Article

Homepage Article Desain Fesyen 5 Tips Merawat Pakaian Kesayangan…

5 Tips Merawat Pakaian Kesayangan Supaya Tidak Ditumbuhi Jamur Saat Musim Hujan

Pakaian kesayangan yang telah lama dimusiumkan dalam almari penyimpanan tahu-tahu ditumbuhi jamur yang dapat merusak keindahan pakaian?. Jangankan pakaian yang sudah disimpan terlalu lama, baju yang biasa sehari-hari saja sebenarnya juga bisa menjadi media pertumbuhan jamur yang sangat subur lho. 

Jamur Pakaian

Sumber : http://archives.starbulletin.com/

Tanda-tanda yang paling mudah dikenali jika pakaian anda terkena jamur adalah akan muncul beberapa bintik hitam pada permukaan pakaian yang jika dibiarkan nantinya akan melebar dan merusak kualitas pakaian. Selain merusak kualitas pakaian jamur juga bisa merusak warna alami baju. 

Jamur Pakaian

Sumber : https://www.thespruce.com/

Beberapa faktor yang menjadikan jamur lebih mudah tumbuh dan berkembang biak pada pakaian biasanya disebabkan karena dua hal, diantaranya:

  1. Baju tidak dibersihkan dengan benar sehingga lebih disukai jamur.
  2. Saat musim hujan berkepanjangan tiba cucian tidak kering sepenuhnya.
  3. Kondisi tempat penyimpanan baju mempunyai tingkat kelembaban tinggi. 

Jamur Pakaian

Sumber : http://puneetsingh.info/

Berbicara mengenai jamur pada pakaian lantas bagaimana ya cara terbaik yang dapat diilakukan untuk merawat pakaian kesayangan sudah terlanjur berjamur?. Jika anda menemukan noda jamur di pakaian jangan buru-buru membuangnya ya tapi coba terapkan beberapa tips merawat pakaian berjamur sebagai berikut. 

Jamur Pakaian

Sumber : https://www.damp-and-wet-rot.co.uk/

  1. Pilih solusi perawatan yang tepat untuk menghilangkan noda jamur pada pakaian. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan beberapa bahan yang mudah didapatkan seperti cuka putih, pemutih pakaian, atau boraks.
    • Cuka putih efektif dan aman untuk berbagai jenis kain.
    • Pemutih pakaian dikenal ampuh menghilangkan noda jamur di baju. Namun anda tetap harus berhati-hati karena pemutih ini juga bisa melunturkan warna dan serat pakaian yang berbahan sensitif.
    • Boraks yang dilarutkan dalam air atau detergen dapat digunakan sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi noda jamur pakaian.
  2. Usapkan pilihan bahan yang ingin anda pakai untuk menghilangkan noda jamur pada pakaian kemudian gosok dengan sikat yang berbulu halus. Kalau anda ragu lakukan pengujian lebih dulu pada bagian pakaian yang tersembunyi.
  3. Bilas pakaian dengan air bersih kemudian cuci ulang dengan menggunakan detergen yang berbahan lembut.
  4. Untuk menghilangkan noda jamur pada pakaian anda bisa juga mencuci pakaian yang berjamur dengan air hangat atau bahkan air panas sesuai suhu yang direkomendasikan pada label perawatan baju.
  5. Bila pakaian sudah benar-benar bersih dan wangi, selanjutnya keringkan pakaian tersebut dengan cara menjemurnya di bawah panas matahari. Panas matahari ini konon dipercaya sebagai pembunuh jamur alami yang paling efektif. 

Jamur Pakaian

Sumber : https://www.quora.com/

Setelah mengetahui bagaimana cara menghilangkan noda jamur pada pakaian sekarang anda jadi makin tenang kan. Supaya pakaian anda terhindar dari masalah jamur di kemudian hari terapkan tiga langkah sederhana sebagai berikut.

  • Jemur pakaian sesegera mungkin setelah selesai dicuci.
  • Hindari memasukkan baju yang basah atau lembab kedalam keranjang cucian.
  • Untuk mencegah jamur datang lagi pastikan tempat yang anda pakai untuk menyimpan baju benar-benar kering dan bersih. 

Jamur Pakaian

Sumber : https://ru.aliexpress.com/

Itu dia beberapa tips merawat pakaian supaya terbebas dari jamur yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline punya tips merawat pakaian yang tidak kalah unik share ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.