Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Mudah Membuat Cardigan…

Cara Mudah Membuat Cardigan Low Budget Dari Sweater Bekas

Punya sweater bekas yang sudah lama tidak terpakai padahal dari segi warna dan kualitas bahannya masih tergolong bagus?. Dari pada dibiarkan menganggur dan menumpuk di almari pakaian, lebih baik ubah sweater tersebut menjadi cardigan yang unik dan lucu yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Cardigan

Cardigan dapat dikategorikan ke dalam jenis outer yang tidak hanya cocok dipakai untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin namun bisa juga dipakai untuk pelengkap gaya penampilan yang stylish, terlebih pilihan modelnya sangat bervariasi.

Untuk pilihan modelnya, cardigan sendiri umumnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi desain  tapi secara garis besar dapat dibedakan dalam dua kategori yakni cardigan yang dibuat dengan tambahan kancing ataupun tanpa kancing.

  • Cardigan yang dilengkapi dengan kancing cocok dipakai untuk gaya penampilan semi formal maupun casual.
  • Sedangkan cardigan tanpa kancing yang identik dengan gaya casual kurang cocok dipakai untuk keperluan semi formal.

Kreasi Cardigan Dari Sweater

Tertarik untuk membuat kreasi cardigan sendiri tapi masih bingung harus memilih jenis kain yang seperti apa untuk bahan dasarnya?. Tanpa harus membeli bahan kain lagi sebenarnya kamu bisa lho membuat cardigan low budget dengan memanfaatkan sweater bekas yang masih layak pakai.

Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang tahap-tahap yang harus dilakukan dalam pembuatan cardigan dari sweater bekas, simak tutorial berikut yuk.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Pertama siapkan sejumlah alat dan bahan yang sekiranya diperlukan untuk menjahit cardigan menjadi sweater. Alat dan bahan yang dimaksud antara lain terdiri dari mesin jahit, gunting, setrika, metlin (pita ukur), pensil, sweater bekas  dan interfacing.

Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

2. Melipat Sweater

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas, sekarang bentangkan sweater di atas meja dengan posisi bagian depan sweater berhadapan dengan permukaan meja. Jika sudah selanjutnya lipat sweter menjadi dua bagian sama besar (kanan dan kiri).

Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

3. Memotong Sweater

Potong lurus bagian tengah sweater mulai dari bagian atas (garis leher) sampai bagian ujung bawah sweater dengan menggunakan gunting yang tajam. Dalam hal ini pastikan kamu hanya memotong lapisan depan sweter saja.

Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

4. Mengukur Bukaan Sweater

Dengan menggunakan metlin, ukur seberapa panjang jarak antara titik tengah garis leher depan dan ujung bawah bukaan sweater. Ukuran ini nantinya bisa kamu pakai sebagai acuan dalam menentukan panjang interfacing yang diperlukan pada cardigan.

  • Interfacing sendiri merupakan lapisan yang biasa ditambahkan untuk membuat pakaian menjadi keras dan kaku.
  • Penggunaan interfacing juga bertujuan membentuk bagian tertentu pakaian agar lebih awet dan tahan lama.

5. Memotong Interfacing

Jika sudah selanjutnya potong dua lembar interfacing yang berukuran sama. Untuk panjangnya sesuaikan dengan hasil pengukuran yang kamu dapatkan. Sementara untuk lebarnya tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, misal dalam ukuran 1 inchi (2.5 cm).

6. Memasang Interfacing

Pasang masing-masing satu strip interfacing pada bagian bukaan depan sweater, dengan posisi bagian buruk sweater berhadapan dengan bagian interfacing yang ada perekatnya. Jika sudah setrika interfacing agar menempel pada sweater.

Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

7. Menjahit Bukaan Sweater

Langkah selanjutnya lipat bukaan depan sweater sebanyak satu kali ke arah dalam kemudian tindas ujung lipatannya dengan menggunakan mesin jahit. Biar hasilnya lebih rapi sebaiknya sesuaikan besar lipatan sweater dengan lebar interfacing yang terpasang.

Kreasi Cardigan Dari Sweater Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

Jika memungkinkan, kamu pun bisa melipat bukaan depan sweater sebanyak dua kali baru kemudian menindas ujung lipatannya dengan mesin jahit. Cara ini cocok diaplikasikan kalau ukuran sweater yang kamu miliki cukup longgar atau cenderung oversized.

Tapi kalau sweater yang kamu miliki ternyata cenderung pas badan, maka kamu juga bisa menambahkan pita ke setiap tepi potongan sweater alih-alih melipatnya. Untuk mencoba trik yang satu ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan pita yang cukup lebar, misalnya saja pita dengan ukuran 1 inchi (2.5 cm).
  • Pasang pita pada tepi potongan sweater dengan posisi bagian baik pita berhadapan dengan bagian baik sweater kemudin jahit keduanya dengan jarak 0.5 cm.
  • Terakhir lipat pita ke bagian dalam sweater lalu tindas ujungnya dengan mesin jahit.

Kreasi Cardigan Dari Sweater Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

8. Memasang Kancing

Selesai menjahit bukaan sweater, sekarang kamu bisa menambahkan kancing di sisi kiri cardigan sementara untuk lubang kancingnya di sisi kanan. Namun kalau kamu lebih suka cardigan yang modelnya terbuka kamu bisa melewati tahap ini.

Kreasi Cardigan Dari Sweater

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

Untuk pilihan modelnya beberapa jenis kancing yang cocok digunakan untuk cardigan antara lain berupa:

  • Kancing lubang atau kancing bermata yang memiliki lubang pada bagian badannya (ada yang  lubangnya dua, ada yang empat). Ukuran kancing ini bervariasi mulai yang kecil hingga besar.
  • Kancing berkaki yang mempunyai kaki atau tempat untuk memasukkan benangnya ada pada bagian bawah kancing.

Simak juga 7 Variasi Kancing Baju Lengkap Dengan Tutorial Menjahit Yang Mudah Dipahami.

Sementara untuk membuat lubang kancing secara otomatis gunakan saja Sepatu Menjahit Lubang Kancing (Automatic Buttonhole Foot) yang memang didesain khusus untuk membuat lubang kancing. Dengan sepatu ini, ukuran lubang kancing yang ingin dibuat dapat diukur secara otomatis dengan cara meletakkan kancing di bagian belakang sepatu.

Sampai di sini proses pembuatan cardigan dari sweater bekas sudah selesai dilakukan dan kamu pun langsung menggunakannya sebagai pelengkap gaya sehari-hari.

Untuk cara stylingnya sendiri bebas, kamu bebas mau memakai cardigan ini dengan cara mengaitkan seluruh kancingnya, mengaitkan sebagian kancing dan membiarkan sebagian lainnya terbuka atau membiatkan semua bangain kancingnya terbuka.

Kreasi Cardigan Dari Sweater Kreasi Cardigan Dari Sweater 

Sumber : https://www.peekaboopages.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk membuat cardigan dari sweater bekas. Dengan menerapkan sejumlah trik sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu pun bisa sedikit berhemat karena tidak perlu membeli bahan kain baru untuk membuat cardigan.

Simak juga 8 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Cardigan Kekinian kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis bahan kain yang cocok digunakan untuk membuat cardigan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.