Article

Homepage Article Fashion Design 11 Keistimewaan Baju Piyama…

11 Keistimewaan Baju Piyama Rayon Twill Dibanding Piyama Yang Lainnya

Butuh rekomendasi baju piyama yang bahannya adem dan nyaman dipakai untuk cuaca panas sekalipun?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin kamu bisa memilih piyama dari bahan kain rayon twill yang punya banyak keistimewaan tersendiri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Piyama Rayon Twill

Piyama rayon twill merupakan sejenis baju setelan yang dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain rayon twill yang memiliki garis-garis diagonal searah / sejajar dengan ukuran kecil pada permukaannya. Karena mempunyai anyaman twill (miring) maka piyama yang dihasilkan jadi lebih jatuh, tebal dan nyaman dipakai.

Piyama Rayon Twill Piyama Rayon Twill

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

Keistimewaan Piyama Rayon Twill

Seperti layaknya baju piyama yang dibuat dari bahan lain, piyama rayon twill ini pada prinsipnya juga memiliki banyak keistimewaan tersendiri lho. Beberapa diantaranya:

1. Memiliki Tekstur Yang Khas

Piyama rayon twill mempunyai tampilan yang sangat khas yakni bertekstur diagonal miring hanya saja ukurannya cenderung kecil. Efek miring pada piyama rayon twill sendiri dipengaruhi oleh pola keper sebagai jenis tenunan kainnya. 

2. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Piyama rayon twill termasuk ke dalam jenis piyama yang kuat dan tahan lama asal dirawat dengan cara yang tepat. Teksturnya yang identik dengan garis-garis diagonal, juga membuat piyama terlihat lebih tebal dan lebih kuat dari pada piyama lain yang tidak memiliki tekstur twill.

3. Memiliki Handfeel Yang Soft

Piyama rayon twill memiliki handfeel yang super soft karena terbuat dari full 100% serat rayon. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian lembut, baju piyama yang dihasilkan akan terasa sangat lembut saat bersentuhan dengan permukaan kulit.

4. Tampilannya Terkesan Jatuh

Piyama rayon twill mempunyai anyaman miring (twill) jadi tampilannya akan terlihat lebih jatuh saat digunakan. Meski jatuh, baju piyama rayon twill ini  tidak akan menempel di kulit dan tidak mencetak lekukan tubuh.

Piyama Rayon Twill

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Aman Untuk Kulit Sensitif

Piyama rayon twill benar-benar lembut dan aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Jadi kalau kamu termasuk orang yang kurang cocok memakai baju berbahan sintetis, kamu bisa memakai piyama rayon twill agar terhindar dari rasa gatal dan reaksi alergi lainnya.

6. Cocok Untuk Iklim Indonesia

Piyama rayon twill cocok digunakan di daerah tropis seperti Indonesia yang cenderung panas karena bahannya sangat adem dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

7. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Piyama rayon twill bahannya dibuat memakai pencelupan reactive, jadi warnanya akan terkunci dengan baik di kain dan tidak mudah luntur. Walau sudah dicuci berulang sekalipun, warnanya akan tetap cerah dan tidak terkesan kusam.

8. Cenderung Tidak Menerawang

Piyama rayon twill cenderung tidak menerawang karena terbuat dari bahan yang memiliki ketebalan medium. Selain itu karakteristik bahannya yang tidak menerawang juga dipengaruhi oleh tenunan kainnya yang rapat.

  • Kain rayon twill cenderung tidak menerawang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal.
  • Ketika dijadikan sebagai bahan piyama, kain rayon twill ini bahkan tidak perlu lagi tambahan furing atau lapisan lain didalamnya.

9. Pilihan Modelnya Bervariasi

Dari segi desain, piyama rayon twill umumnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi model yang berbeda meski tidak jarang ada juga yang mempertahankan desain lamanya yakni dibuat sederhana dan tidak terlalu melibatkan banyak detail.

  • Untuk kamu yang lebih suka memakai piyama dengan model klasik kamu bisa memilih piyama rayon twill yang dibuat tanpa kerah. Piyama ini kebanyakan hanya menggunakan garis leher berbentuk V maupun O.

Piyama Rayon Twill

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Kalau kamu ingin memakai piyama dengan model yang sedikit lebih modern kamu bisa memilih piyama yang dilengkapi dengan kerah shiller ataupun kerah peterpan.
  • Kerah shiller merupakan kerah baju yang dapat berdiri tanpa penegak dan apabila ditutup menjadi kerah tegak.
  • Sementara kerah peterpan merupakan kerah yang bentuknya memang merebah di sekeliling badan dan bahu tanpa penegak.

Piyama Rayon Twill

Sumber : https://shopee.co.id/

10. Cocok Untuk Tidur dan Bersantai

Piyama yang dibuat dari kain rayon twill ini sangat nyaman dipakai untuk tidur dan juga bersantai di rumah karena memiliki handfeel yang soft dan bahannya juga adem.

  • Saat cuaca sedang panas kamu bisa mengenakan baju piyama berlengan pendek dengan celana pendek.
  • Saat cuaca sedang dingin kamu bisa memilih baju piyama berlengan panjang dengan celana panjang supaya tubuhmu jadi lebih hangat.

11. Perawatannya Cukup Mudah

Piyama rayon twill tidak memerlukan perawatan khusus saat dicuci dan cenderung mudah kering walau hanya diangin-anginkan atau digantung di tempat yang teduh. Untuk merawat piyama rayon twill ini kamu bisa menerapkan tips berikut.

  • Pertama ada baiknya cuci piyama rayon twill secara manual dengan menggunakan tangan.
  • Hindari mencuci piyama rayon twill dengan air panas atau hangat karena dapat merusak serat kainnya.
  • Jangan gunakan pemutih atau penghilang noda yang mengandung klorin karena dapat merusak serat rayon. Sebagai gantinya gunakan deterjen yang lembut dan tidak mengandung pemutih.
  • Hindari mengeringkan piyama rayon twill dengan mesin pengering karena suhu panas yang tinggi dapat merusak serat rayon.
  • Jangan menyimpan piyama dalam lemari yang lembab, sebaiknya simpan piyama di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Untuk merapikan piyama rayon twil kamu bisa menyetrika piyama ini dengan menggunakan setrika yang tidak terlalu panas. Sebab kalau panasnya berlebihan yang ada serat kainnya bisa saja berubah menjadi kekuningan.

Kesimpulan

Itu dia sejumlah keistimewaan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus memasukkan piyama rayon twill ke dalam daftar koleksi baju yang wajib kamu miliki. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk memilih baju piyama yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain rayon twill berkualitas dengan harga murah untuk membuat piyama?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Kain Rayon Twill (MTK) yang kami miliki yuk.

Download juga pola piyama siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat piyama sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.