Article

Homepage Article Fashion Design Cara Memilih Teknik Display…

Cara Memilih Teknik Display Produk Yang Tepat Sesuai Jenis Busana

Sempat menyimak pembahasan mengenai 6 Teknik Dasar Menata Display Produk Busana?. Untuk mengetahui seperti apa aplikasinya dalam bisnis fashion, ada baiknya jika anda bisa menyimak pembahasan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana

Busana dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh (mulai dari kepala sampai ujung kaki), baik dengan maksud melindungi tubuh, memberi kenyamanan pada si pemakai maupun memperindah penampilan tubuh secara menyeluruh.

Berdasarkan karakteristik yang dimilikinya, busana secara garis besar dapat dibedakan dalam tiga kategori utama yakni busana mutlak. Busana yang dimaksud meliputi:

  • Busana mutlak alias busana pokok seperti baju, rok, kebaya, blus dan lain sebagainya termasuk pakaian dalam seperti singlet, bra dan celana dalam.
  • Milieneris alias pelengkap yang sifatnya melengkapi busana mutlak serta memiliki nilai guna di samping untuk keindahan. Seperti sepatu, topi, kaus kaki, kacamata, jam tangan dan lain-lain.
  • Aksesoris pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan si pemakai. Seperti cincin, kalung, bros dan lain-lain.

Selain dibedakan dalam tiga kategori di atas, dalam dunia fashion dikenal pula pengelompokan busana berdasarkan gender dan usia pemakainya, yakni berupa busana wanita, busana pria serta busana anak dan bayi. Beda jenis busana beda juga cara yang diterapkan untuk menata display di toko pakaian.

Display Sesuai Busana

Berencana untuk membuka toko pakaian sendiri tapi masih bingung memikirkan penataannya seperti apa?. Untuk menciptakan kesan yang aesthetic dan menarik, berikut kami bagikan pembahasan mengenai cara memilih teknik display yang tepat untuk busana wanita, busana pria serta busana bayi dan anak.

1. Display Busana Wanita

Busana untuk wanita pada dasarnya sudah memiliki tampilan yang indah, baik model maupun warnanya. Karena alasan itulah dalam mendisplay busana wanita anda bebas mau berkreasi dengan menggunakan teknik apapun.

  • Teknik Display

Hampir semua teknik penataan / display produk dapat dipergunakan untuk menata display busana wanita. Teknik yang dimaksud yaitu teknik meletakkan busana pada paspop (dressform) maupun pada Manekin, teknik menggantung, teknik melekatkan dan teknik mengisi ataupun teknik meremas.

  • Hiasan Display

Hiasan untuk display busana wanita, disesuaikan dengan jenis busana dan kesempatannya. Hiasan yang dimaksud bisa berupa bunga-bunga, succulent plant dan lain sebagainya.

  • Latar Belakang

Latar belakang yang dipakai untuk display produk busana wanita dapat menggunakan bahan kain yang lembut, tali temali, kertas dan sebagainya.

Display Produk Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Display Busana Pria

Busana pria umumnya berwatak tegas dan menyukai busana yang bergaris tegas, tetapi dalam penataannya tetap harus dikelompokkan sesuai dengan kesempatannya, seperti kesempatan kerja, olah raga, di rumah atau kesempatan pesta.

  • Teknik Display

Display busana pria dapat dilakukan dengan teknik mengisi, penataan pada boneka (manekin) atau paspop (dress form), teknik menggantung dengan bantuan tali nilon dan paku kecil.

  • Hiasan Display

Hiasan untuk display busana pria dapat disesuaikan dengan jenis busana dan kesempatannya.

  • Latar Belakang

Latar belakang disesuaikan dengan busana yang diatata, misalnya busana rekreasi dengan latar belakang tali atau tambang, busana rumah dengan latar belakang tikar.

Display Produk Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Display Busana Anak dan Bayi

Lain halnya dengan busana wanita maupun busana pria, busana bayi dan anak biasanya bermodel sederhana dengana warna-warna yang lembut dan bermotif kecil, sesuai dengan kondisi tubuh bayi yang masih kecil dan lembut.

  • Display Busana Bayi

Untuk mendisplay busana bayi yang didesain khusus untuk bayi usia 0 hingga12 bulan terdapat beberapa teknik display yang dapat dipilih.

  • Teknik Display

Penataan busana bayi dapat dilakukan dengan teknik melekatkan, menggantung atau ditata pada boneka bayi.

  • Hiasan Display

Hiasan dapat disesuaikan dengan benda yang ditata, misal dengan memakai boneka, balon fantasi yang dibuat dari bahan yang asli.

  • Latar Belakang

Latar belakang untuk display busana anak dapat menggunakan kain yang halus dan tidak berkilau seperti halnya Kain Katun.

Display Produk Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Display Busana Anak

Anak menyukai suasana yang ceria dan gembira, karena itu penataan untuk busana anak juga harus menimbulkan suasana yang lincah dan ceria.

  • Teknik Display

Teknik penataan untuk busana anak dapat dilakukan dengan teknik melekatkan, menggantung, meremas atau mengisi serta bisa dikenakan pada boneka.

  • Hiasan Display

Hiasan untuk penataan busana anak dapat menggunakan mainan anak-anak, topi-topi kertas, pita-pita, terompet, balon dan sebagainya.

  • Latar Belakang

Latar belakang untuk display busana anak dapat menggunakan kertas yang digambar menyerupai area anak-anak, ranting-ranting yang kecil  meyerupai pohon dan lain sebagainya.

Display Produk Busana

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk anda yang ingin menambahkan koleksi aksesoris (kaca mata, ikat pinggang, perhiasan) pada produk yang anda jual anda bisa meletakkan aksesoris tersebut pada rak-rak yang disusun rapi, dengan menerapkan prinsip penataan open display maupun closed display.

  • Open display merupakan pemajangan produk di tempat terbuka sehingga calon pembeli dapat mengamati, memegang dan memilih barang tersebut tanpa bantuan pramuniaga.
  • Closed display merupakan pemajangan produk di tempat tertutup (biasanya untuk benda mewah), sehingga pengunjung hanya dapat mengamati saja produk yang ada di toko.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai aplikasi berbagai macam teknik display sesuai dengan jenis busana yang ingin dipamerkan atau ditunjukkan kepada calon konsumen. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih teknik display yang tepat sesuai dengan jenis busananya.

Butuh dress form pria dan wanita untuk keperluan display produk busana pria maupun busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat dulu koleksi Dress Form Pria dan Dress Form Wanita yang kami miliki.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam menata display produk busana, simak juga pembahasan mengenai 5 Tips Menata Display Produk Busana Yang Bisa Anda Coba.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.