Article

Homepage Article Fashion Design 8 Alasan Mengapa Kaos Kaki…

8 Alasan Mengapa Kaos Kaki Penting Untuk Kamu Miliki

Tahu ga sih selain melindungi kaki dari debu dan polusi memakai kaos kaki ternyata juga memiliki banyak manfaat lain termasuk bagi kesehatan tubuh lho. Buat kamu yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kaos Kaki

Kaos kaki merupakan sejenis pakaian dalam yang digunakan untuk menutupi bagian ujung jari kaki hingga bagian atas pergelangan kaki dan telah menjadi bagian penting dari pakaian sehari-hari yang banyak digunakan oleh orang di berbagai penjuru dunia.

Dilihat dari sejarahnya kaos kaki sendiri sebenarnya berasal dari abad ke 8 SM tapi tentu saja bentuknya tidak seperti yang sudah ada sekarang. Kala itu bahan yang digunakan pun masih sangat sederhana yaitu dengan memanfaatkan kulit binatang yang dililitkan di bagian kaki.

Kaos Kaki

Sumber : https://www.demilked.com/

Dengan ditemukannya mesin rajut oleh William Lee, kaos kaki kemudian mulai diproduksi secara masal sebagai pelengkap gaya penampilan bagi banyak orang. Sejak saat itu pula popularitas kaos kaki di daratan Eropa nyatanya semakin berkembang.

Fungsinya pun tidak hanya terbatas sebagai penghangat atau penutup kaki saja, namun kamu juga bisa menggunakan kaos kaki untuk pelengkap gaya sehari-hari yang modis dan stylish.

Kaos Kaki

Sumber : https://shopee.co.id/

Manfaat Dari Kaos Kaki

Mau tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan kaos kaki?. Selain memberikan kenyamanan saat beraktivitas berikut beberapa manfaat lain yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan kaos kaki.

1. Membuat Kaki Tetap Hangat

Kaos kaki memiliki manfaat yang sangat besar untuk melindungi kaki agar tetap hangat dan nyaman terutama saat udara dingin.

Kaos Kaki

Sumber : https://www.walmart.com/

2. Melindungi Kaki Dari Lecet

Kaos kaki bermanfat untuk melindungi kaki dari lecet atau luka karena gesekan yang terkadang dapat terjadi antara kaki dan sepatu.

  • Menggunakan kaos kaki menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghindari terjadinya lecet pada area kaki, terlebih pada saat menggunakan sepatu baru.
  • Dengan memakai kaos kaki, kulit kaki pun akan terhindar dari lecet akibat gesekan dengan dinding dan alas sepatu.

Selain mencegah gesekan, kaos kaki juga dapat difungsikan sebagai lapisan tambahan yang melindungi kulit kaki dari gigitan serangga dan iritasi lainnya.

Kaos Kaki

Sumber : https://www.walmart.com/

3. Mencegah Terjadinya Infeksi

Penggunaan kaos kaki dapat membantu melindungi kulit kaki dari kotoran, debu dan kuman yang mungkin ada di alas kaki atau lingkungan sekitar sehingga mengurangi risiko infeksi.

4. Menyerap Kelembaban Keringat

Kaos kaki berfungsi untuk menyerap kelembaban keringat yang bisa membuat kaki kamu jadi berbau tidak sedap. Tapi tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan kebiasaan mengganti kaos kaki secara teratur.

  • Kaos kaki dapat membantu menyerap keringat dan menjaga kaki tetap kering.
  • Kaos kaki dapat membantu mengurangi bau tidak sedap yang bisa muncul akibat keringat yang tertahan di kaki.

Jadi dengan menggunakan kaos kaki yang tepat dan memiliki kemampuan baik untuk menyerap keringat, perkembangan kuman dan bakteri dapat ditekan semaksimal mungkin.

Kaos Kaki

Sumber : https://www.hammacher.com/

5. Mencegah Retakan Kaki

Menggunakan kaos kaki secara rutin saat tidur dapat mencegah terjadinya retakan-retakan yang biasa muncul pada bagian tungkai dan telapak kaki. Hal ini dikarenakan kaos kaki tersebut memiliki kemampuan yang cukup baik untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kaki.

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembaban kaki dengan kaos kaki yaitu:

  • Sebelum tidur biasakan untuk mencuci kaki hingga bersih.
  • Oleskan pelembab atau body lotion ke kaki.
  • Setelahnya pakailah kaos kaki untuk membantu kulit agar beregenerasi jadi lebih cepat dan menjadi semakin halus serta lembut.

Kaos Kaki

Sumber : https://www.marksandspencer.com/

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Memakai kaos kaki saat tidur dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak di malam hari. Rasa hangat yang ditimbulkan kaos kaki juga akan memperlancar aliran darahdan membuat tubuh terasa nyaman.

  • Menggunakan kaos kaki saat tidur di malam hari dapat menghangatkan kaki, membuat tubuh lebih rileks dan melebarkan pembuluh darah yang menyempit saat kedinginan.
  • Menggunakan kaos kaki saat tidur di malam hari dapat mencegah sindrom raynaud pada jari-jari kaki.
  • Menggunakan kaos kaki saat tidur di malam hari dapat meminimalkan gejala hot flash yang ditandai dengan sensasi panas pada tubuh secara tiba-tiba.

7. Pelengkap Fashion dan Gaya

Kaos kaki juga dapat menjadi bagian dari ekspresi gaya dan mode. Berkembangnya sejumlah bentuk dan pola kaos kaki sejak tahun 1900 menjadi salah satu bukti bahwa kaos kaki mulai dipandang sebagai aksesoris untuk mendukung penampilan berbusana.

Kaos Kaki

Sumber : https://www.ebay.com/

Beberapa orang juga menggunakan kaos kaki di dalam rumah untuk menjaga kaki tetap hangat atau sebagai bagian dari mode pribadi.

8. Melindungi Sepatu Kamu

Kaos kaki dapat membantu melindungi sepatu dari paparan keringat dan kotoran yang dapat merusak bahan sepatu atau menyebabkan bau yang tidak sedap pada sepatu.

Simak juga DIY : Tutorial Membuat Kaos Kaki Jumputan Dengan Bahan Pewarna Sederhana.

Tips Memilih Kaos Kaki

Untuk mencapai manfaat yang optimal pastikan kamu selalu memilih ukuran kaos kaki yang pas dan berkualitas baik dari segi bahan.

  • Saat cuaca dingin kamu bisa memilih kaos kaki panjang yang tebal dan didesain hingga di atas pergelangan kaki atau bahkan hingga bagian bawah lutut.
  • Saat cuaca panas kamu bisa memilih kaos kaki pendek yang lebih tipis dan biasanya hanya menutupi bagian tumit, pergelangan kaki, atau sebagian bawah pergelangan kaki.

Selain itu usahakan untuk selalu memilih kaos kaki yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang hendak kamu lakukan.

  • Untuk menjaga kaki agar tetap kering selama melakukan aktivitas olahraga misalnya, pilihlah kaos kaki yang memang dirancang khusus untuk olahraga.
  • Sementara untuk dalaman sepatu formal pilihlah kaos kaki yang tidak terlalu tebal dan sesuai untuk acara formal.

Kesimpulan

Itu dia pembahsan singkat mengenai sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan kaos kaki. Dengan mengetahui banyaknya manfaat dan tips memilih kaos kaki yang tepat sesuai dengan kebutuhan, semoga wawasan kamu jadi makin bertambah ya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kaos kaki yaitu terapkan kebiasaan rutin mencuci dan mengganti kaos kaki yang dirasa sudah kotor dengan kaos kaki yang lebih bersih untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kaki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.