalah menarik, simak terus artikel dari kami atau bisa juga mendownload E-Book Menjahit dan Video Tutorial Menjahit yang kami miliki.

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk membuat pakaian sendiri dengan pola yang sudah jadi maka anda bisa mendownload Pola Baju siap pakai dari kami dan memesan bahan kain sebagai materia utamanya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.