Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Tips Memilih Jaket Kulit…

7 Tips Memilih Jaket Kulit Wanita Lengkap Dengan Cara Mudah Untuk Merawatnya

Mencari jaket wanita yang bagus dipakai untuk meningkatkan kualitas penampilan saat hangout bersama teman atau keluarga?. Jika anda ingin mendapatkan jaket yang terlihat mewah dan berkelas maka jaket kulit bisa menjadi opsi terbaik yang dapat anda coba. Terlebih lagi jaket inipun juga tersedia dalam banyak pilihan model.

Pengertian Jaket Kulit

Jaket kulit wanita termasuk ke dalam salah satu jenis busana tubuh bagian luar (outer) yang terbuat dari material kulit, baik itu kulit sintetis atau kulit hewan asli (genuine leather). Untuk mempercantik tampilannya agar terkesan lebih keren jaket kulit wanita ini umumnya memiliki detail seperti kancing atau resleting di bagian depan.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.dstld.com/

Selain desain dan tampilannya yang terbilang keren, jaket kulit pada umumnya juga memiliki kemampuan yang cukup baik untuk melindungi tubuh dari terpaan hujan, angin dan cuaca yang ekstrim.

  1. Jaket kulit wanita menjadi salah satu item fashion terbaik yang bisa dikombinasikan dengan beragam pakaian.
  2. Jaket kulit merupakan opsi paling tepat yang bisa digunakan di segala musim.
  3. Jaket kulit wanita yang dipadukan dengan dress, denim atau busana wanita lainnya dengan motif apapun akan selalu menjadi opsi yang sempurna untuk meningkatkan kualitas penampilan.
  4. Sentuhan jaket kulit yang mewah dan berkelas akan menampilkan kesan baru yang lebih segar pada  gaya busana anda.
  5. Jaket kulit bisa digunakan di segala kesempatan, baik itu untuk acara yang diadakan di malam hari maupun siang hari.
  6. Dengan sedikit tambahan aksesoris jaket kulit akan semakin sempurna dan terkesan glamor.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Tips Memilih Jaket Kulit

Tertarik untuk mengenakan jaket kulit sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung harus memilih jaket kulit yang seperti apa. Untuk memudahkan anda dalam memilih jaket kulit berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda jadikan acuan untuk mendapatkan jaket kulit yang tepat sesuai kebutuhan.

1. Ukuran Jaket Wanita

Untuk alasan kenyamanan pastikan jaket kulit wanita yang anda pilih ukurannya benar-benar pas dan sesuai dengan bentuk tubuh, dalam artian tidak kekecilan atau kebesaran saat dikenakan.

  • Memilih jaket kulit wanita yang ukurannya terlalu kecil atau ketat hanya akan membuat tubuh anda merasa sesak dan sulit untuk bergerak.
  • Sebaliknya jika jaket kulit wanita yang anda pilih ukurannya terlalu besar yang ada tubuh anda akan tenggelam dalam pakaian yang anda kenakan.
  • Saat membeli jaket kulit lihat dulu label yang tertera pada produk tersebut agar anda tidak salah dalam memilih ukuran.  
  • Jangan pernah berani membeli sebuah jaket kulit kalau tidak memiliki keterangan size atau ukuran yang lengkap, bahkan tidak memiliki keterangan size sama sekali.
  • Hal terpenting yang perlu anda ketahui adalah jaket kulit umumnya akan semakin menciut jika sudah semakin lama. Jadi bila anda ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama sebaiknya jangan memilih ukuran jaket kulit yang terlalu kecil.

2. Pilih Merek Yang Terkenal

Untuk mendapatkan jaket kulit wanita yang terjamin kualitasnya anda bisa mempercayakan pada merek yang sudah ternama. Dengan begitu anda tidak perlu lagi khawatir atau takut mengalami kerugian karena membeli produk jaket dari merek yang belum teruji kualitasnya.

  • Selalu ingat juga bahwa antara jaket kulit dari brand yang satu ukurannya bisa saja berbeda dengan brand pakaian lain.
  • Jadi sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah jaket dari brand tertentu pastikan bahwa ukurannya memang sudah sesuai dengan kebutuhan.

3. Beli Dari Pengrajin

Untuk menghindari modus penipuan usahakan membeli produk jaket kulit wanita secara langsung dari pengrajinnya. Dalam hal ini anda bisa mendatangi pusat pengrajin kulit untuk mendapat produk jaket yang berkualitas bagus.

4. Pilih Toko Yang Terpercaya

Selain mengunjungi pengrajin jaket secara langsung anda bisa juga memilih toko jaket kulit yang sudah terpercaya. Dengan membeli jaket kulit di tempat yang memiliki reputasi baik, dijamin bahwa jaket yang anda pilih benar-benar bagus.

5. Kenali Ciri Kulit Asli

Supaya anda tidak mudah tertipu dengan produk palsu hendaknya anda juga perlu mengetahui ciri khas dari jaket kulit asli yang membedakanya dengan jaket palsu. Ciri-ciri khusus yang membedakan jaket kulit asli dengan jaket imitasi diantaranya: 

  • Jaket yang benar-benar terbuat dari kulit binatang asli umumnya memiliki aroma yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan jaket kulit imitasi.
  • Bagian lengan jaket kulit asli biasanya akan terlihat sedikit berkerut karena kondisi kulit asli hewan tersebut.
  • Jaket kulit asli pada prinsipnya memiliki elastisitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jaket berbahan sintesis atau imitasi.
  • Jaket kulit asli secara keseluruhan memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan jaket imitasi atau jaket sintetis.
  • Jaket kulit asli umumnya memiliki kualitas dan kenyamanan yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan jaket kulit imitasi.
  • Ketika dikenakan di daerah yang bersuhu panas jaket kulit asli akan memberi rasa sejuk.
  • Namun saat dikenakan di daerah yang bersuhu dingin jaket kulit asli akan memberi rasa hangat.
  • Jaket kulit asli biasanya cenderung lebih awet dan tahan lama asalkan dirawat dengan cara yang benar dan tepat.
  • Dengan kualitasnya lebih baik dibanding dengan jaket kulit imitasi, maka jaket asli yang terbuat dari kulit binatang biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

6. Kualitas Jahitan Jaket Kulit

Sama halnya dengan jenis pakaian lain, untuk memastikan bahwa jaket kulit wanita yang anda beli memang benar-benar berkualitas baik perhatikan detail dan bentuk jahitanya. Jaket kulit wanita yang bagus paling tidak harus dijahit dengan rapi dan tidak ada yang putus.

  • Jahitan jaket yang bagus umumnya memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan pada jaket wanita maka semakin halus dan rapat juga hasil jahitan yang ditampilkannya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan jaket, benang, kancing, resleting maupun pelengkap pakaian lainnya.
  • Jahitan jaket kulit wanita yang tidak rapi akan membuat jaket menjadi tidak nyaman untuk digunakan. Sementara jahitan yang tidak rapat dapat membuat jaket kulit jadi cepat rusak.

7. Harga Jaket Kulit

Sesuaikan harga jaket dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya kerena ingin tampil gaya dengan baju bermerek mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting.

  • Untuk memastikan bahwa jaket kulit yang anda pilih memang berkualitas coba bandingkan model jaket kulit yang sejenis di toko lain.
  • Dengan membandingkan jaket kulit tersebut, peluang untuk menemukan jaket kulit yang harganya jauh lebih murah tapi kualitasnya tetap sama bagus bisa lebih besar.

Model Jaket Kulit Wanita

Untuk urusan desain atau modelnya beberapa referensi model jaket kulit wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya ada jaket kulit dengan model double rider jacket, bomber flight jacket, varsity jacket, jaket kulit dengan fringe, jaket kulit dengan patch maupun jaket kulit degan detail studs.

1. Double Rider Jacket

Jaket kulit double rider menjadi salah satu ikon jaket yang banyak dipakai oleh para pengendara motor. Dengan ciri khasnya yang di desain atraktif jaket ini sangat cocok digunakan oleh para wanita yang hobi touring dan berpetualang dengan mengendarai sepeda motor.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

2. Bomber Flight Jacket

Bomber flight jacket yang dibuat dari material kulit sampai saat ini masih menjadi model jaket wanita yang banyak disukai anak muda karena dari segi desain dan tampilan memang terbilang sangat unik.

  • Model jaket semacam ini sebenarnya sudah diterapkan pada jaket ilot pesawat pengebom sejak jaman perang dunia ke-II.
  • Di masa lalu jaket bomber tersebut biasa digunakan dengan tujuan untuk menjaga suhu tubuh pamakainya agar tetap hangat.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.dunhill.com/

3. Varsity Jacket

Jaket varsity merupakan jenis jaket yang umumnya hadir dalam warna two tone atau dua warna berbeda, dimana warna pada bagian lengan dan tubuh biasanya dibuat berlainan sesuai dengan keinginan pemakai jaket tersebut.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket kulit varsity dengan jaket wanita lainnya yakni:

  • Jaket varsity kebanyakan dibuat dengan ukuran panjang hingga sebatas pinggang.
  • Memiliki ciri khas warna yang berbeda antara bagian badan dan lengan.
  • Jaket varsity bisa dibuat dari bahan kain sejenis katun wool (badan) dan kulit (lengan) atau bahan lain sesuai keinginan pembuatnya.
  • Memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch atau bordir.
  • Memiliki kancing (resleting untuk opsi) sebagai tutupan jaket di depan dari ujung bawah sampai ujung leher.
  • Memiliki motif yang sama di bagian kerah, manset dan pinggang.
  • Memiliki dua kantong miring tanpa penutup di kedua sisi perut.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.jackleathers.com/

4. Jaket Kulit Dengan Fringe

Jaket kulit dengan aksen fringe alias rumbai-rumbai di bagian lengan dan dada bisa menjadi jaket andalan yang bisa anda gunakan bila ingin tampil keren seperti seorang riders. Untuk ide padupadannya kenakan jaket kulit fringe dengan celana jeans dan sepatu boots.

  • Fringe pada awalnya selalu diidentikkan dengan gaya bohemian namun kini mulai banyak diadaptasi ke dalam busana yang lebih modern seperti halnya jaket kulit wanita.
  • Tidak hanya terbatas untuk tampilan kasual tapi aksen fringe juga sangat sesuai jika diaplikasikan pada busana yang bernuansa glamor.
  • Semakin dramatis aksen fringe yang diaplikasikan maka akan semakin indah pula tampilan busana yang dihiasnya.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.twooldhippies.com/

5. Jaket Kulit Dengan Patch

Jaket kulit dengan detail patch akan membuat penampilan makin keren dan menawan. Khusus untuk anda yang punya keterampilan menjahit anda bahkan bisa membuat sendiri jaket kulit berdetail patch dengan cara memodifikasi jaket kulit yang sudah lama tidak terpakai.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://hazmatdesign.com/

Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa anda coba untuk membuat kreasi jaket kulit wanita dengan detail patch.

  • Siapkan jaket kulit, detail patch dan peralatan jahit. Patch yang anda pakai ini bisa dipilih sesuai selera, mulai dari tulisan sampai tokoh kartun favorit.  
  • Tempelkan beberapa detail patch pada bagian badan jaket sesuai dengan kebutuhan kemudian tinggal jahit patch di bagian jaket yang anda inginkan.
  • Makin banyak patch yang anda aplikasikan pada jaket, maka semakin ramai pula tampilan jaket yang dihasilkan.

6. Jaket Kulit Dengan Studs

Untuk anda yang ingin tampil lebih sangar, pastikan untuk memilih jaket kulit dengan aksen studs. Sebagai pelengkap penampilan tambahkan leather bracelet atau jam tangan berdiameter besar dengan strap kulit.

  • Dalam sebuah jaket kulit studs dapat ditemukan pada bagian kerah, bahu maupun saku.
  • Studs yang berkarakter tajam dapat mengubah model jaket kulit yang semulal tampak biasa menjadi rebellious.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://www.hleatherjackets.com/

7. Jaket Kulit Kombinasi Patch dan Studs

Buat anda yang berani tampil berbeda anda bisa memilih model jaket kulit yang dihias dengan kombinasi patch dan studs. Tanpa menggunakan tambahan apapun jaket kulit dengan aksen patch dan studs ini akan meningkatkan kualitas penampilan jadi lebih keren.

Jaket Kulit Wanita

Sumber : https://zarear.blogspot.com/

Lebih tertarik untuk membuat jaket kulit dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Kulit Wanita dari kami Di Sini.

Pola jaket kulit wanita yang ada di Fitinline merupakan pola yang dibuat untuk konsumsi rumahan dalam bentuk file PDF. Setelah dicetak, pola jaket kulit ini harus disusun sesuai dengan ukuran nomor yang tertera di halaman. Panduan penyusunan halaman ada di lembar panduan yang ada di dalam paket pola.

Tips Merawat Jaket Kulit

Sudah menemukan jaket kulit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk menjamin agar jaket kulit yang anda miliki nantinya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan anda merawat jaket kulit tersebut dengan cara yang tepat ya.

  1. Jauhkan jaket kulit dari paparan air termasuk air hujan. Kalaupun terkena air sebaiknya segera keringkan jaket agar tidak lagi basah tetapi jangan langsung dipanaskan di bawah sinar matahari.
  2. Jangan pernah menumpuk jaket kulit bersama dengan cucian kotor lainnya supaya tidak berbau. Namun jika sudah terlanjur berjamur sahabat Fitinline bisa membersihkannya dengan menggunakan cuka.
    • Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1.
    • Basahi kain halus dengan larutan cuka dan air gosokkan perlahan pada area jaket yang berjamur.
  3. Biasakan untuk merawat kelenturan jaket kulit dengan lotion pelembab khusus jaket selama sebulan sekali.
    • Siapkan jaket kulit, 2 buah lap kain serta lotion khusus jaket.
    • Bersihkan jaket kulit hingga tidak ada noda yang menempel.
    • Oleskan lotion khusus jaket secara merata ke seluruh permukaan jaket untuk menjaga kondisi jaket agar tetap lentur.
    • Tunggu beberapa saat sampai lotion menyerap kedalam serat jaket kemudian gosok hingga jaket terlihat bersih.
  4. Untuk meminimalisir lipatan pada jaket kulit yang sering digunakan gosokkan lotion ke area tersebut secara lembut dan hati-hati hingga kondisinya kembali membaik. Cara serupa juga dapat dilakukan untuk menjaga kelembutan dan kelenturan jaket kulit.
  5. Bila jaket kulit kesayangan anda terkena noda, bersihkan noda yang menempel di jaket kulit dengan lap kain yang sudah dibasahi.
    • Untuk menghilangkan noda pada jaket kulit anda bisa mengelapnya dengan menggunakan kain halus yang telah dibasahi air.
    • Setelah itu gantung jeket kulit di tempa yang teduh dan terhindar dari panas matahari agar permukaan kulitnya tidak mudah rusak dan mengkerut.
  6. Jauhkan jaket kulit kesayangan anda dari berbagai hal yang mengandung bahan kimia. Selain detergen dan pelembut pakaian, parfum atau minyak wangi juga berpotensi untuk merusak kulit jaket.
  7. Simpan jaket kulit dengan cara digantung menggunakan hanger (gantungan baju) kemudian masukkan ke dalam almari pakaian yang tidak lembab agar jaket tidak menjadi berbau.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa anda coba untuk mendapatkan jaket kulit wanita yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Kalau mau tahu lebih banyak lagi mengenai tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.