Article

Homepage Article Jahit Menjahit Pengenalan Bagian-Bagian…

Pengenalan Bagian-Bagian Mesin Obras dan Cara Penggunaannya Yang Mudah Anda Ikuti

Lebih suka membeli pakaian jadi atau menjahitkan bahan kain ke penjahit?. Khusus untuk sahabat Fitinline yang suka bereksperimen tidak ada salahnya lho jika sekali-sekali anda membuat sendiri pakaian di rumah. Untuk menjamin agar kualitas jahitan anda tetap terlihat bagus pastikan tiras pakaian yang anda buat selalu diselesaikan dengan mesin obras ya.

Pengertian Mesin Obras

Mesin obras dapat dikategorikan ke dalam jenis mesin jahit berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk merapikan tepi busana dengan cara mengobras (overlock) dalam satu operasi. Kalau mesin jahit itu hanya bekerja dengan dua benang, maka mesin obras dapat bekerja dengan benang tiga, empat atau lebih. 

Mesin Obras

Sumber : http://www.dolphinwheel.com/

Untuk menghasilkan jahitan yang rapi pada bagian tepinya mesin obras ini umumnya selalu dilengkapi dengan pisau pemotong kain yang dikenal dengan nama pisau obras. Selain difungsikan untuk memotong tepian kain, pisau obras ini juga pada prinsipnya juga memiliki peran yang sangat penting yakni untuk menambah kerapian produk pakaian.

Mesin Obras

Sumber : https://www.youtube.com/

Beberapa ciri khas yang membedakan hasil jahitan obras dengan hasil jahitan mesin jahit lainnya yaitu:

  • Jahitan obras yang sesungguhnya biasa dikerjakan dengan menggunakan mesin obras atau overlock sewing machine.
  • Dapat menggunakan 3 benang dan 1 jarum, 4 benang dan 2 jarum pada mesinnya.
  • Menggunakan pisau obras yang tajam untuk memotong pinggiran kain sehingga hasilnya lebih rapi.

Mesin Obras

Sumber : https://sergerpepper.com/

Jenis-Jenis Mesin Obras

Bergantung pada jumlah benang yang digunakan, secara keseluruhan mesin obras dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis diantaranya berupa mesin obras benang tiga, mesin obras benang empat, mesin obras benang lima dan enam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

1. Mesin Obras Benang Tiga

Mesin obras benang tiga merupakan jenis mesin obras yang paling banyak digunakan oleh penjahit untuk penyelesaian tiras busana seperti kemeja maupun blouse.

2. Mesin Obras Benang Empat

Mesin obras benang empat merupakan jenis mesin obras yang juga terkenal sebagai mesin obras kaos. Fungsi mesin obras ini yaitu untuk menjahit tepian kaos sekaligus merapikan jahitan dengan cara memotong tepian kain.

3. Mesin Obras Benang Lima

Mesin obras benang lima merupakan jenis mesin obras yang biasa digunakan untuk penyelesaian jeans dan celana. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah rontoknya benang-benang halus yang ada pada pinggiran kain.

4. Mesin Obras Benang Enam

Mesin obras benang enam merupakan mesin standar yang dimodifikasi untuk mengobras kain dengan cara memanipulasi stitching untuk bahan lain bukan cuma knitting atau woven saja.

Komponen Mesin Obras

Berbicara tentang mesin obras lantas apa saja ya komponen penting yang menjadi penyusun dari mesin obras itu sendiri?. Supaya anda tidak makin penasaran simak yuk pembahasan berikut ini.

1. Kerangka Mesin Obras

Kerangka mesin obras menjadi tempat paling penting yang berfungsi untuk melekatnya komponen mesin obras seperti benang, jarum, pisau obras, sepatu mesin obras, dan berbagai komponen mesin obras yang lainnya.

Mesin Obras

Sumber : https://www.sewingmachinesales.co.uk/

2. Jarum dan Dudukan Jarum

Jarum mesin obras merupakan salah satu komponen yang biasanya dipasang pada dudukan jarum. Jarum mesin obras umumnya memiliki ukuran yang lebih pendek dibandingkan dengan jarum mesin jahit biasa. 

Mesin Obras

Sumber : https://www.youtube.com/

3. Sepatu Obras

Sepatu mesin obras diperlukan untuk menjepit kain saat proses menjahit mengobras berlangsung. Dengan adanya sepatu ini secara otomatis kain yang di obras akan berjalan sendiri ketika mesin jahit dioperasikan. 

Mesin Obras

Sumber : https://www.wantitall.co.za/

4. Tension Mesin Obras

Tension merupakan pengatur tegangan benang yang biasa digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan tegangan benang obras.

  • Untuk melonggarkan benang obras putar tension kearah kiri.
  • Untuk mengencangkan benang obras putar tension ke arah yang berlawanan yaitu arah kanan. 

Mesin Obras

Sumber : https://www.ebay.com/

5. Tiang Benang Obras

Tiang benang obras merupakan komponen mesin obras yang biasa digunakan untuk meletakkan gulungan benang obras. Jumlah tiang benang dari tiap-tiap mesin obras biasanya berbeda-beda ada yang berjumlah tiga atau empat namun ada juga yang lebih dari itu.
Khusus untuk mesin obras yang jumlah tiangnya ada tiga, tiang-tiang ini biasa ditempatkan pada bagian berikut.

  • Tiang pertama berada di bagian bawah depan mesin obras.
  • Tiang kedua berada di bagian atas mesin obras.
  • Tiang ketiga berada di bagian kiri samping mesin obras.

Mesin Obras

Sumber : https://www.ebth.com/

6. Looper

Looper merupakan istilah yang biasa dipakai untuk mendefinisikan lubang-lubang yang menjadi tempat benang dikaitkan. Looper pada mesin obras dapat dibedakan menjadi dua jenis.

  • Looper pertama yakni berupa over looper (pembentuk loop atas).
  • Looper yang kedua yakni berupa under looper (pembentuk loop bawah).

Mesin Obras

Sumber : http://fekrimges.pw/

7. Pisau Mesin Obras

Pisau mesin obras merupakan salah satu komponen penting yang umumnya terletak di sebelah jarum mesin. Fungsi utama dari pisau obras ini yaitu untuk memotong tepian kain secara otomatis sehingga tepian baju pria, baju wanita dan baju anak yang dihasilkan akan tampak lebih rapi.

Mesin Obras

Sumber : https://www.amazon.com/

Mencari pisau obras berkualitas dengan harga murah untuk pelengkap mesin obras anda?. Sahabat Fitinline bisa menemukannya Di Sini.

8. Pedal Mesin Obras

Seperti halnya mesin jahit, mesin obras pada prinsipnya juga dilengkapi dengan sebuah pedal yang berfungsi untuk membantu menggerakkan mesin obras. Untuk menjalankan mesin obras sebaiknya injak pedal mesin obras dengan hati-hati agar kecepatannya tetap stabil.

Mesin Obras

Sumber : https://www.ebth.com/

Alat Pelengkap Mesin Jahit

Untuk memaksimalkan fungsi mesin obras dan membantu kelancaran proses pengoperasian mesin obras suapkan juga beberapa macam alat pendukung lain yang dibutuhkan. Peralatan yang dimaksud diantaranya berupa pinset obras, tang kecil, benang obras, serta kain perca.

  • Benang obras berjumlah 3, 4, 5 atau 6 untuk mengobras bahan kain.
  • Kain perca biasa diperlukan untuk mencoba setikan mesin obras.
  • Tang kecil untuk melepaskan jarum mesin obras.
  • Pinset obras untuk memasukkan benang pada jarum atau pada bagian yang sulit. Pinset obras ini biasanya dapat dipakai pada berbagai merk mesin obras. Buat anda yang membutuhkan pinset obras, anda bisa membelinya Di Sini.

Cara Mengoperasikan Mesin Obras

Sekalipun mesin obras yang dapat dipakai untuk merapikan tepian tiras kain pada baju pria, baju wanita maupun baju anak-anak itu dapat dibedakan menjadi berbagai macam varian tapi cara penggunaannya kurang lebih sama saja.

1. Memasang Jarum Obras

Cara memasang jarum jahit pada mesin obras secara sederhana dapat di gambarkan sebagai berikut.

  • Untuk memasang jarum mesin obras pertama-tama naikkan jarum pada posisi tertinggi.
  • Longgarkan terlebih dahulu sekrup tiang jarum, kemudian memasukkan jarum obras sampai batas tertinggi dengan bantuan penjepit (tang).
  • Posisikan bagian cembung jarum di bagian belakang lalu pasang kembali sekrup penguat jarum dan kencangkan.

Mesin Obras

Sumber : https://so-sew-easy.com/

2. Memasang Benang Mesin Obras

Benang obras diperlukan untuk mengobras tepian serat kain agar lebih rapi. Untuk memasang benang mesin obras mula-mula longgarkan bagian tension agar benang lebih mudah dilepas. Pastikan pula bahwa benang telah aman dan mempunyai simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper. 

Mesin Obras

Sumber : http://fekrimges.pw/

Khusus untuk mesin obras benang tiga, benang yang akan digunakan juga berjumlah tiga. Penempatan benang obras ini secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Benang pertama terletak dibagian bawah depan mesin obras.
  • Benang kedua merupakan benang atas yang dimasukkan pada jarum atas.
  • Benang ketiga terletak di bagian samping kiri mesin.

Dibandingkan dengan benang jahit, benang obras ukurannya lebih halus. Tetapi jika dibandingkan dengan benang untuk wolsum benang obras ini sedikit lebih kasar. Untuk jenisnya sendiri, benang yang biasa digunakan untuk mengobras kampuh baju pria, baju wanita dan baju anak kebanyakan adalah benang polyster.

Mesin Obras

Sumber : http://fekrimges.pw/

3. Mengatur Tegangan Benang

Seperti halnya tegangan benang pada mesin jahit, tegangan benang mesin obras ini pada prinsipnya juga perlu diatur sesuai kebutuhan.

  • Untuk mengencangkan benang tegangan benang harus diputar ke arah kanan.
  • Untuk melonggarkan benang tegangan benang harus diputar ke arah kiri.
  • Namun jika hasil obrasan benang bagian depan terlalu pendek, maka tegangan benang pada bagian depan harus dilonggarkan dengan cara memutarnya ke arah kiri.

4. Mengganti Pisau Mesin Obras

Pisau obras merupakan salah satu komponen paling penting yang harus ada pada sebuah mesin obras. Fungsi utama dari pisau pemotong ini tidak lain adalah untuk memotong kain dalam satu operasi mesin sehingga jahitan yang dihasilkan akan terlihat rapi di bagian tepinya.

Supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya mesin obras harus dilengkapi dengan dua buah pisau obras yang tajam. Pisau yang dimaksud yaitu berupa:

Jadi ketika mesin dalam keadaan bergerak kedua pisau ini akan bekerja layaknya gunting yang memotong pinggiran kain.

Mesin Obras

Sumber : https://so-sew-easy.com/

Menggunakan pisau mesin obras yang sudah tumpul biasanya akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin jahit dan menyebabkan hasil potongan obras menjadi tidak bagus. Karena alasan itulah penting bagi anda untuk rutin mengganti pisau obras secara berkala.

Mengganti pisau obras yang sudah tumpul juga menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat mesin obras supaya bekerja dengan baik dan menghasilkan jahitan yang optimal. 

Mesin Obras

Sumber : https://thesewingloftblog.com/

5. Menjalankan Mesin Obras

Selesai memasang benang obras, jarum obras dan juga pisau obras, lakukan pengujian untuk memastikan bahwa mesin obras yang anda pakai dapat menganyam tepian bahan kain dengan baik.

  • Hubungkan kabel mesin obras dengan stop kontak.
  • Angkat sepatu mesin kemudian letakkan bagian tepi bahan yang akan di obras di bawahnya. Beri kelonggaran sekalian untuk merapikan pinggiran bahan.
  • Nyalakan mesin obras dengan menekan tombol ON.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai mesin obras benar-benar siap digunakan dan dynamo mesin obras menyala dengan stabil.
  • Perlahan-lahan injak pedal mesin obras dengan hati-hati. Injak bagian pedal mesin obras secara perlahan-lahan agar kecepatannya tetap stabil.
  • Perhatikan posisi tangan. Gunakan tangan kiri untuk memegang kain yang belum diobras sementara tangan kanan anda memegang kain yang telah diobras.
  • Periksa hasil obrasan apakah sudah sesuai dengan harapan anda atau belum. Bila hasil obrasan kurang bagus, maka yang harus diubah adalah tegangan benangnya.

Mesin Obras

Sumber : https://makeit-loveit.com/

Mesin Obras

Sumber : https://makeit-loveit.com/

6. Mengatasi Benang Obras Yang Mudah Putus

Bila benang yang ada pada mesin obras anda sering putus-putus sebaiknya segera cari sumber penyebabnya. Putusnya sebuah benang obras dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti jarum tumpul, looper kasar, needle plat kasar, gigi terlalu tinggi dan setelan kurang pas.

  • Untuk mengantisipasi looper yang kasar dan needle plat yang kasar kalau perlu lepas dan amplas bagian yang kasar tersebut.
  • Bila kemungkinan jarum obras terbalik atau miring sebaiknya ganti jarum obras tersebut dengan jarum yang baru dan luruskan pemasanganya.
  • Kalau posisi jarum bersenggolan dengan lidah sepatu jahit atau lidah plat sebaiknya setting kembali posisi plat agar seimbang dan tidak bersentuhan.
  • Jika ada kemungkinan jarum bersenggolan dengan looper atau sesama looper saling bertabrakan, sebaiknya setting kembali sesuai pedoman buku panduan.
  • Cek tension benang dengan cara menarik satu persatu benang obrasnya. Bila ada yang tersangkut, terlalu kencang, kendor atau salah alur sebaiknya setting kembali tension benang sesuai kekencangan yang pas.

Jika semua bagian sudah terpasang dengan benar tapi benangnya masih sering putus mungkin kecepatan mesin obras anda terlalu tinggi. Menggunakan mesin obras dengan kecepatan tinggi juga bisa membuat komponen mesin obras cepat aus lho. 

Mesin Obras

Sumber : https://makeit-loveit.com/

7. Mengatasi Jahitan Obras Yang Loncat

Kesalahan dalam menyeting mesin obras juga bisa menyebabkan hasil jahitan obras menjadi loncat-loncat karena salah satu anyaman tidak merajut.

  • Untuk mengatasinya teliti dulu apakah alur benang sudah benar.
  • Teliti juga apakah jarum yang anda gunakan sudah tumpul atau bengkok, jika iya segera ganti jarum obras anda dengan jarum yang lebih tajam.
  • Jika dirasa sudah benar namun jahitan masih loncat cek antara jarum dan looper bawah.
  • Usahakan agar jarak jarum dan looper bawah hanya menempel, tidak renggang dan tidak nabrak.
  • Cek juga looper atasnya apa sudah benar posisinya. Looper atas dan looper bawah juga tidak boleh menabrak ataupun renggang.

Mesin Obras

Sumber : https://makeit-loveit.com/

8. Membersihkan Mesin Obras

Selesai menggunakan mesin obras biasakan untuk selalu menekan tombol OFF mesin obras dan mencabut kabel yang menghubungkan mesin obras dengan arus listrik. Jika sudah selanjutnya segera bersihkan sisa-sisa benang dan potongan kain menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner. 

Mesin Obras

Sumber : https://sergerpepper.com/

  • Bersihkanlah bagian luar dan bagian dalam mesin obras terutama pada bagian pisaunya dan juga bagian kepalanya.
  • Hindari kebiasaan membiarkan mesin obras kehabisan benang saat dipakai untuk mengobras karena hal in dapat menyebabkan setelan mesin obras menjadi berkurang, mengakibatkan hasil obras kadang loncat atau mengkerut.
  • Pastikan minyak mesin selalu terjaga jangan sampai sering kehabisan. Kalau sering kehabisan minyak dampaknya mesin obras akan menjadi berisik, bunyinya sangat kasar dan menyebabkan mesin obras tidak bertahan lama.
  • Olesi komponen mesin obras dengan minyak khusus mesin jahit lalu letakkan kain perca dibawah sepatu mesin obras. Dengan memberikan minyak secara rutin, kemungkinan mesin obras untuk aus biasanya akan menjadi semakin kecil.

Mesin Obras

Sumber : https://sergerpepper.com/

Mesin Obras

Sumber : https://sergerpepper.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan mesin obras lengkap dengan cara penggunaannya. Kalau sahabat Fitinline kebetulan sedang mencari mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk membantu menyelesaikan proyek menjahit, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi mesin obras kami Di Sini.

Simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.