Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Tempat…

DIY : Membuat Kreasi Tempat Tidur Hewan (Pet Bed) Model Lipat

Kesulitan untuk menemukan tempat tidur hewan (pet bed) yang sesuai untuk anak bulu kesayangan kamu karena kalaupun ada kadang kualitasnya yang tidak sebanding dengan harganya. Gak perlu khawatir, solusinya kamu bisa membuat sendiri tempat tidur hewan yang unik dan beda dari pada yang lain. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Fungsi Tempat Tidur (Pet Bed)

Tempat tidur hewan (pet bed) merupakan sejenis perlengkapan tidur hewan yang memiliki fungsi sangat penting untuk memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi hewan untuk beristirahat, membantu hewan tetap hangat terutama saat cuaca dingin, serta membantu mengurangi rasa stres yang dirasakan hewan.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.target.com/

Untuk pilihan modelnya tempat tidur hewan (pet bed) sendiri dapat dijumpai dalam berbagai pilihan yang berbeda salah satunya yakni tempat tidur hewan model lipat yang dapat digunakan dengan dua macam cara yakni dibiarkan memanjang maupun dilipat menjadi bentuk segitiga.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.target.com/

Membuat Tempat Tidur Hewan

Terinspirasi untuk membuat kreasi tempat tidur hewan (pet bed) model lipat sendiri dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat tempat tidur hewan (pet bed) yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed) yang memiliki desain sederhana yakni model  lipat pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kain denim, kain kanvas, kain katun, kain linen, kain microtex, kain beludru atau kain rasfur untuk bahan utama tempat tidur hewan (pet bed).
  • Dakron yang memiliki daya topang cukup baik untuk isian tempat tidur hewan.
  • Kertas dan alat tulis untuk membuat pola tempat tidur hewan (pet bed).
  • Metlin atau penggaris untuk mengukur tempat tidur hewan (pet bed).
  • Gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kapur kain untuk menandai garis jahitan pada kain (opsional).
  • Mesin jahit untuk menjahit / menyatukan bahan tempat tidur hewan (pet bed).
  • Resleting jaket untuk menyatukan bagian atas tempat tidur hewan saat dilipat.

2. Menentukan Ukuran

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah di sebutkan di atas, tentukan pula seberapa besar ukuran tempat tidur hewan (pet bed) yang akan kamu buat. Khusus untuk ide pembuatan tempat tidur hewan kali ini kamu bisa menggunakan ukuran berikut sebagai acuannya.

  • Ukuran panjang tempat tidur hewan 87 cm.
  • Ukuran lebar tempat tidur hewan 52 cm.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Membuat Pola Pet Bed

Dari ukuran di atas selanjutnya buat pola tempat tidur hewan (pet bed) model lipat dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Pertama buat pola berbentuk persegi panjang dengan ukuran 87 cm x 72 cm.
  • Bagi pola menjadi tiga bagian dengan ukuran 26 cm di sisi kanan kiri dan 35 cm di bagian tengah lalu tandai dengan garis putus-putus.
  • Sementara untuk lebarnya bagi menjadi tiga masing-masing 10 cm untuk bagian atas bawah dan 52 cm di bagian tengah lalu tandai dengan garis putus-putus.

Tempat Tidur Hewan

  • Kedua buat pola berbentuk persegi panjang dengan ukuran 87 cm x 32 cm.
  • Setelahnya bagi pola menjadi tiga bagian, masing-masing 26 cm di sisi kanan kiri dan 35 cm di bagian tengah lalu tandai dengan garis putus-putus.

Tempat Tidur Hewan

Garis putus-putus pada pola tersebut perlu dibuat untuk memudahkan kamu dalam melipat dan menjahit tempat tidur hewan (pet bed).

4. Meletakkan Pola Pada Bahan

Letakkan pola yang sudah kamu buat ke atas kain sebagai acuan dalam memotong bahan tempat tidur hewan (pet bed). Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum menghadap ke dalam sementara ujungnya menghadap keluar.

5. Memotong Bahan Kain

Setelah semua pola di letakkan diatas bahan kain berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit, lalu potong bahan kain sesuai pola dengan potong menggunakan gunting yang tajam.

  • Potong bahan kain mengikuti garis kampuh yang telah dibuat sebelumnya.
  • Potong bahan kain dari bagian pola yang besar baru pola yang kecil.
  • Pada waktu dipotong usahakan agar kain tidak terangkat atau diputar.

Untuk memudahkan proses menjahitnya pindahkan juga garis-garis penanda lipatan pada pola dengan menggunakan bantuan rader dan karbon jahit. Tapi kalau tidak ada kamu bisa juga menandai bagian lipatannya dengan menggunakan kapur kain.

6. Menjahit Pet Bed

Selesai melakukan pemotongan bahan, selanjutnya jahit potongan-potongan bahan kain hingga membentuk tempat tidur hewan (pet bed) yang cantik dengan cara berikut.

  • Pertama tumpuk kain menjadi satu dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Pertemukan masing-masing tepi kain yang panjang lalu jahit sesuai batas kampuh dengan tetap menyisakan sedikit celah untuk membalik kantung dan memasukkan dakron.
  • Sekarang bentangkan kantung tempat tidur hewan yang sudah kamu jahit, lalu rapikan agar potongan kain yang lebih kecil posisinya berada tepat di bagian tengah.
  • Jika sudah pasang resleting di tiap ujung bukaan kantung tempat tidur lalu jahit dengan menggunakan sepatu jahit khusus untuk menjahit retsleting.
  • Selesai memasang resleting, sekarang balik kantung tempat tidur melalui celah yang ada supaya bagian baiknya berada di luar.
  • Masukkan dakron secukupnya melalui celah yang ada lalu tutup dengan jahitan tangan.
  • Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, kamu tinggal menjahit bagian luar tempat tidur hewan sesuai garis penanda lipatan yang ada pada bahan kain.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.groupon.com/

7. Penyelesaian Akhir

Terakhir lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tempat tidur hewan yang kamu buat.

Tempat Tidur Hewan

Sumber : https://www.groupon.com/

Kalau kamu ingin menggunakan tempat tidur hewan model lipat ini dalam bentuk memanjang kamu tinggal membentangkannya di atas lantai. Kalau ingin menggunakannya dalam model segitiga, kamu tinggal menautkan kedua sisi resleting yang ada di ujung tempat tidur hewan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed) model lipat yang bisa digunakan dengan dua macam cara yakni dibentangkan secara memanjang ataupun dilipat menjadi bentuk segitiga.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat tempat tidur hewan (pet bed)?. Intip dulu koleksi Kain Denim, Kain Kanvas dan Kain Linen yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.