Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Mudah Menjahit Cover…

Cara Mudah Menjahit Cover Binder Buku Yang Bisa Anda Coba

Bosan dengan binder kuliah yang anda miliki, lantaran tampilannya cenderung polos atau justru sudah terlihat usang?. Untuk mengubah tampilannya supaya makin keren, anda bisa mencoba untuk menambahkan cover binder yang terbuat dari sejumlah bahan kain dan bahan kulit yang mudah dijahit.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Binder

Binder merupakan sejenis buku yang terdiri dari kumpulan kertas dan digabungkan melalui ring atau cincin. Selain digunakan sebagai buku catatan kuliah, binder juga bisa digunakan sebagai buku catatan harian atau diary.

  • Binder memiliki tampilan yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan buku catatan biasa.
  • Binder memiliki ring yang bisa dibuka dan ditutup sehingga sangat memudahkan penggunanya untuk mengatur banyaknya kertas dalam binder agar tidak berat.
  • Binder sangat praktis dibawa kemana-mana jadi anda tidak perlu repot lagi membawa banyak buku catatan.

Cover Binder

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk keperluan kuliah, binder sendiri dapat dijumpai dalam berbagai ukuran yang berbeda, beberapa diantaranya:

  • Binder tipe A4 yang dapat diisi kertas dengan ukuran 21 x 29,7 cm.
  • Binder tipe A5 yang dapat diisi kertas dengan ukuran 14.2 x 21 cm.
  • Binder tipe A6 yang dapat diisi kertas dengan ukuran 10,5 x 14,8 cm.
  • Binder tipe B5 yang dapat diisi kertas dengan ukuran 17,6 x 25 cm.

Cover Binder

Sumber : https://www.jd.id/

Sementara dari segi desain atau tampilannya ada banyak sekali jenis binder yang dijual di pasaran. Mulai dari binder dengan motif tertentu yang dicetak di atas permukaan bahan, binder polos yang dibuat dari plastik transparan dan masih banyak lagi.

Bahan Untuk Cover Binder

Untuk mengubah tampilannya agar makin keren, anda pun dapat memodifikasi sampulnya dengan banyak cara misal menambahkan stiker atau cover binder yang didesain sesuai keinginan. Tinggal sesuaikan saja ukuran dan bahannya dengan selera.

Khusus untuk pembuatan cover binder sendiri, beberapa contoh bahan kain yang bisa diandalkan antara lain berupa kain katun, kain kanvas, kain denim, bahan kulit, bahan tweed dan masih banyak lagi. 

1. Kain Katun

Kain katun menjadi salah satu jenis bahan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat cover binder karena ketersediaannya sangat melimpah. Selain mudah ditemukan kain katun juga memiliki pilihan motif dan warna yang sangat beragam.

Cover Binder

Sumber : https://www.etsy.com/

2. Kain Kanvas

Kain kanvas termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki tekstur sedikit kasar, tebal dan kaku sehingga cover binder yang dibuat dari bahan dasar kain kanvas akan terlihat sangat kokoh, kuat dan terkesan cukup berkelas.

Cover Binder

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Kain Denim

Kain denim yang biasa digunakan untuk membuat celana jeans, jaket denim, tas denim maupun bucket hat, bisa juga dimanfaatkan untuk membuat cover binder yang menarik.

Cover Binder

Sumber : https://id.carousell.com/

4. Bahan Kulit

Berikutnya ada bahan kulit, baik itu bahan kulit yang asli maupun bahan kulit sintetis. Cover binder yang terbuat dari kulit ini akan memberi kesan menarik dan mahal pada tampilan cover binder yang dihasilkan.

Cover Binder

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Bahan Tweed

Tak kalah menarik dari beberapa bahan sebelumnya, anda juga dapat memanfaatkan bahan tweed yang cenderung tebal, kaku dan lebih tampak seperti kain tenun kasar.untuk cover binder.

Cover Binder

Sumber : https://www.bujomarks.com/

Cara Membuat Cover Binder

Tertarik untuk membuat cover binder sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Untuk anda anda yang ingin membuat cover binder sendiri berikut kami bagikan langkah-langkah sederhana yang bisa anda coba.

1. Pertama siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari bahan kain atau bahan kulit, kain furing, pita ukur, kapur jahit, benang dan jarum, gunting dan jarum pentul.

2. Kedua buat pola binder pada kertas dengan cara sebagai berikut.

  • Letakkan binder dalam posisi terbuka dan sisi luarnya menghadap ke bawah, sementara sisi-sisi yang lebih panjang mengarah ke kiri dan kanan.

Cover Binder

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

  • Jiplak bentuk dan ukuran binder di atas kain dengan menambahkan 0,5 cm pada setiap sisinya agar cover binder yang anda buat nantinya tidak sempit.
  • Untuk membuat lapisan dalam binder samakan ukuran panjangnya dengan lapisan terluar cover binder, sementara ukuran lebarnya bisa anda buat sesuai kebutuhan.

Cover Binder

3. Selesai membuat pola, jangan lupa tambahkan kampuh pada keempat sisi bahan lalu potong bahan tersebut sesuai batas kampuh dengan menggunakan gunting yang tajam.

Dalam pembuatan cover binder ini setidaknya anda perlu memotong 4 lembar kain yang terdiri dari:

  • Satu lembar bahan kain untuk lapisan luar binder.
  • Satu lembar kain furing yang dipotong sama dengan lapisan terluar cover binder.
  • Dua lembar bahan lainnya untuk lapisan dalam cover binder.

Cover Binder

Sumber : http://healthypreservation.blogspot.com/

4. Rapikan kedua potongan bahan kain yang anda siapkan untuk lapisan bagian dalam binder dengan cara mengelim salah satu sisi panjang kain.

5. Setelahnya susun tiga lapis bahan kain sesuai urutan berikut lalu semat dengan jarum pentul agar posisinya tidak bergeser.

  • Letakkan kain furing di atas meja dengan posisi bagian baiknya menghadap ke atas.
  • Letakkan dua potongan bahan kain yang sudah anda kelim, masing-masing di sisi kanan dan kiri kain furing.  
  • Terakhir letakkan selembar kain yang anda siapkan untuk lapisan terluar cover binder dengan posisi bagian baiknya menghadap ke bawah.

Cover Binder

Sumber : http://healthypreservation.blogspot.com/

Cover Binder

Sumber : http://healthypreservation.blogspot.com/

6. Jahit ketiga lapis kain tersebut sesuai garis pola, dengan tetap menyisakan celah sekitar 4 hingga 5 cm untuk membalik jahitan. Jika sudah pangkas sudut-sudutnya agar terlihat lebih rapi saat dibalik.

Cover Binder

Sumber : http://healthypreservation.blogspot.com/

7. Balikkan cover binder melalui celah jahitan yang masih tersisa lalu rapikan sudut-sudutnya dengan ujung jarum pentul. Jika sudah jahit sekeliling tepi kain termasuk celah yang anda pakai untuk membalik cover binder.

8. Sampai di sini cover binder sudah selesai dibuat dan siap untuk digunakan. Biar makin keren anda bisa juga menambahkan detail tertentu seperti pita ataupun patch yang ditempel di bagian depan cover binder.

Cover Binder

Sumber : http://healthypreservation.blogspot.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan terbaik untuk membuat cover binder sekolah atau binder kuliah yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih bahan cover binder dan menjahitnya sesuai desain yang anda kehendaki.

Untuk anda yang ingin membuat cover binder sendiri anda bisa memesan bahan Kain Katun, Kain Kanvas, Kain Denim dan Bahan Kulit Sintetis dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.