Article

Homepage Article Fashion Design 5 Cara Mengkombinasikan…

5 Cara Mengkombinasikan Baju Yang Berwarna Mencolok Biar Tetap Serasi

Tertarik untuk menggunakan baju warna-warni yang terlihat mencolok tapi khawatir kalau kesannya malah jadi berlebihan. Asal dipilih dengan cerdas, kombinasi warna baju yang mencolok sebenarnya juga bisa menciptakan kesan yang segar dan modern lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Seperti Apa Warna Yang Mencolok

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengombinasikan warna baju yang mencolok kenali dulu yuk sebenarnya warna-warna yang mencolok itu seperti apa. Jadi yang dimaksud dengan warna-warna yang mencolok disini sebenarnya merupakan warna-warna yang kesannya cerah dan jenuh.

Ciri khas lainnya yang membedakan warna mencolok dengan warna yang lain yaitu:

  • Warna yang mencolok memiliki kesan lebih energik.
  • Warna yang mencolok memiliki daya tarik yang kuat.
  • Warna yang mencolok terkesan lebih menyala dan menarik perhatian.
  • Warna yang mencolok dikenal menyegarkan dan memiliki tampilan yang menonjol.

Sementara jika dilihat secara visual, beberapa contoh warna yang termasuk ke dalam kategori mencolok diantaranya ada merah terang, kuning terang, biru terang, oranye, pink, hijau terang, ungu terang, tosca dan masih banyak lagi.

Tips Kombinasi Warna Yang Mencolok

Meski kelihatannya terkesan kontras, dua warna yang sama-sama mencolok tersebut nyatanya juga bisa dikombinasikan untuk menciptakan tampilan yang menarik dan berani lho. Berikut beberapa tips untuk mengkombinasikan baju dengan warna mencolok yang bisa kamu coba.

1. Pahami Tentang Color Wheel

Perdalam pemahaman kamu tentang color wheel atau roda warna jika kamu merasa kebingungan untuk menciptakan kombinasi warna yang harmonis dan serasi pada outfit yang kamu kenakan. Dengan memahami hubungan antara warna-warna tersebut maka kamu akan semakin mudah untuk menciptakan kombinasi warna yang indah.

  • Color whell atau roda warna sendiri merupakan alat yang dapat menunjukkan hubungan antara warna yang berbeda dalam lingkaran warna.
  • Color whell atau roda warna membagi warna menjadi tiga kategori utama.
  • Pertama ada warna primer yang terdiri dari merah, kuning dan biru.
  • Kedua ada warna sekunder yang terdiri dari campuran dua warna primer, seperti ungu, hijau dan orange.
  • Ketiga ada warna tersier yang terdiri dari campuran dari warna primer dan sekunder.

Kombinasi Warna Baju

Sumber : https://uxplanet.org/

2. Pilih Warna Yang Berlawanan

Setelah memahami hubungan antara warna-warna pada color wheel atau roda warna sekarang kamu bisa menciptakan kombinasi warna baju yang mencolok namun tetap terkesan harmonis dan serasi dengan memilih warna yang berlawanan pada color wheel. Misalnya saja biru dengan oranye, merah dengan hijau, atau ungu dengan kuning.

  • Warna-warna yang saling berseberangan pada color wheel atau roda warna, secara visual akan menciptakan kontras yang kuat namun tetap seimbang.
  • Selain itu kontras yang kuat juga akan menghasilkan benturan yang harmonis dan membuat keduanya terlihat saling melengkapi satu sama lain.

Kombinasi Warna Baju

Sumber : https://www.paintingpixels.co.uk/

Namun ingat jika kamu ingin menggabungkan dua warna yang mencolok, pastikan bahwa kamu merasa nyaman dengan pilihan yang sudah kamu putuskan.

3. Buat Gradasi Warna Yang Menarik

Buat gradasi warna dari satu warna ke warna lainnya. Jadi ketika kamu hendak mengkombinasikan warna merah dengan warna oranye, sebaiknya pilih baju atau aksesoris yang memiliki gradasi warna dari merah ke oranye atau sebaliknya.

4. Selaraskan Dengan Warna Netral

Alternatif lain gunakan warna netral seperti warna hitam, putih atau abu-abu sebagai penyelaras antara dua warna yang sama-sama mencolok untuk menciptakan kesan yang elegan dan seimbang.

  • Ketika kamu ingin mengenakan baju warna hijau dan celana warnapink, kamu bisa menambahkan jaket atau cardigan hitam untuk menyeimbangkan tampilan.
  • Ketika kamu ingin mengenakan blus warna kuning dan rok warna kuning, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti sepatu, tas atau kalung warna hitam untuk memberikan kontras yang menarik.

Kombinasi Warna Baju

Sumber : https://www.lemon8-app.com/

5. Gunakan Pola atau Motif

Berikutnya gunakan motif atau pola yang menggabungkan dua warna mencolok. Misalnya saja kamu ingin mengkombinasikan warna biru dan warna oranye, biar kesannya tetap serasi maka kamu bisa memilih baju dengan motif garis-garis yang terdiri dari kedua warna tersebut.

Kombinasi Warna Baju

Sumber : https://5feet11.com/

Selain menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas kamu juga bisa bereksperimen sendiri untuk menemukan kombinasi warna baju yang paling cocok dengan selera kamu.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai lima tips mengkombinasi baju dengan warna mencolok. Dari penjelasan di atas dapat pula disimpulkan bahwa untuk menciptakan tampilan yang menarik tanpa terlihat berlebihan, kombinasi warna baju yang mencolok namun harmonis tetaplah menjadi salah satu kunci yang sangat penting.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.