Article

Homepage Article Jahit Menjahit Aplikasi Lipit Plisket Pada…

Aplikasi Lipit Plisket Pada Pakaian Lengkap Dengan Cara Mudah Untuk Membuat dan Merawatnya

Ingin tampil sempurna dalam setiap kesempatan?. Kalau sahabat Fitinline lebih suka berpenampilan feminim, anda bisa memilih untuk mengenakan rok, celana atau blouse yang dihias dengan lipit plisket sebagai statement fashion anda. Buat yang suka bereksperimen anda juga bisa membuat lipit plisket sendiri di rumah lho.

Pengertian Lipit Plisket

Sesuai desain dan teksturnya yang berlipat-lipat kain plisket dapat di klasifikasikan kedalam salah satu jenis kain tekstil yang terkesan unik dan eksklusif. Istilah plisket sendiri konon diadaptasi dari kata "pleats" yang biasa digunakan untuk menyebutkan teknik melipat kain secara rapi.

Kain Plisket

Sumber : https://www.etsy.com/

Catatan sejarah menyebutkan, seni melipat kain yang dikenal dengan sebutan pleats sendiri sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu tepatnya sejak zaman Mesir Kuno. Dimana pada zaman dulu pleats tersebut lebih banyak diaplikasikan pada kain berbahan katun, sutra, dan wol.

Kain Plisket

Sumber : https://www.etsy.com/

Terinspirasi dari seni melipat di masa lalu desainer asal Spanyol, Mariano Fortuny selanjutnya mulai menciptakan rok plisket untuk sejumlah artis dan seniman seperti Isadora Duncan, Eleonora Duse, dan Sarah Bernhardt. Rok plisket karya Mariano yang disebut "fortuny" dipatenkan pada tahun 1909.

Kain Plisket

Sumber : https://www.pinterest.com/

Teknik Pembuatan Lipit Plisket

Berdasarkan teknologi pembuatannya, teknik yang diterapkan untuk menciptakan kain plisket sendiri secara garis besar dapat dibagi menjadi dua macam yaitu dengan mesin otomatis dan dengan cara manual menggunakan bantuan setrika dan cairan kimia khusus yang dikenal dengan nama obat plisket.

Obat plisket sendiri merupakan sejenis cairan kimia yang berfungsi untuk mematenkan lipatan-lipatan pada kain ataupun ploi pada pakaian. Oleh sebagian besar penjahit obat plisket juga dapat dimanfaatkan sebagai pelicin sekaligus bahan pendukung supaya lipatan pakaian tetap terlihat rapi.

Obat Plisket

Sumber : https://www.imgrumweb.com/

Obat plisket secara umum tersedia dalam bentuk cairan bening dan berbau harum. Cara penggunaannya juga terbilang cukup mudah yaitu dengan mengoleskan atau menyemprotkan obat plisket pada kain.

  1. Tuang obat plisket ke dalam botol yang dilengkapi dengan alat penyemprot.
  2. Setelahnya semprotkan obat plisket pada kain sesuai kebutuhan anda.
  3. Bentuk lipitan-lipitan kecil pada kain lalu press dengan setrika.  
  4. Supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal gunakan setrika dengan panas yang pas untuk membentuk lipatan-lipatan kecil pada kain.

Obat Plisket

Sumber : https://www.etsy.com/

Dengan menggunakan obat plisket tersebut andapun bisa mendapatkan lipit-lipit pada kain yang rapi, awet dan tidak mudah berubah. Beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh obat plisket diantaranya:

  • Memudahkan seorang penjahit dalam membuat lipit pakaian yang tahan lama.
  • Dapat digunakan untuk merapikan dan menghaluskan pakaian.
  • Tidak mudah terbakar dan merusak lapisan teflon setrika.
  • Tidak akan melunturkan warna kain.
  • Tidak meninggalkan noda pada kain dan pakaian.
  • Obat plisket tidak akan mengganggu kesehatan.

Meskipun bentuk lipit kain yang dihasilkan dari cara manual atau tenaga manusia tidaklah jauh berbeda dengan lipit plisket buatan mesin, tapi tetap saja waktu yang dibutuhkan untuk membuat lipit plisket dengan mesin umumnya relatif lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Hal inilah yang membedakan keduanya. 

Mau tahu lebih detail lagi bagaimana cara kerja mesin plisket yang biasa dipakai untuk membuat lipit pada kain?. Gambaran sederhana mengenai cara pembuatan lipit plisket dengan menggunakan mesin otomatis bisa anda lihat pada penjelasan berikut.

  1. Untuk membuat lipit plisket pada kain, mula-mula masukkan kain yang masih rata ke dalam mesin plisket yang sedang berjalan.
  2. Saat kain sudah masuk secara otomatis kain tersebut akan dilipat-lipat oleh pisau pada mesin plisket. Jarak antar lipatan biasanya bisa disetting sendiri tergantung keperluan.
  3. Setelahnya kain akan melewati 3 buah rol pemanas yang sudah diselubungi kain katun agar kain yang diplisket tidak kontak langsung dengan rol tersebut.

Pada tahap ini dibutuhkan kertas roll yang bisa digulung dan dipakai berulang-ulang sebagai feeder/pembawa kain agar masuk ke mesin sekaligus pelapis yang tahan terhadap panas atau suhu tinggi. Adapun alat penggulungnya biasanya sudah 1 paket dengan mesin.

Kalau anda ingin membuat kreasi kain lipit sendiri di rumah maka anda bisa memanfaatkan obat plisket yang bisa dengan mudah dijumpai di toko peralatan jahit dan juga setrika. Langkah-langkah pembuatan lipit plisket secara manual secara umum dapat digambarkan sebagai berikut.

  1. Tuang obat plisket ke dalam tempat penyemprotan tanpa perlu ditambah air.
  2. Semprotkan obat plisket pada kain sedikit demi sedikit.
  3. Untuk membuat lipit plisket yang besarnya sama persis anda bisa mensiasatinya dengan membuat garis bantu terlebih dahulu pada kain.
  4. Lipat kain sesuai garis penanda kemudian gunakan setrika panas untuk membentuk lipatan permanen pada kain sesuai ukuran yang diinginkan.
  5. Untuk bahan yang tipis seperti georgete atau chiffon berilah lapisan diatasnya dengan kain erro atau kain mori agar kain yang anda setrika tidak hangus ataupun terbakar.
  6. Teruslah melipat dan menyetrika kain sampai ujung terakhir.
  7. Selesai membuat lipit-lipit pada kain selanjutnya anda bisa menggunakan kain tersebut untuk bahan dasar pakaian.

Aplikasi Lipit Plisket Dalam Fashion

Dalam dunia fashion pemanfaatan kain plisket sebenarnya sangat luas dan tidak hanya terbatas satu atau dua jenis produk saja meski memang penggunaannya lebih banyak pada pakaian wanita. Selain diaplikasikan pada rok, bahan plisket kini juga banyak diadaptasi sebagai bahan dasar celana, blouse, dress scarf dan hijab lho.

Tertarik untuk mengenakan busana yang dihias dengan detail plisket sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Berikut kami rekomendasikan beberapa model pakaian berdetail plisket yang bisa anda pakai.

Rok Plisket

Rok plisket merupakan model rok wanita yang dibuat dari bahan kain berlipit. Dipasaran rok plisket ini sebenarnya dapat dijumpai dalam beberapa macam tipe seperti rok mini, rok midi dan rok maxi yang bisa digunakan untuk berbagai macam acara yang berbeda tanpa membuat pemakainya kesulitan saat beraktivitas. 

Rok Plisket

Sumber : https://www.picbon.com/

Dengan desainnya yang elegan rok plisket sangat cocok dikenakan oleh wanita dalam setiap kesempatan baik itu untuk acara formal, semi-formal maupun casual. Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya. 

Rok Plisket

Sumber : https://www.warehouse-london.com/

Padupadan rok plisket ini pun juga sangat mudah, sebab anda bisa memakainya dengan berbagai pilihan outfit seperti blouse, hem, outer ataupun t-shirt. Bagi anda wanita muslim yang berhijab anda juga bisa mencontek Inspirasi Padupadan Rok Plisket Ala Shireen Sungkar Untuk Tampil Feminim

Rok Plisket

Sumber : https://www.instagram.com/shireensungkar/

Celana Plisket

Seperti halnya rok plisket rok plisket ini juga dibuat dari kain yang berlipit. Celana plisket sangat cocok dikenakan oleh para wanita karena bahannya yang jatuh dan lembut akan terlihat mewah jika dipadukan dengan berbagai macam model busana penutup tubuh bagian atas.

  • Celana plisket kulot merupakan model kulot yang memiliki potongan basic a-line. Meski awalnya banyak dibuat dari bahan yang tebal tapi tidak menutup kemungkinan celana ini dibuat menggunakan bahan plisket.

Celana Plisket

Sumber : https://www.zalora.co.id/

  • Celana plisket palazzo merupakan model celana wanita yang memiliki potongan lebar mulai dari pinggang sampai ke ujung kaki. Sepintas celana ini mirip dengan kulot namun bentuknya lebih panjang dan lebih lebar.

Celana Plisket

Sumber : https://www.dhgate.com/

  • Celana plisket harem merupakan model celana berbahan plisket yang memiliki karet diujung. Dengan bentuknya yang sedemikian unik celana ini sangat cocok jika dipakai oleh para wanita yang berhijab karena tidak membentuk kaki.

Celana Plisket

Sumber : https://www.farfetch.com/

  • Celana panjang plisket merupakan model celana panjang biasa yang terbuat dari bahan plisket. Model celana seperti ini sangat cocok bila dikenakan untuk acara-acara semi formal sampai acara yang sifatnya formal.

Celana Plisket

Sumber : https://picclick.com/

Blouse Plisket

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lipit plisket sebenarnya juga bisa dijumpai pada beberapa blouse wanita. Dengan adanya detail plisket yang ditambahkan sebagai pemanis maupun bahan utama pakaian secara menyeluruh, blouse wanita yang ditampilkan umumnya akan tampak makin cantik dan menarik.

  • Sebagai pemanis blouse wanita, lipit plisket biasa ditambahkan pada ujung lengan pakaian maupun badan bawah. 

Blouse Wanita

Sumber : https://tokosaga.info/

  • Untuk memberikan kesan lebih bervolume lipit plisket juga bisa ditambahkan pada bagian dada depan blouse wanita. 

Blouse Wanita

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Blouse wanita yang dibuat dari bahan full plisket bisa anda pakai sebagai pelengkap gaya formal saat bekerja atau sekedar hangout.

Blouse Wanita

Sumber : http://bajudresskorea.com/

Dress Plisket

Bagi yang ingin tampil beda saat menghadiri acara pesta anda bisa menggunakan dress berdetail lipit-lipit kecil yang dibuat dari bahan plisket. Walauoun plisket dulu identik dengan pakaian ibu namun dress plisket ini juga bisa membuat tampilan anda lebih menarik dan modis asal padupadannya juga sudah tepat. 

Dress Plisket

Sumber : https://www.lightinthebox.com/

Busana Muslim

Plisket sekarang ini juga sudah diaplikasikan untuk busana muslim dengan berbagai model. Karakteristik bahannya yang nyaman dipakai dan halus menjadikan busana muslim yang dibuat dari bahan plisket tampak begitu mewah dan menawan. Untuk mempercantik tampilannya beberapa ada juga yang dihiasi manik-manik.

Busana Muslim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Hijab Plisket

Sebagai pelengkap busana muslim detail plisket juga bisa diaplikasikan pada hijab yang praktis dan mudah dikenakan. Jika anda ingin mengenakan hijab yang dihias dengan aksen berlipit-lipit pastikan anda juga memilih model pakaian yang tepat ya. Untuk menghindari kesan terlalu penuh pilih pakaian yang berdesain simple.

Hijab Plisket

Sumber : https://id.carousell.com/

Cara Merawat Pakaian Plisket

Dibandingkan model busana lainnya, rok, celana, blouse dan dress yang dihiasi dengan aplikasi plisket memang terbilang cukup rumit dalam hal perawatannya. Sebab karakteristik dari bahan plisket yang jatuh dan lembut serta berlipit-lipit membuat proses merawat dan menyetrikanya sangat tidak mudah.

Supaya pakaian yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya berikut kami bagikan tips merawat pakaian plisket yang paling mudah dan bisa anda praktikkan sendiri di rumah mulai dari proses pencucian sampai cara menyimpannya.

  • Untuk merawat pakaian plisket pastikan anda tidak mencucinya dengan menggunakan mesin cuci atau bahkan mesin pengering pakaian.
  • Jangan pula mengucek dan menyikat pakaian plisket terlalu kuat karena cara pencucian semacam ini hanya akan merusak struktur lipitan pada permukaan kainnya.
  • Cuci rok plisket maupun celana plisket kesayangan anda dengan cara dicelup-celupkan saja ke air yang sudah diberi detergen setelahnya bilas dengan air hingga bersih.
  • Kebaskan rok atau celana plisket untuk mengurangi kelebihan kandungan air pada kain jangan diperas.
  • Selesai dicuci jemurlah pakaian anda di tempat yang bersih dan biarkan mengering dengan sendirinya.
  • Hindari menjemur pakaian plisket terlalu lama karena kemungkinan akan merubah tekstur kain dan tatanan lipitnya. Setelah dirasa cukup kering sesegera mungkin angkat pakaian anda dari tempat penjemuran.
  • Jika diperlukan anda bisa menyetrika rok plisket ataupun celana plisket yang sudah kering supaya makin rapi. Hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu:
    • Pakaian yang memiliki lipatan agak lebar mungkin dapat disetrika agar rapi.
    • Tapi untuk kain yang tipis yang memiliki lipatan kecil usahakan jangan disetrika.

Karena sekecil apapun kesalahan yang dilakukan dalam menyetrika akan begitu terlihat dan membuat lipatannya menjadi kurang rapi maka anda harus berhati-hati saat menyetrika pakaian.

  • Untuk mendapatkan hasil yang terbaik anda juga bisa menggunakan setrika uap gantung atau setrika uap berdiri dari pada menggunakan setrika listrik otomatis. Dengan begitu kesalahan dalam proses menyetrika bisa diminimalisir.
  • Ketika selesai disetrika sebaiknya jangan melipat rok ataupun celana plisket karena cara ini dapat merusak kerapian lipatan dari bahan plisket.
  • Untuk menyimpan pakaian berdetail plisket anda bisa menggantungnya pada gantungan baju agar kerapian lipatannya tetap terjaga dengan baik.

Sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bagimana cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk merawat pakaian plisket kesayangan anda. Jadi jangan sembarangan menyerahkan pakaian anda ke jasa laundry yang belum terlalu paham bagaimana cara memperlakukan pakaian berbahan plisket ya.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Plisket merupakan cara melipat pakaian sehingga lipatan tersebut tidak kembali, alias bentuk lipatan-lipatan yang dihasilkan bersifat permanen dan tampak rapi.
  2. Untuk membuat lipit plisket teknik yang diterapkan ada dua macam. Pertama dengan menggunakan mesin otomatis dan yang kedua dengan cara manual menggunakan setrika listrik.
  3. Pada proses pembuatan lipit plisket dengan setrika dibutuhkan pula yang namanya obat plisket. Obat ini diperlukan sebagai bahan pendukung supaya lipitan yang dihasilkan tampak lebih rapi dan menarik.
  4. Obat plisket sendiri merupakan bahan baku di industri garment maupun konveksi yang memiliki fungsi penting untuk mematenkan lipatan-lipatan sekaligus sebagai pelicin saat merapikan jahitan pakaian.
  5. Lipit plisket bisa diaplikasikan pada berbagai macam produk fashion modern. Tidak hanya terbatas pada rok saja, tapi kini banyak juga celana, blouse, dress, scarf dan juga hijab yang dibuat dari bahan serupa.
  6. Cara merawat pakaian plisket memang tidak bisa dibilang mudah sebab untuk mempertahankan bentuk lipitannya anda harus paham betul bagaimana cara yang tepat untuk mencuci dan menyetrikanya.
  7. Pakaian berdetail plisket akan lebih baik jika disimpan dengan cara di gantung supaya bentuk lipitannya tetap stabil dan tidak rusak.

Demikian pembahasan singkat mengenai seluk beluk lipit plisket beserta cara mudah untuk membuat dan merawatnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik seputar fashion simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.