Article

Homepage Article Kain Ciri Khas Kain Blacu Kanvas…

Ciri Khas Kain Blacu Kanvas Terpal dan Pemanfaatannya

Mencari bahan kain berkualitas yang cocok dipakai untuk membuat tas, topi, media gambar maupun kerajinan lainnya?. Sebagai referensi mungkin anda bisa memilih bahan blacu kanvas terpal yang terkenal tebal, kuat dan agak kaku sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel diantaranya:

Sekilas Kain Blacu Kanvas Terpal

Bahan blacu kanvas terpal merupakan produk setengah matang dari kain kanvas yang memiliki tekstur lebih tebal diantara bahan blacu kanvas yang lainnya. Selain lebih tebal, kain blacu kanvas terpal ini umumnya juga cenderung lebih kuat dan agak kaku.

Kain Blacu Kanvas Terpal

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Kain Blacu Kanvas Terpal

Untuk karakteristik bahannya sendiri kain blacu kanvas terpal ini bisa dibilang berbeda jauh dengan kain blacu kanvas yang lainnya, baik dari segi tekstur kain maupun dari segi feelnya. Beberapa karakteristik paling khas dari kain blacu kanvas terpal diantaranya:

1. Tidak Mudah Sobek

Kain blacu kanvas terpal termasuk ke dalam golongan kain yang memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah sobek. Jadi produk yang dibuat dari kain blacu kanvas terpal ini secara otomatis jadi lebih awet.

2. Cenderung Agak Kaku

Ciri lain yang membedakan kain blacu kanvas terpal dengan bahan blacu kanvas yang lain yaitu kainnya cenderung agak kaku.

3. Bahannya Cukup Kasar

Kain blacu kanvas terpal memiliki karakteristik cukup kasar karena pada dasarnya kain ini termasuk ke dalam jenis kain unfinished atau biasa disebut grey (greige).

4. Bahannya Lebih Tebal

Kain blacu kanvas terpal lebih tebal jika dibanding bahan kanvas lainnya, jadi tidak mengherankan jika kain ini memiliki sifat kuat dan sangat tahan lama.

5. Warnanya Sangat Khas

Kain blacu kanvas terpal mempunyai warna yang khas yakni berupa putih tulang atau cenderung kecoklatan karena belum diproses finising seperti proses celup warna.

6. Bahannya Bisa Disablon

Kain blacu kanvas terpal bisa disablon supaya tampilannya jadi makin menarik. Adapun jenis tinta yang dapat dipakai untuk membuat sablon pada kain blacu kanvas terpal antara lain berupa tinta plastisol, tinta rubber dan tinta extender.

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai Tinta Sablon Yang Sesuai Untuk Tas Kanvas.

Pemanfaatan Kain Blacu Kanvas Terpal

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain blacu kanvas terpal sendiri sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti tas, kanvas gambar, kerajinan lainnya yang membutuhkan ketebalan lebih.

1. Tas

Kain blacu kanvas terpal sangat cocok dipakai untuk membuat tas karena memiliki karakteristik bahan yang kuat dan tidak mudah sobek. Untuk pilihan modelnya tas yang dibuat dari bahan inipun cukup banyak, mulai dari tote bag, backpack hingga rucksack.

  • Totebag merupakan salah satu jenis tas jinjing berbentuk kotak yang dilengkapi dengan pegangan di bagian atasnya.

Kain Blacu Kanvas Terpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Backpack termasuk ke dalam jenis tas punggung yang biasanya dilengkapi dengan resleting sebagai penutup.

Kain Blacu Kanvas Terpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Sementara rucksack merupakan tas punggung yang memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut.

Kain Blacu Kanvas Terpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan memanfaatkan kain blacu kanvas terpal sebagai bahan utamanya tas yang dihasilkan pastinya jadi lebih awet dan tahan lama.

2. Kanvas Gambar

Berikutnya kain blacu kanvas terpal bisa juga dimanfaatkan sebagai kanvas gambar. Tekstur kainnya yang kaku membuat kain blacu kanvas terpal ini sering digunakan untuk membuat lukisan berukuran besar.

Kain Blacu Kanvas Terpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jika anda menginginkan media lukis dengan permukaan yang halus jangan lupa lapisi permukaannya dengan gesso.  Fungsi utama gesso ini yaitu menutupi rongga atau pori-pori kain supaya cat tidak mudah tembus ke belakang kain kanvas.

  • Gesso tidak hanya melindungi kanvas dari kerusakan, tetapi juga membuat permukaan kanvas menjadi lebih halus.
  • Dengan adanya gesso, proses mengoleskan cat lukis pada kanvas menggunakan kuas pun terasa lebih mudah.

Untuk membuat lapisan kanvas terlihat halus aplikasikan gesso dengan teknik layering agar gesso terlihat lebih rata.

  • Pastikan setiap layer benar-benar kering sebelum dilapisi layer lainnya.
  • Teknik ini juga dapat diterapkan untuk mencegah gesso menjadi pecah-pecah di kemudian hari.

3. Topi

Selain dipakai untuk membuat tas dan kanvas gambar, kain blacu kanvas terpal juga cocok digunakan untuk membuat topi yang berkualitas karena karakteristik kainnya tebal, kaku dan awet. Salah satu topi yang bisa dibuat dari bahan ini yaitu berupa bucket hat.

  • Bucket hat merupakan sejenis topi yang memiliki desain cukup unik seperti layaknya bucket atau ember.
  • Dengan desainnya yang simple bucket hat bisa diandalkan untuk melindungi kepala dari paparan panas matahari, debu dan kotoran lainnya.

Kain Blacu Kanvas Terpal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain blacu kanvas terpal dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Butuh bahan kain blacu kanvas terpal berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Blacu Kanvas Terpal yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.