Article

Homepage Article Kain Cara Memanipulasi Bahan…

Cara Memanipulasi Bahan Kain Dengan Dibakar

Tahu yang namanya teknik fabric burnt manipulation atau justru ini kali pertama anda menjumpai istilah tersebut. Selain digunakan untuk mempercantik tampilan bahan kain, teknik membakar kain atau fabric burnt manipulation ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai alternatif penyelesaian tepi busana lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengenalan Fabric Burnt Manipulation

Fabric burnt manipulation merupakan salah satu teknik manipulating fabric / mengolah permukaan kain yang dapat dilakukan dengan cara membakar kain sehingga menimbulkan tekstur / corak yang berwarna kecoklatan sehingga tampilannya jadi makin menarik.

Manipulating Fabric Manipulating Fabric

Sumber : https://id.pinterest.com/

Proses Fabric Burnt Manipulation

Untuk memanipulasi bahan kain dengan cara dibakar sendiri terdapat beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Buat anda yang ingin mencobanya pertama-tama siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Bahan kain yang akan dimanipulasi.
  • Gunting atau solder untuk melubangi bahan kain.
  • Lilin untuk membakar bahan kain.

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas sekarang anda bisa mulai memanipulasi bahan kain dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama ambil bahan kain yang sudah anda siapkan.
  • Buat pola, potongan atau lubang pada bahan kain sesuai desain yang anda rencanakan dengan menggunakan gunting atau solder.
  • Selesai membuat pola pada bahan kain selanjutnya bakar bahan kain dengan menggunakan api yang dinyalakan pada media lilin.
  • Proses pembakaran ini dilakukan secara cepat dan digerak-gerakan agar bahan tidak terbakar dalam jumlah yang banyak.

Manipulating Fabric Manipulating Fabric

Sumber : http://texturedessence.blogspot.com/

Dengan menerapkan sejumlah cara sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, hasil yang didapatkan bisa sangat berbeda tergantung pada jenis kain yang anda pakai, serta seberapa dekat atau lama anda membakarnya.

Berikut gambaran singkat mengenai tampilan beberapa jenis kain dan sifatnya setelah dilakukan proses pembakaran:

1. Kain Katun

Kain katun termasuk kedalam jenis kain yang berasal dari serat alami dan apabila dibakar akan menimbulkan nyala api, seratnya tidak meleleh serta menimbulkan bau seperti kertas yang terbakar. Abu yang tersisa bertekstur halus dan lembut sehingga mudah dihancurkan.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain katun berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain katun yang kami miliki.

2. Kain Rami

Kain rami termasuk kedalam jenis kain yang berasal dari serat selulosa, dapat terbakar dengan cepat dan menimbulkan api yang terang. Sisa pembakaranya berupa bubuk halus berwarna abu-abu.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain rami berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Rami Angelina (GFP) yang kami miliki.

3. Kain Linen

Kain linen termasuk ke dalam jenis kain yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat terbakar dan mudah dipadamkan dengan cara meniup apinya. Sifat lainnya sama dengan kain rami.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen yang kami miliki.

4. Kain Wool

Kain wool termasuk ke dalam jenis kain yang dapat terbakar dengan perlahan, menimbulkan suara mendesis dan menggulung menjauhi api. Pada pembakaran serat wool akan tercium bau seperti rambut terbakar dan menghasilkan bekas pembakaran berbentuk gumpalan  hitam.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.tessutidelarte.com/

5. Kain Rayon

Kain rayon merupakan jenis kain semisintesis buatan pabrik yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa. Jika dibakar kain ini tidak menimbulkan api ataupun efek meleleh, namun hanya menimbulkan serat yang menyala.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain rayon berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Santung/Katun Rayon (NGR)  yang kami miliki.

6. Kain Sutra (Silk)

Kain sutra merupakan sejenis kain yang ketika diberi nyala api akan terbakar perlahan dan menggulung, menjauhi nyala api. Api yang mengenai kain akan meninggalkan serat yang berwarna hitam dan mudah dihancurkan.

Manipulating Fabric

Sumber : https://id.aliexpress.com/

7. Kain Blacu

Kain blacu merupakan kain mentah (kain greige) yang belum melalui proses finishing. Jika dibakar kain ini akan meninggalkan abu berwarna kelabu.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain blacu berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Blacu yang kami miliki.

8. Kain Satin

Kain satin termasuk ke dalam jenis kain yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester. Jika dibakar kain ini akan meninggalkan sisa kain yang mengeras.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain satin berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain satin yang kami miliki.

9. Kain Tile Polos

Kain tile atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan “tulle” termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ciri khas seperti jaring kecil sehingga menjadikan tampilannya tampak transparan. Jika dibakar kain ini akan meninggalkan sisa mengeras berwarna kelabu.

Manipulating Fabric

Sumber : https://www.lazada.co.id/

10. Kain Roberto Cavalli

Kain roberto cavalli merupakan sejenis kain yang pada dasarnya masih termasuk ke dalam golongan kain satin. Kain ini jika dibakar akan menyisakan bulatan hitam yang keras.

Manipulating Fabric

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain roberto cavalli berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Roberto Cavalli (NGR) yang kami miliki.

11. Nilon, Polimida

Nilon merupakan sebutan generik untuk keluarga polimer sintetik yang dikenal secara luas sebagai poliamida. Karena teknik penyelesaian kainnya, kain nilon umumnya cukup mudah terbakar dan meleleh, serta meninggalkan bentuk pinggiran keras yang berwarna coklat.

Manipulating Fabric

Sumber : https://sk.pinterest.com/

12. Kain Polyester

Kain polyester merupakan merupakan sejenis kain yang seratnya dihasilkan dari material seperti batu bara, udara, air dan minyak bumi. Kain ini umumnya cukup mudah terbakar tetapi apinya cepat padam, meninggalkan tepi yang keras / membentuk bulat-bulatan kecil.

13. Akrilik, Modakrilik dan Poliakrilik

Akrilik, modakrilik dan poliakrilik merupakan kain yang terbuat dari gas alam dan minyak bumi. Kain ini jika dibakar tepiannya akan menjadi keras, gelap dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Produk Yang Dihasilkan

Terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, teknik manipulating fabric dengan cara dibakar ini pada prinsipnya dapat diterapkan pada berbagai jenis produk yang menarik mulai dari pakaian hingga lenan rumah tangga.

Selain diandalkan untuk memperindah tampilan kain, teknik membakar kain atau fabric burnt manipulation ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu alternatif cara dalam penyelesaian tepi busana yang biasa dilakukan dengan kelim lho.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai prinsip sederhana yang dapat diterapkan dalam proses manipulating fabric dengan teknik pembakaran. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan referensi yang tepat dalam mengubah atau memanipulasi tampilan bahan kain.

Kalau anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik menjahit dan teknik mendesain yang dapat diaplikasikan pada berbagai produk jahit, anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.