Article

Homepage Article Cara Menjahit Fungsi Skala Dalam Proses…

Fungsi Skala Dalam Proses Pembuatan Pola Pakaian

Untuk menghasilkan sebuah busana yang berkualitas setiap prosesnya harus dilakukan dengan seksama dan berurutan, mulai dari pembuatan pola pakaian, pemotongan bahan kain, hingga proses menjahitnya. 

Penggaris Skala

Sumber : http://www.bluemaize.net/

Khusus untuk pembuatan pola sendiri metode apapun boleh digunakan, misalnya Dressmaking dan So-En dari Jepang atau Danckaerts dan Cuppens Geurs dari Belanda. Asal ukuran dan bentuknya sudah dibuat sesuai proporsi tubuh yang tepat pasti hasilnya juga akan terlihat sempurna.

Penggaris Skala

Sumber : https://www.pinterest.com/

Sebelum digambar dalam ukuran sebenarnya, rancangan pola biasanya juga dapat digambar dalam ukuran kecil berdasarkan skala tertentu. Untuk membuat pola semacam ini diperlukan alat ukur bernama skala untuk menghitung ukuran dalam bentuk yang lebih kecil.

Penggaris Skala

Sumber : http://honey-honeysweety.blogspot.co.id/

Skala yang digunakan untuk membuat miniatur pola pakaian umumnya terbuat dari kertas dengan bentuk yang hampir menyerupai penggaris. Beberapa produsen yang menjual buku pola biasanya juga menyertakan sebuah skala di dalamnya.

Penggaris Skala

Sumber : http://grosirkainmurah.tk/

Skala ada beberapa macam yakni ada yang menggunakan ukuran 1:1/2, 1:1/4, 1:1/6, 1:1/8. Skala yang baik seharusnya dibuat dari kertas yang agak tebal seperti kertas karton dan berbentuk segi panjang. Letak garis ukuran tepat pada tepi skala serta bagian tepinya tidak bertiras. 

Penggaris Skala

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain digunakan untuk menggambar pola dalam ukuran mini, penggaris skala tersebut sebenarnya juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mengetahui banyaknya bahan yg dibutuhkan dalam membuat suatu model. Caranya dengan meletakkan komponen baju dalam skala kecil pada bidang kain sesuai perbandingan polanya.

Penggaris Skala

Sumber : http://hominoti.blogspot.co.id/

Penggaris Skala

Sumber : http://hominoti.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Baju Siap Pakai

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.