Article

Homepage Article Jahit Menjahit Benang Yang Sesuai Untuk…

Benang Yang Sesuai Untuk Obras dan Wolsum

Sebagai salah satu sarana yang cukup penting dalam proses produksi pakaian, benang yang digunakan untuk menjahit maupun mengobras pakaian memang harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Karena itulah benang yang dipilih pun harus disesuaikan dengan kebutuhan agar jahitan yang dihasilkan jauh lebih awet, tidak mudah putus dan juga kuat. 

Benang Obras dan Wolsum

Sumber : http://www.sewmamasew.com/

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya jenis benang yang dapat digunakan untuk menjahit sendiri pada dasarnya tersedia dalam berbagai macam varian, ada yang dibuat khusus untuk menjahit, membuat hiasan dekoratif, untuk mengobras, dan juga untuk wolsum. 

Benang Obras dan Wolsum

Sumber : https://foursquarewalls.blogspot.co.id/

Meski tujuan dari obras dan wolsum itu hampir sama yaitu untuk merapikan tepian kain agar tidak terurai tetapi benang yang digunakan untuk keduanya ternyata berbeda lho.

Benang obras diperlukan untuk mengobras tepian serat kain agar lebih rapi. Benang obras ukurannya lebih halus jika dibandingkan dengan benang jahit tetapi sedikit lebih kasar jika dibandingkan dengan benang untuk wolsum.

Untuk jenisnya sendiri, benang yang biasa digunakan untuk mengobras kampuh pakaian yaitu berupa benang polyster. Sementara benang yang sering digunakan untuk membuat wolsum pada pinggiran hijab, tepian baju renang atau pakaian yang elastis yaitu berupa benang nylon. 

Benang Obras dan Wolsum

Sumber : https://www.naehwelt-flach.de/

Benang Obras dan Wolsum

Sumber : http://www.merrow.com/

Lantas apakah benang polyster yang biasa digunakan untuk obras bisa dipakai untuk wolsum?. Benang polyester sebenarnya bisa saja digunakan untuk wolsum, tetapi kemungkinan hasilnya tidak sebagus jika menggunakan benang nylon. 

Benang Obras dan Wolsum

Sumber : https://www.picclickimg.com/

Sebab jenis benang nylon yang biasa digunakan untuk wolsum umumnya memiliki karakteristik yang lebih mengkilap dari benang obras polyester. Dari segi harga, benang yang dipakai untuk wolsum pun biasanya juga lebih mahal jika dibandingkan dengan benang obras.

Benang Obras dan Wolsum

Sumber : https://www.rubyjam.net/

Mau tahu bagaimana cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan benang jahit dengan kualitas terbaik?. Simak kembali pembahasan mengenai tips Memilih Benang Jahit Yang Berkualitas.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.