Article

Homepage Article Kain Aplikasi Kain Satin Velvet…

Aplikasi Kain Satin Velvet Untuk Furing Busana Berbahan Brokat dan Tile

Selain digunakan sebagai bahan utama pembuatan hijab, gamis, dress, blus, tunik dan rok, kain satin velvet bisa juga digunakan sebagai furing brokat ataupun tile lho. Simak pembahasan selengkapnya yuk...

Mencari alternatif bahan kain yang halus, lembut, tidak mudah kusut dan memberi kesan mewah untuk furing kain brokat maupun kain tile?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin kamu bisa memilih kain satin velvet yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan dasarnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Satin Velvet

Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis kain dari keluarga satin yang dibuat dari bahan dasar serat poliester. Sesuai dengan namanya kini inipun secara umum ditenun menggunakan teknik anyaman satin sehingga pada salah satu permukaannya terlihat mengkilap, halus, rapat dan juga dapat memantulkan cahaya.

Selain digunakan sebagai bahan utama pembuatan hijab, gamis, dress, blus, tunik dan rok, bahan kain satin velvet ini pada prinsipnya juga sangat cocok digunakan sebagai furing / pelapis bagian dalam busana yang bahan dasarnya cenderung menerawang atau tembus pandang seperti brokat ataupun tile lho.

Pemanfaatan Satin Velvet Untuk Furing

Pada busana wanita keberadaan kain furing sendiri tak hanya berfungsi untuk menutupi jahitan, lipatan atau tampilan di bawah permukaan kain utama supaya tampak rapi. Tapi furing yang dibuat dari kain satin velvet umumnya juga memiliki segudang manfaat lain.

Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari penggunaan kain furing satin velvet pada busana berbahan kain brokat dan kain tile diantaranya:

  • Melapisi kain brokat dan kain tile agar tampilannya jadi lebih sopan, elegan dan mewah.
  • Menonjolkan motif dan warna yang ada pada  kain brokat dan kain tile.
  • Menyerap keringat yang keluar dari kulit sehingga tidak langsung mengenai kain brokat dan kain tile.
  • Mengurangi gesekan langsung antara kain brokat dan kain tile dengan kulit sehingga umur pakaian menjadi lebih panjang dan kulit pun tidak terasa gatal.
  • Melindungi kulit agar tidak bersentuhan langsung dengan kain brokat dan kain tile sekaligus mencegah terjadinya iritasi saat kulit berkeringat.
  • Menghasilkan sentuhan lembut dan licin sehingga menjadikan busana lebih mudah untuk dilepas atau dikenakan.

Sementara untuk aplikasinya pada busana wanita, beberapa contoh busana berbahan brokat dan tile yang dapat diberi furing kain satin velvet antara lain berupa:

1. Kebaya Modern

Pertama ada kebaya modern yang dapat dijadikan sebagai outfit andalan saat wisuda, kondangan dan juga lamaran. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis kebaya yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kebaya modern model lengan puff yang bentuk lengannya mengembang dan memiliki aksen kerut pada bagian bahu, bagian bawah atau keduanya.
  • Kebaya modern model peplum yang memiliki aksen mengembang di bagian pinggang ke bawah.
  • kebaya modern yang dilengkapi dengan kerah shanghai alias kerah bermodel tegak.
  • Kebaya modern model kutu baru yang memiliki ciri khas berupa tambahan kain di bagian tengah.
  • Kebaya modern model sabrina yang memiliki potongan terbuka di bagian bahu.

Furing Satin Velvet

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Dress Wanita

Kedua ada dress wanita yang dirancang dalam bentuk terusan yang melingkar di sekitar tubuh dan dapat memberi kesan feminim pada pemakainya. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis dress yang dimaksud antara lain berupa:

  • Maxi dress yang bersifat serbaguna dan cocok digunakan untuk pelengkap penampilan pada acara pernikahan formal.
  • A-Line dress yang memiliki siluet atau potongan sangat khas seperti huruf A.
  • Shift dress dengan potongan lurus yang biasanya memiliki panjang sekitar diatas lutut dan desainnya tidak terlalu rumit.
  • High low dress yang memiliki potongan berbeda pada bagian depan dan belakang, umumnya bagian belakang yang lebih panjang dari pada bagian depan.

Furing Satin Velvet

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Blus Wanita

Ketiga ada blus wanita yang memiliki berbagai macam bentuk dan desain, mulai dari yang longgar hingga yang ketat, dengan lengan panjang atau pendek dan beberapa juga dilengkapi dengan bagai jenis kerah atau tanpa kerah.

Furing Satin Velvet

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Tunik

Keempat ada tunik dari kain brokat dan kain tile yang biasa dibuat dalam ukuran panjang sebatas lutut atau sampai betis. Dengan tampilannya yang mewah dan elegan, tunik yang dibuat dari bahan ini sangat cocok diandalkan sebagai baju pesta.

Untuk pilihan modelnya beberapa jenis tunik yang dimaksud antara lain berupa:

  • Simple tunik yang terkesan sederhana dan tidak terlalu banyak detail.
  • Tunik asimetris yang memiliki potongan tak simetris di bagian bawahnya.
  • Tunik lengan balon yang bagian lengannya memiliki banyak kerutan sehingga menciptakan efek mengembang seperti balon di bagian bawah lengan.
  • Tunik dengan tali serut yang dapat ditarik sehingga menciptakan detail kerutan di pinggang dari bahan disisi-sisi baju sekitarnya.

Furing Satin Velvet

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Rok

Tak kalah menarik dari berbagai model pakaian yang sudah disebutkan di atas, kain satin velvet bisa juga digunakan sebagai furing dari rok berbahan kain brokat dan kain tile yang elegan. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis rok yang dimaksud antara lain berupa:

  • Rok span yang desainnya cenderung pas badan dan dapat memberi kesan elegan pada penampilan.
  • Rok A-line yang memiliki siluet atau potongan sangat khas seperti huruf A.
  • Trumpet skirtyang memiliki siluet pas di bagian paha sementara bagian bawahnya cenderung melebar seperti layaknya bunga terompet.
  • Rok lingkaran yang diberi nama sesuai dengan bentuknya saat dibentangkan.

Furing Satin Velvet

Sumber : https://thekoreaninme.com/

Simak juga Cara Praktis Menjahit Busana Kombinasi Brokat dan Satin Supaya Lebih Rapi.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai manfaat penggunaan furing dari kain satin velvet pada busana lengkap dengan contoh pakaian yang bisa dibuat dari bahan tersebut . Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang dimiliki kain satin velvet semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain satin velvet berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Satin Velvet (BFC) yang kami miliki.

Kalau kamu ingin membuat busana wanita dengan busana yang sudah jadi kamu juga bisa mendownload Pola Baju Wanita siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.