Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Tempat…

DIY : Membuat Kreasi Tempat Tidur Hewan Dari Baju Bekas

Membuat tempat tidur hewan dari baju bekas menjadi salah satu ide kreatif yang bisa kamu coba untuk mendaur ulang baju yang sudah tidak terpakai. Jadi kalau kamu kebetulan punya beberapa baju yang tidak terpakai jangan buru-buru membuangnya ya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tempat Tidur Hewan

Tempat tidur hewan merupakan sejenis tempat tidur yang didesain khusus untuk digunakan hewan peliharaan. Seperti layaknya tempat tidur yang diciptakan untuk manusia, keberadaan tempat tidur hewan / pet bed pada prinsipnya juga sangat penting lho.

  • Tempat tidur hewan menjadi tempat yang nyaman untuk tidur, bermain dan beristirahat hewan baik di siang hari ataupun malam hari.
  • Tempat tidur hewan yang nyaman dan aman dapat membantu mengurangi stres pada hewan peliharaan.
  • Tempat tidur yang tepat dapat membantu melindungi hewan dari suhu yang ekstrem, baik suhu dingin maupun panas.

Untuk pelengkap keperluan hewan, tempat tidur hewan inipun sekarang sudah banyak dijual bebas di pasaran. Tapi kalau kamu mau sedikit berhemat, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuat sendiri tidur hewan / pet bed dari baju bekas.

  • Dengan sedikit sentuhan kreativitas, baju bekas yang tidak dipakai lagi bisa disulap menjadi tempat tidur yang nyaman.
  • Dengan membuat sendiri tidur hewan / pet bed kamu bisa menghemat pengeluaran antara puluhan sampai ratusan ribu.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://wonderfuldiy.com/

Tempat Tidur Hewan Dari Baju Bekas

Terinspirasi untuk membuat tempat tidur hewan / pet bed dari baju bekas?. Hanya dengan menggunakan bantal dan sweater yang sudah tidak terpakai kamu bisa mendapatkan tempat tidur hewan / pet bed yang cantik buat hewan kesayangan kamu lho.

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk membuat tempat tidur hewan dari baju bekas.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat tempat tidur hewan / pet bed dari aju bekas pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Baju bekas yang tidak terpakai seperti halnya sweater yang ukurannya mendekati dengan ukuran tempat tidur hewan yang kamu inginkan.
  • Benang dan jarum jahit tangan untuk menjahit tempat tidur hewan.
  • Bantal cushion dan dakron untuk isian tempat tidur hewan.
  • Bantal cushion ini bisa kamu pakai untuk alas tempat tidur hewan.
  • Sementara dakronnya bisa kamu pakai untuk mengisi dinding tempat tidur hewan.
  • Penggaris dan kapur kain untuk memandai baju bekas.

2. Cuci Dulu Baju Bekasnya

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang cuci bersih baju bekas yang akan kamu pakai untuk tempat tidur hewan kemudian keringkan.

  • Pilih baju bekas yang masih dalam kondisi baik untuk dijadikan tempat tidur hewan.
  • Pastikan untuk mencuci dan membersihkan baju tersebut sebelum digunakan.

3. Beri Garis-Garis Penanda

Setelah dicuci sekarang letakkan baju bekas di atas meja kerja yang rata kemudian buat garis bantu untuk menghubungkan ujung ketiak sweater sebelah kanan dan ujung ketiak sweater sebelah kiri.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://boogiethepug.com/

4. Satukan Badan dan Lengan Baju

Regangkan lengan baju di sepanjang badan lalu jahit keduanya menjadi satu dengan bagian badan, mulai dari ketiak hingga bagian bawah baju.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://boogiethepug.com/

5. Jahit Baju Bekas Sesuai Garis

Sekarang jahit bagian sweater sesuai garis penanda yang kamu buat (garis yang menghubungkan bagian ketiak kanan sweater dan bagian kiri ketiak sweater) untuk memberi batas antara bagian alas dan bagian dinding tempat tidur hewan. 

6. Isi Bagian Dalam Tempat Tidur

Masukkan bantal cushion dari bagian bawah sweater untuk alas tempat tidur hewan, sementara untuk bagian lengannya bisa kamu isi dengan menggunakan dakron. Jika sudah ratakan agar tempat tidur tersebut terasa lebih nyaman saat digunakan hewan.

Untuk isian bagian dinding tempat tidur hewan / pet bed pastikan dakron yang dimasukkan jumlahnya sesuai dengan kapasitas tempat tidur hewan supaya tampilannya tampak padat tapi tidak keras.

7. Jahit Bagian Bukaan Tempat Tidur

Setelah bagian alas dan dinding tempat tidur terisi dengan bantal dan dakron, sekarang tutup celah untuk tempat isian dengan jahitan tangan. Pastikan jahitan kuat agar tempat tidur tidak rusak saat digunakan oleh hewan peliharaan kamu.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://boogiethepug.com/

8. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka atau benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tempat tidur hewan yang kamu buat.

  • Pastikan tempat tidur hewan / bed pet dalam kondisi rapi dan bersih.
  • Kamu dapat memotong bagian-bagian yang berlebihan atau tidak rapi.
  • Jika diperlukan, kamu juga dapat menambahkan sentuhan tambahan seperti selembar selimut kecil di atas tempat tidur biar membuat hewan peliharaan kamu jadi lebih nyaman.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat tempat tidur hewan / pet bed dari baju bekas yang sudah tidak terpakai. Selain menggunakan sweater bekas kamu bisa juga bereksperimen dengan berbagai model baju yang lain.

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang kamu jadi makin tahukan bahwa cara membuat tempat tidur hewan / pet bed tidaklah sesulit yang kamu pikirkan. Kalau kamu ingin membuat tempat tidur untuk kucing, ukuran yang kecil mungkin lebih cocok dari pada ukuran untuk anjing yang besar, begitu pula sebaliknya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed)?. Intip dulu koleksi Kain Denim, Kain Kanvas dan Kain Linen yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.