Article

Homepage Article Batik Keistimewaan Batik Lumajang…

Keistimewaan Batik Lumajang Dengan Aneka Motifnya Yang Beragam

Kabupaten Lumajang terletak di Propinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan kota pisang. Aneka produk makanan berbahan dasar pisang diolah menjadi keripik, selai, dan lain sebagainya. Bahkan motif batik yang terdapat di Lumajang pun banyak menggunakan motif yang terinspirasi dari pisang. Batik Lumajang merupakan batik tulis asli daerah Kabupaten Lumajang. Dimana untuk motif dan corak warna dari batik adalah sesuai dengan kondisi masyarakat Kabupaten Lumajang.

Batik Lumajang

Batik Lumajang

Sumber: http://kunjungilumajang.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik Lumajang bermula dari kegemaran seorang warga Lumajang yang suka membuat batik sendiri, tepatnya di daerah Bentengrejo, Kunir Kidul Kabupaten Lumajang, sehingga daerah tersebut menjadi kampung batik. Ada yang mengatakan kampung batik ini sempat mengalami kejayaan di era Orde Baru. Tetapi ada juga yang mengatakan kejayaan itu terjadi sebelum 1960. Berawal dari latar belakangnya yang hobi membatik, kemudian dia mengajak para pemuda dan masyarakat sekitar untuk membentuk kelompok batik. Batik Lumajang memiliki motif yang khas seperti motif pisang agung, gunung semeru, dan lain sebagainya.

Batik Lumajang

Batik Lumajang

Sumber: http://produsenbatik.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Pada proses pewarnaan, Batik Lumajang masih menggunakan warna-warna yang alami, sedangkan warna yanyg paling banyak digunakan adalah warna turqoise, seperti warna yang berasal dari tumbuhan manggis maupun pisang, warna-warna alami dan khas ini merupakan warna yang khas dari Batik Lumajang. Batik Lumajang memiliki motif atau corak yang cukup banyak, namun lebih dominan pada motif atau corak flora seperti motif pisang, namun ada juga motif lainnya seperti motif burung penglor, gelombang dan motif sulur.

Batik Lumajang Motif Pisang Agung

Batik Lumajang Motif Pisang Agung

Sumber: http://batiklumajang.wordpress.com

Batik Lumajang Motif Burung Penglor

Batik Lumajang Motif Burung Penglor

Sumber: http://oleh-olehkhaslumajang.blogspot.com

Batik Lumajang Motif Sulur

Batik Lumajang Motif Sulur

Sumber: http://kimpasirian.blogspot.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Selain di daerah Kunir, terdapat juga sentra batik di beberapa kecamatan yaitu Tempeh, Sukodono, dan Yosowilangun. Bahkan di Dusun Genitri, Kecamatan Rowokangkung yang berbatasan dengan Kabupaten Jember mulai muncul sebagai sentra kerajinan batik. Dan, daerah-daerah inilah yang kemudian muncul sebagai Kampung Batik di Lumajang. Di Kampung Batik ini, terdapat beberapa kelompok pengrajin yang bekerja kreatif untuk mengembangkan kerajinan batik. Namun, yang menjadi persoalan adalah industri kreatif berupa kerajinan batik ini, masih perlu dukungan melalui even promosi untuk memperkenalkan produknya.

Proses Membatik

Proses Membatik

Sumber: http://batiklumajang.wordpress.com

Promosi Batik Lumajang bisa melalui berbagai macam even, salah-satunya, dengan mewajibkan PNS di lingkungan Pemkab Lumajang untuk mengenakan Batik Lumajang di hari tertentu. Jajaran Kepala Desa, RT dan RW juga perlu diberikan seragam Batik Lumajang sebagai ajang untuk memasyarakatkan produk kerajinan khas Kota Pisang ini.

Batik Lumajang Motif Pisang

Batik Lumajang Motif Pisang

Sumber: http://kimpasirian.blogspot.com

Semoga bermanfaat.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.