Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Menangani Benang Obras…

Cara Menangani Benang Obras Yang Mudah Putus dan Jahitannya Loncat-Loncat

Mesin obras atau sering disebut mesin overdeck dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu jenis mesin yang memiliki peran cukup penting untuk menunjang kelancaran proses menjahit. Fungsi utama dari mesin ini tidak lain adalah untuk menganyam sisi pinggir bahan agar tidak terurai dari rajutannya.

Menangani Mesin Obras

Sumber : http://www.sewitalltv.com/

Lantas bagaimana jadinya bila mesin obras tersebut tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya?. Untuk memastikan bahwa mesin obras anda dapat digunakan untuk menganyam tepian bahan kain dengan baik simak yuk pembahasan mengenai cara menangani kerusakan mesin obras berikut.

Menangani Mesin Obras

Sumber : http://su-sews-so-so.blogspot.co.id/

Benang Mudah Putus

Putus pada salah satu benang bisa disebabkan banyak faktor misalnya jarum tumpul, looper kasar, needle plat kasar, gigi terlalu tinggi dan setelan kurang pas. Untuk mengatasi masalah semacam ini coba teliti kembali semua bagian tersebut, kalo perlu di lepas dan di amplas bagian-bagian yang kasar.

  • Bila jarum kemungkinan terbalik atau miring gantilah dengan yang baru dan luruskan pemasanganya.
  • Kalau posisi jarum bersenggolan dengan lidah plat atau lidah sepatu sebaiknya setting kembali posisi plat agar seimbang dan tidak bersentuhan.
  • Cek tension benang dengan cara menarik satu persatu benang obrasnya. Bila ada yang tersangkut, terlalu kencang, kendor atau salah masuk pada alur benang setting kembali tension benang sesuai kekencangan yang pas.
  • Cek posisi kedua loper dan jarum, jika ada kemungkinan jarum bersenggolan dengan loper atau sesama loper saling bertabrakan sebaiknya seting kembali sesuai pedoman buku panduan.

Jika pemasangannya sudah benar tapi benang masih sering putus mungkin kecepatan mesin obras anda terlalu tinggi. Selain mengakibatkan benang putus-putus menggunakan mesin obras dengan kecepatan tinggi juga bisa membuat komponen mesin obras cepat aus. 

Menangani Mesin Obras

Sumber : https://www.overlocknaehmaschine.info/

Jahitan Obras Loncat

Jahitan obras yang loncat-loncat bisa terjadi bila salah satu anyaman tidak merajut. Untuk mengatasinya teliti dulu apakah alur benang sudah benar. Teliti juga apakah jarum yang anda gunakan sudah tumpul atau bengkok, jika iya segera ganti jarum obras anda dengan jarum yang lebih tajam. 

Menangani Mesin Obras

Sumber : http://www.sewitalltv.com/

Jika dirasa sudah benar namun jahitan masih loncat cek antara jarum dan looper bawah. Usahakan agar jarak jarum dan looper bawah hanya menempel, tidak renggang dan tidak nabrak. Cek juga looper atasnya apa sudah benar posisinya. Looper atas dan looper bawah juga tidak boleh menabrak ataupun renggang. 

Menangani Mesin Obras

Sumber : http://su-sews-so-so.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Mencari pisau obras berkualitas dengan harga murah untuk mesin obras anda?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi perlengkapan menjahit dari kami Di Sini.

Pisau Obras

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.