Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Tempat…

DIY : Membuat Kreasi Tempat Tidur Hewan (Pet Bed) Model Donat

Buat sendiri yuk kreasi tempat tidur hewan (pet bed) model donat yang unik dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya. Untuk kamu yang suka bereksperimen dan punya ketertarikan tersendiri dengan dunia menjahit kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Tempat Tidur Hewan

Tempat tidur hewan (pet bed) merupakan sejenis perlengkapan tidur hewan seperti halnya anjing, kucing dan berbagai hewan peliharaan lain yang memiliki beberapa fungsi penting untuk memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan mereka setelah seharian beraktifitas.

  • Tempat tidur hewan berguna untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi hewan untuk beristirahat dan tidur dengan nyaman.
  • Tempat tidur hewan berguna untuk membantu hewan tetap hangat terutama saat cuaca dingin.
  • Tempat tidur hewan juga berguna sebagai tempat yang memberikan rasa aman dan perlindungan bagi hewan.
  • Tempat tidur hewan yang nyaman dapat membantu mengurangi stres yang dirasakan hewan.

Tempat Tidur Hewan 

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk pilihan modelnya tempat tidur hewan (pet bed) sendiri dapat dijumpai dalam berbagai model dan ukuran yang berbeda-beda, salah satunya yakni berupa tempat tidur hewan (pet bed) model donat yang memiliki desain simple namun tetap terkesan menarik.

Membuat Tempat Tidur Hewan

Terinspirasi untuk membuat kreasi tempat tidur hewan (pet bed) model donat sendiri dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat tempat tidur hewan (pet bed) yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed) yang memiliki desain sederhana yakni model donat pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kain denim, kain kanvas, kain katun, kain linen, kain microtex, kain beludru atau kain rasfur untuk bahan utama temat tidur hewan (pet bed).
  • Dakron yang memiliki daya topang cukup baik, daya serapnya rendah dan bisa kering dengan cepat untuk isian tempat tidur hewan (pet bed).
  • Kertas dan alat tulis untuk membuat pola tempat tidur hewan (pet bed).
  • Metlin atau penggaris untuk mengukur tempat tidur hewan (pet bed).
  • Gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kapur kain untuk menandai garis jahitan pada kain (opsional).
  • Mesin jahit untuk menjahit / menyatukan bahan ctempat tidur hewan (pet bed).

2. Menentukan Ukuran

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah di sebutkan di atas, tentukan pula seberapa besar ukuran tempat tidur hewan (pet bed) yang akan kamu buat. Khusus untuk ide pembuatan tempat tidur hewan kali ini kamu bisa menggunakan ukuran berikut sebagai acuannya.

  • Ukuran untuk diameter tempat tidur hewan 70 cm.
  • Ukuran untuk tinggi tempat tidur hewan 20 cm.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ukuran tersebut hanya untuk contoh ya, kalau kamu ingin membuat tempat tidur hewan yang lebih besar atau lebih kecil juga tidak masalah.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Membuat Pola Pet Bed

Dari ukuran di atas selanjutnya buat pola tempat tidur hewan (pet bed) dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Untuk alas buat pola berbentuk lingkaran dengan diameter 70 cm.
  • Untuk dinding tempat tidur hewan buat pola berbenuk persegi panjang dengan ukuran 40 cm x 220 cm.

Tempat Tidur Hewan

4. Meletakkan Pola Pada Bahan

Letakkan pola yang sudah kamu buat ke atas kain kanvas sebagai acuan dalam memotong bahan tempat tidur hewan (pet bed). Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum menghadap ke dalam sementara ujungnya menghadap keluar.

5. Memotong Bahan Kain

Setelah semua pola di letakkan diatas bahan kain berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit, lalu potong bahan kain sesuai pola yang sudah dibuat dengan potong menggunakan gunting yang tajam.

  • Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Potong bahan kain dari bagian pola yang besar baru pola yang kecil.
  • Pada waktu dipotong usahakan agar kain tidak terangkat atau diputar.

6. Menjahit Pet Bed

Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya kamu tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain hingga membentuk tempat tidur hewan (pet bed) yang cantik.

  • Lipat bahan untuk dinding tempat tidur hewan menjadi dua bagian sama panjang dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan lalu jahit ujungnya sesuai batas kampuh.
  • Setelah dijahit, bentangkan bahan kain dengan kedua tangan lalu lipat kembali bahan tersebut menjadi dua bagian sama besar dengan posisi bagian buruknya saling berhadapan.
  • Untuk membuat alasnya, tumpuk potongan bahan yang berbentuk lingkaran dengan posisi bagian buruk keduanya saling berhadapan lalu sematkan jarum pentul di beberapa sisi kain.
  • Satukan bagian alas dengan bagian dinding tempat tidur hewan dengan jarum pentul lalu jahit sekelilingnya menjadi satu sesuai batas kampuh dengan tetap menyisakan sedikit celah untuk memasukkan dakron.
  • Selesai dijahit masukkan dakron secukupnya ke bagian alas dan bagian dinding tempat tidur hewan lalu tutup celahnya dengan jahitan lurus.
  • Untuk merapikan tepian kainnya agar tidak bertiras, obras bagian tepi sambungan alas dan dinding tempat tidur hewan.

7. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaiaan akhir balik tempat tidur hewan yang sudah kamu buat untuk melihat hasil akhirnya dan menyembunyikan jahitannya agar berada di dalam.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Lakukan juga inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tempat tidur hewan yang kamu buat.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed) yang cantik. Selain lebih menghemat pengeluaran, cara ini juga bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan tempat tidur hewan (pet bed) yang ukurannya lebih pas dengan binatang piaraan kamu.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed)?. Intip dulu koleksi Kain Denim, Kain Kanvas dan Kain Linen yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.