Article

Homepage Article Cara Menjahit 6 Tips Menjahit Cover Sofa…

6 Tips Menjahit Cover Sofa / Kulit Sofa Yang Bisa Anda Coba

Berencana untuk mereparasi atau mengganti cover sofa dengan uplhostery (pelapis sofa) yang baru?. Untuk mengetahui apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika menjahit cover sofa atau kulit sofa langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sofa

Sofa dikenal sebagai salah satu jenis perabotan yang memiliki banyak fungsi. Sebab selain digunakan untuk duduk, sofa bisa juga digunakan untuk dekorasi interior rumah karena bentuk dan jenisnya sangat beraneka ragam begitu pula dengan bahan atau material yang dipakai untuk membuat covernya.

Cover Sofa

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk pembuatan cover sofa atau kulit sofa sendiri, saat ini terdapat banyak sekali bahan yang bisa jadikan sebagai material utamanya. Mulai dari bahan kain yang tebal seperti kain kanvas, bahan kulit (kulit asli maupun kulit sintetis) dan lain sebagainya.

Cover Sofa

Sumber : https://www.sunshinefurniture.com.au/

Simak juga 5 Tips Memilih Kain Pelapis Sofa.

Tips Menjahit Cover Sofa

Berbicara mengenai cover sofa lantas apa saja ya hal-hal penting yang harus diperhatikan apabila ingin mengganti atau membuat kulit sofa sendiri?. Jika anda ingin menjahit cover sofa atau kulit sofa maka anda dapat mengikuti beberapa langkah sederhana sebagai berikut.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama siapkan sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memudahkan proses menjahit kain sofa. Adapun beberapa alat dan bahan yang dimaksud antara lain terdiri dari:

  • Bahan Kain atau Kulit

Bahan kain yang tebal dan kuat seperti kain kanvas atau bahan kulit (baik itu kulit asli maupun kulit sintetis) sebagai bahan utama pembuatan cover sofa atau kulit sofa.

  • Alat Ukur atau Metlin

Alat ukur atau metlin untuk mengukur bagian-bagian sofa yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam membuat pola dan penjahitan kulit sofa.

  • Kertas dan Alat Tulis

Kertas dan alat tulis diperlukan untuk menggambar pola sofa sesuai desain yang direncanakan.

  • Gunting Yang Tajam

Gunting yang tajam perlu anda siapkan untuk memotong bahan cover sofa sesuai pola yang dikehendaki.

  • Mesin Jahit

Mesin jahit diperlukan untuk menyatukan potongan-potongan kain. Dalam hal ini gunakanlah mesin jahit yang berkualitas baik, supaya proses penjahitan dapat berjalan dengan lancar.

Ingat juga untuk mengganti jarum dan benang yang ada sesuai dengan bahan yang anda jahit agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

  • Untuk menjahit bahan kain yang setebal dan sekasar kanvas gunakan jarum mesin jahit no 18, longgarkan tegangan benang dan perlebar jarak.
  • Untuk menjahit bahan kulit, bahan pu leather, bahan kulit imitasi dan bahan kulit lainnya yang hampir sama gunakan jarum mesin jahit khusus leather.
    • Jarum leather ini bisa di gunakan untuk semua merk mesin jahit rumahan.
    • Ukuran jarum leather sendiri ada tiga macam yakni 14, 16 dan 18.

Cover Sofa

Sumber : https://www.kenssewingcenter.com/

Jahitan cover sofa atau kulit sofa akan kelihatan kuat dan tahan lama jika menggunakan benang jahit yang kuat pula. Dalam proses penjahitan cover sofa atau kulit sofa, salah satu jenis benang yang bisa digunakan yaitu berupa benang jenis nilon.

Cover Sofa

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Tentukan Konsep Desain

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya tentukan konsep desain yang ingin dibuat meliputi ukuran kulit sofa, detail kulit sofa dan lain sebagainya.

  • Untuk menentukan ukuran kulit sofa anda dapat menggunakan alat ukur jahit pada umumnya.
  • Untuk memudahkan proses pemotongan bahan supaya lebih presisi, gambarlah pola pada sebuah kertas.

3. Buat Pola Cover Sofa

Buat pola cover sofa pada kertas terlebih dahulu baru kemudian pindahkan ke atas bahan kain atau bahan kulit yang ingin anda gunakan untuk cover sofa.

4. Memotong Bahan Cover Sofa

Jika tahap pembuatan pola sudah dilakukan, anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu menjiplak pola pada bahan utama cover sofa atau kulit sofa lalu memotongnya sesuai pola.

  • Untuk menghemat bahan lakukan pemotongan bahan mulai dari pola yang paling besar baru pola yang paling kecil.
  • Ketika melakukan pemotongan bahan jangan lupa tambahkanpula kampuh sesuai kebutuhan di luar garis pola yang anda buat untuk menjahitnya.

Dalam melakukan proses pemotongan, pastikan anda memotong bahan tersebut dengan sangat hati-hati serta sesuaikan dengan konsep desain yang sudah dibuat. Pemotongan bahan cover sofa atau kulit sofa yang rapi tentunya juga akan membuat hasil yang baik.

5. Proses Penjahitan Cover Sofa

Setelah semua bahan selesai dipotong anda dapat langsung melakukan proses penjahitan kain sofa dengan mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  • Persiapkan mesin jahit yang akan anda pakai untuk menjahit.
  • Tentukan titik awal penjahitan kain sofa.
  • Jahit kain sofa dengan hati-hati dan teliti mengikuti garis pola yang ada agar hasil jahitannya tampak rapi.

Cover Sofa

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Secara teknis proses penjahitan cover sofa baik itu yang dibuat dari bahan kain maupun bahan kulit sebenarnya tidaklah jauh beda dengan teknik menjahit kain pada umumnya, hanya saja alat dan bahan yang digunakan harus khusus, terutama jarum dan benang jahitnya.

Simak juga Cara Menjahit Kulit Sintetis Supaya Rapi dan Hasilnya Menarik.

6. Proses Finishing

Sebagai penyelesaian akhir periksa kembali hasil jahitan yang anda buat lalu rapikan kain sofa dengan cara memotong sisa-sisa benang yang tidak terpakai. Jika ada jahitan yang kurang rapi bongkar kembali jahitan yang sudah ada lalu timpa dengan jahitan yang baru.

Simak juga tips Membongkar Jahitan Dengan Pendedel Benang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai tips menjahit cover sofa atau kulit sofa dengan cara sederhana yang bisa anda coba. Semoga tips yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menjahit kain sofa serta memilih benang dan jarum yang tepat untuk menjahitnya ya.

Butuh bahan kain atau bahan kulit sintetis berkualitas dengan harga murah untuk membuat cover sofa atau kulit sofa?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Kanvas dan Bahan Kulit Sintetis Yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.