Article

Homepage Article Kain 7 Rekomendasi Bahan Terbaik…

7 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Tempat Tidur Hewan (Pet Bed)

Punya kecintaan tersendiri dengan anjing atau kucing?. Buat kamu yang berencana untuk memelihara anjung atau kucing pastikan kamu benar-benar mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan keduanya ya, termasuk tempat tidur hewan (pet bed) yang nyaman untuk bermain dan beristirahat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Apa Itu Tempat Tidur Hewan

Tempat tidur hewan (pet bed) dapat didefinisikan sebagai sejenis tempat tidur yang dirancang khusus untuk untuk hewan. Fungsi utamanya tidak lain adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi hewan peliharaan termasuk anjing dan kucing saat mereka tidur, bermain dan beristirahat baik di siang hari ataupun malam hari.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://shopee.com.my/

Mengingat pentingnya fungsi tempat tidur (pet bed) bagi hewan peliharaan, dalam memilih tempat tidur (pet bed) sendiri pada prinsipnya ada banyak hal penting yang harus kamu pertimbangkan. Beberapa diantaranya: 

  • Sesuaikan tempat tidur dengan ukuran hewan agar mereka bisa bergerak lebih leluasa sebelum menemukan posisi yang pas untuk tidur.
  • Pilih tempat tidur yang mudah diakses oleh hewan peliharaan sehingga mereka dapat masuk dan keluar dengan mudah.
  • Pilih tempat tidur hewan (pet bed) yang dilapisi dengan kain yang tahan lama dan mudah dicuci.
  • Pertimbangkan untuk mencari tempat tidur hewan (pet bed) yang mendukung tema rumah.
  • Pilih tempat tidur hewan (pet bed) yang tidak panas tapi tetap memberi rasa hangat pada hewan saat cuaca dingin.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://happyandpolly.com/

Bahan Tempat Tidur Hewan

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, bahan yang biasa dipakai sebagai cover tempat tidur hewan (pet bed) sendiri bisa dibilang sangatlah beragam. Beberapa jenis bahan yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis bahan cover tempat tidur hewan yang terbuat dari serat kapas. Kain ini secara umum memiliki permukaan yang halus, lembut, mudah menyerap keringat, gampang untuk dicuci dan juga mudah disablon.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.target.com/

2. Kain Denim

Kain denim dikenal sebagai salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat karena dibuat dari tenunan serat katun berwarna biru atau benang indigo dan benang putih.

Berdasarkan tingkat ketebalan dan ukuran beratnya (weight) kain denim ini pada dasarnya dapat dikelompokkan kedalam tiga kategori, yakni:

  • Lightweight denim (denim ringan) di bawah 12 Oz.
  • Midweight denim di antara 12 dan 16 Oz.
  • Heavyweight denim (denim berat) di atas 16 Oz.

Oz sendiri merupakan satuan yang dipakai untuk menyatakan ukuran ketebalan denim. Semakin kecil angka yang tertera didepan Oz maka semakin lemas karakteristik denimnya.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.overstock.com/

3. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang kuat dengan motif benang yang terlihat jelas serta serat yang tebal. Khsusus untuk pembuatan tempat tidur hewan, kain kanvas yang dipakai bisa berupa kain kanvas blacu, kain kanvas marsoto dan kain kanvas PE.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://carolinapetcompany.com/

4. Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis kain yang terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum). Kain ini umumnya memiliki permukaan yang halus, susunan serat benangnya sangat rapi dan terlihat elegan.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.westelm.com/

5. Kain Rasfur

Kain rasfur merupakan sejenis bahan kain yang memiliki tekstur berbulu. Bulu-bulu lembut dan kenyal yang terdapat pada permukaan bahan rasfur rata-rata memiliki panjang 5 mm, 10 mm, 15 mm, hingga 20 mm.

  • Tempat tidur hewan dari kain rasfur yang super lembut dan halus cocok dipakai untuk merawat kulit hewan peliharaan.
  • Karakteristik bahannya yang lembut dan kenyal juga memungkinkan hewan untuk tidur dengan rasa aman dan nyaman di atasnya.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.amazon.com/

6. Kain Microtex

Kain microtex merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat polyester jenis baru sehingga tampilan yang dihasilkan jadi super halus, lembut, kuat serta tidak luntur. Kain microtex yang halus dan nyaman juga membuat isian di dalamnya tidak akan keluar dari permukaan bahan.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.etsy.com/

7. Kain Beludru

Kain beludru merupakan sejenis bahan kain yang memiliki sisi mewah namun tidak berlebihan, sederhana dan nyaman. Selain mewah kain beludru ini juga dikenal tebal sehingga akan memberikan kehangatan pada hewan peliharaan saat tidur didalamnya.

Kain beludru  memiliki permukaan berbulu halus sama rata dan biasa dibuat dari fiber sintetis maupun alami.
Tekstur kain beludru cukup halus sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan tempat tidur hewan (pet bed).

Sementara untuk isiannya, bahan yang umum digunakan untuk membuat tempat tidur hewan yakni berupa dakron yang terbuat dari bahan poliester fiber sintetis. Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa dakron ini dianggap sebagai bahan terbaik untuk isian tempat tidur hewan yaitu:

  • Dakron memiliki karakteristik kuat, lentur dan tidak mudah rusak.
  • Dakron memiliki fleksibilitas dan daya topang yang baik.
  • Dakron memiliki daya serap yang rendah dan bisa kering dengan cepat.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya tidak mengherankan jika dakron ini sangat cocok digunakan untuk membuat tempat tidur hewan yang bisa dicuci serta dikeringkan secara cepat dan mudah. 

Uniknya lagi dakron juga memiliki kelebihan lain yaitu bisa dipres hingga mengecil tanpa khawatir bentuknya akan berubah. Ketika sudah dilepas atau dibuka pun tempat tidur hewan (pet bed) yang dilengkapi isian dakron ini akan kembali mengembang seperti semula.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://happyandpolly.com/

Selain isian dakron terdapat pila bahan lain yang nyaman seperti busa memori yang memberikan dukungan dan kenyamanan pada hewan peliharaan.

  • Memory foam (busa memori) merupakan isian tempat tidur hewan yang  terbuat dari bahan sejenis busa polyurethane.
  • Busa polyurethane ini selanjutnya diproses dengan cara khusus sehingga saat dipakai dapat kembali berubah ke bentuk awalnya.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan tempat tidur hewan (pet bed) yang bisa kamu pilih untuk cover maupun untuk isiannya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk mendapatkan tempat tidur hewan (pet bed) yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed)?. Sebagai bahan pertimbangan intip dulu koleksi Kain Denim, Kain Kanvas dan Kain Linen yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.