Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Variasi Kancing Baju Lengkap…

7 Variasi Kancing Baju Lengkap Dengan Tutorial Menjahit Yang Mudah Dipahami

Kancing baju dapat dikategorikan sebagai salah satu pelengkap pakaian yang sangat populer. Terbukti kancing baju ini bisa dengan mudah ditemukan pada hampir semua baju yang membutuhkan penutup belahan. Meski terkesan agak rumit kegitan menjahit kancing baju sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan lho asalkan anda sudah tahu caranya.

Pengertian Kancing

Kancing merupakan sebuah alat kecil berbentuk pipih dan bundar, bulat, persegi, maupun segitiga yang biasa dipasangkan dengan lubang kancing untuk menyatukan dua helai kain yang bertumpukan. Selain difungsikan sebagai penutup belahan sebenarnya kancing juga dapat dipakai untuk hiasan pakaian.

Trend pemakaian kancing sebagai hiasan sendiri dapat dikreasikan dengan berbagai macam model yang lebih variatif. Tidak hanya terbatas diposisi di tengah muka saja namun kancing juga biasa dikreasikan sebagai pemanis lengan pakaian, saku, belahan baju bagian tengah belakang, dan bagian lainnya.

Kancing juga bisa diaplikasikan pada item pendukung fashion seperti misalnya sepatu, tas, topi, dan lain-lain. Sedangkan untuk keperluan rumah tangga kancing dapat dimanfaatkan untuk penghias barang-barang interior seperti halnya kap lampu dan lain sebagainya.

Sejarah Singkat Kancing

Kancing yang kita kenal saat ini konon sudah mulai digunakan sebelum manusia mengenal tulisan. Hanya saja penggunaan kancing sebagai penutup pakaian baru populer sekitar tahun 1200-an ketika orang mulai gemar mengenakan jubah longgar. Sebelum ada kancing manusia cukup mengenakan ikat pinggang atau peniti.

Bukti tertua penggunaan kancing oleh manusia ditemukan berasal dari peradaban Lembah Indus di Mohenjo Daro pada tahun 2000 SM. Kancing yang ditemukan tersebut konon dibuat dari cangkang kerang yang dilubangi sehingga dapat dijahit di pakaian dengan benang.

Penggunaan kancing beserta rumah kancing sebagai penutup belahan pakaian, pertama kali diperkenalkan di Jerman pada abad ke-13. Seiring berjalannya waktu, pemakaian kancing ini mulai meluas bersamaan dengan kepopuleran busana yang pas badan pada abad ke-13 dan ke-14 di Eropa.

Berlanjut ke abad 17 dulu pakaian berkancing hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Dengan latar belakang kebiasaan cara berpakaian yang tidak sama yakni pria biasa memakai baju sendiri sedangkan wanita selalu dibantu oleh para pelayan, posisi kancing baju pria dan wanita pun akhirnya dibuat berbeda.

Perbedaan Posisi Kancing Kemeja Pria dan Wanita dapat dilihat dari penempatan lubang kancing dan kancingnya.  

  • Lubang kancing pakaian wanita ada di sebelah kanan sedangkan kancingnya dipasang di sisi kiri.
  • Lubang kancing pakaian pria ada di sebelah kiri sedangkan kancingnya berada di sisi kanan.

Jenis-Jenis Kancing

Berdasarkan desain dan tujuan pamakaiannya jenis kancing yang biasa digunakan untuk menutup belahan pakaian pada prinsipnya dapat dikelompokkan kedalam beberapa varian. Beberapa diantaranya yaitu kancing lubang atau kancing bermata, kancing jepret, kancing bungkus, kancing sengkelit, kancing cina, kancing berkaki, dan kancing hak.

Supaya dapat difungsikan secara maksimal, beberapa jenis kancing tersebut umumnya memiliki pasangan yang dikenal dengan nama lubang kancing. Lubang kancing pada sebuah pakaian dapat dibuat dengan cara melubangi bahan kain kemudian bagian tepi dari lubang tersebut dijahit dengan menggunakan jarum tangan atau bantuan mesin jahit.

1. Kancing Lubang

Kancing lubang atau kancing bermata merupakan jenis kancing yang memiliki lubang pada bagian badannya. Jenis kancing ini ada yang memiliki lubang dua dan ada yang empat, biasanya di permukaan kancing terdapat lubang-lubang tempat lewat jalur benang jahitan. Ukuran kancing ini bervariasi mulai yang kecil hingga besar.

Kancing Lubang Dua

Kancing

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Kancing Lubang Empat

Kancing

Sumber : https://pxhere.com/

2. Kancing Tekan

Kancing tekan atau kancing jepret merupakan jenis kancing yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian cembung dan bagian cekung. Kancing jenis ini ada yang terbuat dari bahan besi atau stainlesteel dan ada juga yang terbuat dari plastik.

Hak tekan ada dua macam yakni berukuran kecil atau kancing kait dan berukuran besar.

a. Kancing tekan besar umumnya bisa dengan mudah dijumpai pada jaket. Kedua bagian kancing jepret akan mengunci bila ditekan dan terlepas bila ditarik. 

Kancing

Sumber : http://www.kaskus.co.id/

b. Kancing tekan kecil biasa dipakai pada kebaya atau baju wanita lainnya. Kancing ini terdiri dari dua bagian. Satu bagian mempunyai tombol dan tipis dan yang satu lagi mempunyai lubang tetapi tidak tembus sampai ke belakangnya. 

Kancing

Sumber : https://www.aliexpress.com/

3. Kancing Bungkus

Kancing bungkus termasuk kedalam salah satu jenis kancing dekoratif yang dapat digunakan untuk menutup belahan pakaian dsekaligus membuat tampilan pakaian itu sendiri menjadi lebih bagus dan menarik.

Kancing

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

4. Kancing Sengkelit

Kancing sengkelit merupakan jenis kancing pakaian yang dipasangkan dengan rumah kancing berupa sengkelit dari lipatan kain. Kain tidak dilubangi untuk lubang kancing sehingga sesuai untuk kain tipis.

Kancing

Sumber : http://www.japanesesewingbooks.com/

5. Kancing Cina

Kancing cina merupakan jenis kancing pakaian yang kancing dan rumah kancingnya dibuat dari simpul-simpul tali koor. Semacam tali yang memiliki permukaan halus dan berkilau, jika dipotong ujungnya tidak mudah hancur dan terlepas (bertiras).

Kancing

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Kancing Berkaki

Kancing berkaki merupakan jenis kancing pakaian yang banyak digunakan pada busana wanita sebagai penutup belahan atau sekedar hiasan, terbuat dari logam dan plastik. Bentuknya mempunyai kaki atau tempat memasukkan benang pada bagian bawah kancing.

Kancing

Sumber : http://www.labelsmfg.com/

7. Kancing Hak

Kancing hak merupakan jenis kancing pakaian yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian penyangkut dan bagian sangkutan. Hak ini ada dua macam yakni berukuran kecil atau kancing kait dan berukuran besar.

a. Kancing hak kecil biasa digunakan sebagai pengancing bra, longtorso, dan untuk penahan belahan yang dipasangkan pada akhir pemasangan zipper. 

Kancing

Sumber : https://www.etsy.com/

b. Kancing hak berukuran besar dipasang pada ban pinggang rok atau celana. Di pasaran kancing hak sendiri pada prinsipnya tersedia dalam dua macam varian, yakni berupa kancing hak ketok dan kancing hak jahit.

  • Kancing hak ketok pemasangannya harus di ketok menggunakan palu, tang, obeng atau benda keras lainnya. Kancing ini banyak digunakan untuk kait celana pria.
  • Kancing hak jahit pemasangannya harus dijahit secara manual menggunakan jarum jahit tangan. Kancing hak ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian penyangkut dan bagian sangkutan.

Kancing

Sumber : http://photobucket.com/

Cara Memasang Kancing

Pemasangan kancing pada busana merupakan langkah terakhir dalam penyelesaian busana. Berdasarkan alat yang digunakan cara pemasangan kancing pada pakaian sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu jahitan tangan dan mesin jahit.

a. Cara memasang kancing dengan menggunakan jahitan tangan umumnya memakan waktu pengerjaan yang lebih lama namun hasilnya dijamin lebih kuat.
b. Cara memasang kancing dengan menggunakan mesin jahit umumnya memakan waktu pengerjaan yang lebih cepat, tetapi hasilnya kurang kuat dibanding kancing yang dipasang dengan jahitan tangan.

Supaya kancing yang diaplikasikan pada pakaian tampak serasi, kancing mestinya dipilih dan dipasang menggunakan benang yang sama atau senada dengan warna busana. Buat anda yang penasaran mengenai bagaimana cara pemasangan kancingnya anda bisa mengikuti tutorial berikut.

1. Cara Memasang Kancing Lubang Dua dan Lubang Empat

a. Cara Memasang Kancing Lubang Dua

  • Untuk memasang kancing lubang dua mula-mula tentukan terlebih dahulu letak kancingnya.
  • Buat tusuk awal dengan menyisipkan ujung benang di antara dua kain dan membuat satu atau dua tusukan kecil sebagai penguat.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Tusukkan jarum jahit melalui kancing sampai menembus ke dalam kain, lakukan beberapa kali lilitan.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Belit-belitkan benang pada bagian bawah kancing lalu selesaikan pada bagian buruk dengan trens.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

b. Cara Memasang Kancing Lubang Empat

  • Untuk memasang kancing lubang empat mula-mula tentukan terlebih dahulu letak kancingnya.
  • Buat tusuk awal dengan menyisipkan ujung benang di antara dua kain dan membuat satu atau dua tusukan kecil sebagai penguat.

Kancing

Sumber : https://diyprojects.com/

  • Tusukkan jarum jahit melalui kancing sampai menembus ke dalam kain, lakukan beberapa kali lilitan.

Kancing

Sumber : https://diyprojects.com/

  • Belit-belitkan benang pada bagian bawah kancing lalu selesaikan pada bagian buruk dengan trens.

Kancing

Sumber : https://diyprojects.com/

Kancing

Sumber : https://diyprojects.com/

2. Cara Memasang Kancing Tekan

a. Cara Memasang Kancing Tekan Besar

Dalam proses pemasangan kancing tekan pada jaket secara manual alat yang dibutuhkan adalah satu set alat untuk memasang kancing dan juga palu.

Kancing

Sumber : http://zippiezipper.blogspot.com/

Kancing

Sumber : http://www.17.com.my/

Cara memasangnya, pertama-tama letakkan bagian A dibawah kain, kemudian pasangkan bagian B diatasnya. Selanjutnya tekan tepat dibagian tengahnya dengan alat yang sudah disediakan. Pukul dengan palu untuk memastikan bagian ini menyatu dengan kuat.

Kancing

Sumber : http://www.17.com.my/

Selanjutnya letakkan bagian C dibawah kain dan pasangkan bagian D tepat diatasnya. Kemudian tekan tepat dibagian tengahnya dengan alat yang sudah disediakan. Pukul dengan palu untuk memastikan bagian ini menyatu dengan kuat.

Kancing

Sumber : http://www.17.com.my/

Hasil akhir dan ketepatan dalam pemasangan kancing sangat berpengaruh terhadap kualitas jaket yang dihasilkan.

b. Cara Memasang Kancing Tekan Kecil (Kancing Jepret)

  • Teknik dasar menjahit kancing tekan dapat dimulai dengan membuat tusukan pada tanda letak kancing.
  • Pasangkan kancing yang timbul dengan tusuk balut atau tusuk feston berkepala, setiap lubang dibuat 3-5 tusukan. Usahakan hasil tusukan tidak tembus ke bagian baik kain.
  • Tekankan bagian kancing yang timbul pada tempat kancing pipih akan dipasangkan.
  • Pasangkan kancing pipih seperti pada pemasangan kancing yang timbul.

Kancing

Sumber : http://byhandlondon.com/

3. Cara Memasang Kancing Bungkus

  • Untuk memasang kancing bungkus, tentukan terlebih dahulu dimana letak kancing akan dipasang dengan memberi tanda menggunakan benang yang disisipkan.
  • Tusukkan jarum jahit melalui kain dan tangkai kancing, tusukkan kembali ke dalam kain. Lakukan beberapa kali tusukan.
  • Lilitkan benang pada bagian tangkai kancing bungkus. Kemudian selesaikan jahitan anda pada bagian buruk kain trens.

Kancing

Sumber : https://indonesia.forwiki.co/

Cara pemasangan kancing bungkus ini juga bisa diterapkan untuk memasang kancing berkaki atau kancing bertangkai pada pakaian.

4. Cara Memasang Kancing Sengkelit

Cara memasang kancing sengkelit sebenarnya sangat mudah yang susah itu cara membuat rumah kancingnya. Oleh sebab itu sebelum memasang kancing sengkelit buat dulu tali sengkelit dari kain serong.

  • Siapkan kain serong yang sudah dipotong sesuai dengan kebutuhan.
  • Lipat potongan kain serong menjadi 2 bagian dengan posisi bagian baiknya berada didalam lipatan lalu jahit lipatan kain tersebut dengan lebar kira 0,3 atau 0,4 cm dari bagian tepinya
  • Pada ujung yang satu diikatkan benang, sebagai penarik untuk membalik kampuh serong tadi.
  • Dengan bantuan jarum balik sengkelitnya.

Selesai membuat tali sengkelit selanjutnya potong sengkelit sepanjang diameter kancing. Lengkungan dan pasang pada tempat kancing. Pemasangan sengkelit dapat diatur jaraknya tergantung kebutuhan.

Kancing

Sumber : http://www.japanesesewingbooks.com/

5. Cara Memasang Kancing Cina

  • Untuk memasang kancing cina mula-mula tandai dulu letak kancingnya.
  • Pasangkan kancing tepat pada letak kancing.
  • Semat kedua kancing dengan jarum pentul agar tidak bergeser letaknya.
  • Lepaskan buhul dari kaitannya kemudian lekatkan atau jahit kancing pada kain menggunakan teknik dasar menjahit tusuk balut pada beberapa tempat.
  • Selain menggunakan tusuk balut anda juga bisa menjahitnya dengan tusuk jelujur yang rapat.

Kancing

Sumber : http://www.japanesesewingbooks.com/

6. Cara Memasang Kancing Berkaki

  • Untuk memasang kancing bertangkai, tentukan terlebih dahulu dimana letak kancing akan dipasang dengan memberi tanda menggunakan benang yang disisipkan.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Tusukkan jarum jahit melalui kain dan tangkai kancing, tusukkan kembali ke dalam kain. Lakukan beberapa kali tusukan.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Lilitkan benang pada bagian tangkai kancing beberapa lilitan sehingga kancing dapat berdiri tegak.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

  • Benang yang tembus pada bagian buruk kain diselesaikan dengan tusuk feston, terakhir beri tusuk penguat.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

7. Cara Memasang Kancing Hak

a. Cara Memasang Kancing Hak Kecil

Kancing hak kecil ini umumnya terdiri dari dua komponen utama yakni berupa hook (kaitan) yang memiliki bentuk melengkung dan eye (mata kait) yang memiliki bentuk  melingkar dengan lubang pada kedua sisinya.

  • Mula-mula pasangkan kait (hook) pada salah satu ujung belahan kemudian selesaikan dengan tusuk feston berkepala (tusuk lubang kancing) pada sekeliling lubang kaitan. Tambahkan tusuk balut sebagai penguat pada bagian tengah kaitan.

Kancing

Sumber : http://whafi.com/

  • Dengan cara serupa pasangkan mata kaitan (eye) pada ujung belahan pakaian yang lainnya dengan tusuk feston berkepala.

Kancing

Sumber : http://whafi.com/

  • Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Kancing

Sumber : http://whafi.com/

Pada beberapa kasus mata kaitan (eye) ini bisa juga diganti dengan rentangan benang yang dililit tusuk feston (trens). Untuk mengetahui cara pembuatannya anda bisa menyimak kembali pembahasan mengenai 5 Langkah Mudah Membuat Kaitan Kutu Babi Pada Pakaian.

Kancing

Sumber : https://www.craftsy.com/

b. Cara Memasang Kancing Hak Besar

  • Siapkan kancing kait yang bentuknya lurus.
  • Letakkan kancing kait yang lurus di atas ban bagian kiri (untuk rok bukaan belakang), siap dijahit.
  • Gunakan benang  jahit rangkap dua masukkan ke lubang jarum lalu ujung benang ditali simpul. Mulailah menjahit dari arah dalam masukkan jarum ke lubang kancing kait lurus.
  • Tarik benang masukkan jarum ke arah bawah dan keluar lagi lewat lubang kancing, begitu seterusnya lakukan 3 hingga 4 kali.
  • Selanjutnya masukkan jarum ke dalam ban, sejajarkan di bawah kancing lalu keluarkan jarum di bawah lubang satunya.
  • Setelah penjahitan selesai masukkan jarum ke bagian dalam bam di bawah kancing.
  • Lalu tusukkan jarum secara horizontal pada ban dalam unruk membuat tali simpul mati.
  • Sekarang saatnya memasang kancing kait segitiganya.
  • Pasang kancing kait segitiga di bagian dalam ban (ban pinggang sebelah kanan).
  • Dengan jarum yang sama jahit ikat kancing kait segitiganya. Caranya hampir sama dengan teknik dasar menjahit kait yang ada di kanan ban pinggang.
  • Kancing kait sudah terpasang.

Kancing

Sumber : https://www.youtube.com/

Jika kancing hak besar yang anda pakai merupakan kancing hak ketok, maka kancing hak ketok justru harus dipasang pada bagian ujung ban pinggang yang belum selesai di jahit dengan bagian utama pakaian.

Sekedar tambahan, jika anda ingin membuat pakaian dengan produksi massal, sebaiknya cara pasang kancingnya lebih baik menggunakan mesin jahit. Tapi kalau untuk usaha jahit yang memproduksi pakaian dalam bentuk satuan berdasarkan pesanan, cara pasang kancing baju lebih baik menggunakan jahitan tangan.

Supaya tangan anda tidak tertusuk jarum usahakan untuk selalu berhati-hati saat melakukan proses pemasangan kancing. Jika anda menjahit kain yang tebal, gunakanlah bantuan Bidal untuk menekan jarum sekaligus melindungi jari tangan anda.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah kancing, jenis-jenis kancing beserta cara untuk memasang tiap-tiap kancing yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.