Article

Homepage Article Jahit Menjahit 8 Bagian Mesin Obras Yang…

8 Bagian Mesin Obras Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Merapikan bagian tepi busana dengan mesin obras menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghasilkan produk pakaian yang berkualitas. Meski saat ini sudah banyak mesin jahit portable yang dilengkapi dengan jahitan semi obras tapi hasilnya tetep saja tidak sebaik jahitan mesin obras. 

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://www.zelect.in/

Hal utama yang membedakan antara mesin obras dengan mesin jahit adalah mesin obras dilengkapi dengan pisau pemotong kain sedangkan mesin jahit tidak. Disisi lain kalau mesin jahit itu hanya bekerja dengan dua benang, maka mesin obras dapat bekerja dengan benang tiga, empat atau lebih. 

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://sumberharapanmesinjahit.blogspot.co.id/

Mau tahu komponen penting apa saja yang menjadi penyusun dari mesin obras tersebut?. Untuk lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Badan mesin

Badan mesin merupakan tempat melekatnya komponen-komponen mesin obras seperti benang, jarum, dan pisau pemotong.an komponen lainnya.

Komponen Mesin Obras

Sumber : https://www.sewingmachinesales.co.uk/

Jarum dan Tiang Jarum

Jarum mesin obras ini umumnya memiliki ukuran yang lebih pendek jika dibandingkan dengan jarum mesin jahit dan biasa dipasang pada tiang jarum. Beberapa mesin obras ada yang memakai tiga jarum sekaligus. 

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://www.makeithandmade.com/

Sepatu Obras

Sepatu mesin obras dibutuhkan untuk menjepit kain saat proses menjahit mengobras berlangsung. Dengan adanya sepatu ini secara otomatis kain yang di obras akan berjalan sendiri ketika mesin jahit dioperasikan. 

Komponen Mesin Obras

https://www.abcsewingmachine.com/

Tension

Tension merupakan pengatur tegangan benang yang biasa digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan tegangan benang. Untuk melonggarkan benang putar tension kearah kiri, kalau untuk mengencangkan benang putar tension ke arah yang berlawanan yaitu arah kanan. 

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://aces.nmsu.edu/

Komponen Mesin Obras

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Looper

Looper adalah lubang-lubang tempat benang dikaitkan. Looper yang terdapat pada mesin obras umumnya ada dua jenis. Pertama yakni over looper atau pembentuk loop atas dan yang kedua yakni berupa under looper atau pembentuk loop bawah.

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://www.makeithandmade.com/

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://www.makeithandmade.com/

Tiang Benang

Tiang benang merupakan komponen yang biasa digunakan untuk meletakkan gulungan benang obras. Jumlah tiang benang dari tiap-tiap mesin obras biasanya berbeda-beda ada yang berjumlah tiga namun ada juga yang lebih. 

Komponen Mesin Obras

Sumber : https://doitbetteryourself.club/

Pada mesin obras yang jumlah tiangnya ada tiga, tiang pertama terletak dibagian bawah depan mesin, tiang kedua terletak di bagian atas, sementara tiang ke tiga berada dibagian kiri samping.

Pisau Mesin Obras

Pisau mesin obras umumnya terletak dibagian bawah, lebih tepatnya di sebelah jarum mesin. Fungsi utama dari pisau obras ini adalah untuk memotong tepian kain dalam satu operasi mesin sehingga pakaian yang dihasilkan tepiannya tidak berumbai.

Komponen Mesin Obras

Sumber : http://aces.nmsu.edu/

Pedal

Sama halnya dengan mesin jahit, mesin obras pada prinsipnya juga dilengkapi dengan sebuah pedal yang berfungsi untuk membuat mesin bekerja. Karena sebagian mesin obras itu bergerak sangat cepat jadi sebaiknya pijaklah pedal dengan lembut dan hati-hati agar hasil obrasan lebih bagus dan rapi.

Komponen Mesin Obras

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Mencari mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk pelengkap kebutuhan menjahit anda?. Sahabat Fitinline bisa melihat katalog mesin obras kami Di Sini

Mesin Obras

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.