Article

Homepage Article Jahit Menjahit Serupa Tapi Tak Sama Ini…

Serupa Tapi Tak Sama Ini Dia 6 Hal Utama Yang Membedakan Jahitan Obras Dengan Semi Obras

Pemakaian jahitan obras maupun jahitan semi obras pada pakaian memang bisa mempercepat pekerjaan menjahit. Meski sepintas tampak mirip, tapi kedua jenis jahitan tersebut sebenarnya tetap saja berbeda lho. Mau tahu hal-hal apa saja yang membedakan antara jahitan semi obras dengan obras yang sesungguhnya?.

Supaya anda tidak makin penasaran kali ini Fitinline akan mengupas lebih dalam lagi tentang perbedaan jahitan obras dan jahitan semi obras yang mungkin ada pada pakaian yang anda pakai. Tapi sebelumnya cari tahu terlebih dahulu yuk pengertian dari jahitan obras maupun jahitan semi obras itu sendiri.

Pengertian Jahitan Obras

Jahitan obras merupakan salah satu jenis jahitan yang biasa dipakai untuk mengikat pinggiran kain agar benang-benangnya tidak terlepas. Meski letak jahitan obras pada pakaian bisa dibilang tersembunyi tapi tetap saja jahitan obras memiliki peranan penting dalam mendukung keindahan dan kekuatan jahitan. 

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://www.thingsforboys.com/

Pengertian Jahitan Semi Obras

Tidak jauh berbeda dengan jahitan obras, jahitan semi obras sebenarnya juga bisa digunakan untuk merapikan tepian kain atau kampuh pakaian yang bertiras. Jahitan semi obras ini bisa anda pakai dalam keadaan darurat jika anda ingin mendapatkan pakaian yang tetap rapi dan menarik pada sisi bagian dalamnya.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://www.amazon.com.mx/

Dari penjelasan di atas bisa dilihat bahwa baik obras maupun semi obras keduanya sama-sama memiliki fungsi yang hampir mirip yaitu untuk merapikan pinggiran kain agar tidak bertiras. Meski demikian anda juga harus tahu bahwa bentuk jahitan dan alat yang digunakan untuk menjahitnya tetap saja berbeda.

Perbedaan Obras dan Semi Obras

Perbedaan paling mencolok antara jahitan obras dan jahitan semi obras terletak pada alat yang digunakan. Kalau jahitan obras itu biasa dibuat dengan mesin obras, maka jahitan semi obras sebenarnya bisa dibuat dengan mesin jahit multifungsi yang dipasangkan dengan sepatu khusus untuk mengobras kain.

Selain dibedakan berdasarkan alatnya, jahitan obras dan semi obras juga bisa dibedakan berdasarkan bentuk jahitan yang dihasilkan. Gambaran lengkap mengenai perbedaan antara jahitan obras dan jahitan semi obras bisa anda lihat melalui penjelasan berikut.

Jahitan Obras

Untuk membuat jahitan obras pada tepian kain diperlukan sebuah mesin khusus yakni berupa mesin obras atau overlock machine yang berperan penting untuk membuat jeratan benang. Selain lebih rapi pakaian atau bahan kain yang tepiannya dijahit dengan mesin obras biasanya juga menjadi lebih awet.

  1. Mesin obras selalu dilengkapi dengan pisau bagian bawah yang diam dan pisau atas yang bergerak untuk memotong kain dalam satu operasi mesin. Pisau pada mesin obras ini dinamakan pisau obras.
  2. Ketika mesin dalam keadaan bergerak kedua pisau ini akan bekerja layaknya gunting yang memotong pinggiran kain sehingga jahitan yang dihasilkan pada tepi kain akan menjadi lebih rapi dan bersih.
  3. Berdasarkan jumlah benang yang digunakan mesin obras juga dapat dibedakan menjadi beberapa macam jenis. Masing-masing mesin obras ini bisa digunakan dan disesuaikan dengan fungsi atau kebutuhannya masing-masing.
    • Mesin obras benang 3 biasa dipakai untuk mengobras kemeja dan juga blouse.
    • Mesin obras benang 4 biasa dipakai untuk menjahit baju sekaligus merapikan pinggiran kaos.
      • Menggabungkan antara rib dengan potongan badan.
      • Menggabungkan potongan badan satu dengan yang lain.
      • Menggabungkan potongan badan dengan potongan tangan.
    • Mesin obras benang 5 biasa dipakai untuk merapikan pinggiran jeans dan celana.
    • Mesin obras benang 6 biasa dipakai untuk mengobras kain dengan cara memanipulasi stitching atau jahitannya.

Untuk menghemat penggunaan benang sebagian besar konveksi atau garment biasanya akan lebih memilih menggunakan mesin obras benang 3 dengan tingkat kerapatan yang tidak terlalu rapat.

Jahitan Semi Obras

  1. Jahitan semi obras biasanya dapat dikerjakan dengan mesin jahit portable multifungsi yang dilengkapi fitur semi obras dan juga sepatu jahit pinggir (edge neatening foot). Pada bagian pinggir sepatu ini ada semacam besi untuk menjaga kerapian tepi kain saat dijahit.
  2. Mesin jahit yang dipakai untuk membuat jahitan semi obras tidak dilengkapi dengan pisau pemotong kain seperti layaknya pisau pada mesin obras jadi bagian tepi kainnya kurang begitu rapi.
  3. Mesin jahit untuk semi obras hanya membutuhkan 2 benang dan 1 jarum pada mesinnya. Meski hasil jahitan yang didapat dengan mesin ini kurang begitu bagus tapi benang yang diperlukan jauh lebih hemat.

Dibandingkan dengan jahitan semi obras yang dibuat dengan mesin jahit portable, jahitan obras yang sesungguhnya memang terlihat sangat rapi dan bagus. Jadi kalau anda ingin mendapatkan jahitan obras yang berkualitas memang sebaiknya menggunakan mesin obras sesungguhnya yang bisa anda temukan di toko alat jahit.

Dari sisi biaya semakin banyak benang yang digunakan maka akan semakin mahal biaya produksinya. Tapi dari sisi kualitas, keindahan dan kekuatan tentu saja lebih bagus. Untuk hasil jahitan mesin obras benang 4 saja mutunya pasti jauh lebih baik jika dibandingkan hasil jahitan yang dibuat dengan mesin obras benang 3.

Bentuk jahitan mesin obras benang 4 bisa anda lihat pada gambar berikut.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://shop.mybluprint.com/

Bentuk jahitan mesin obras benang 3 bisa anda lihat pada gambar berikut.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://shop.mybluprint.com/

Tapi kalau anda tidak memiliki mesin obras sementara anda benar-benar membutuhkan jahitan yang bagus untuk merapikan tepian kain yangbertiras anda masih bisa kok menggunakan mesin jahit portable multifungsi yang dipasangkan dengan sepatu jahit pinggir (edge neatening foot) untuk menjaga kerapian jahitannya.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://galerimesinjahit.indonetwork.co.id/

Membuat Jahitan Obras dan Semi Obras

Tertarik untuk membuat jahitan obras dan jahitan semi obras sendiri di rumah?. Bagi anda yang ingin mencoba keduanya maka anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Membuat Jahitan Obras

Untuk membuat jahitan obras siapkan terlebih dahulu mesin obras anda. Sekalipun mesin obras yang bisa anda pakai untuk merapikan tepian tiras kain dapat dibedakan menjadi berbagai macam model tapi cara penggunaannya kurang lebih sama saja.

Prinsip kerja yang bisa anda terapkan dalam menggunakan mesin obras diantaranya:

  1. Periksa pisau mesin obras di bagian bawah yang diam dan pisau obras di bagian atas yang bergerak. Jika sudah tumpul sebaiknya segera ganti dengan pisau baru.
  2. Pasangkan jarum mesin obras pada tiang jarum dengan posisi bagian cembung dari jarum jahit anda menghadap ke bagian belakang.
  3. Pasangkan benang obras sesuai alur benang. Untuk memudahkan anda saat memasangnya mula-mula longgarkan bagian tension agar benang lebih mudah dilepas.
  4. Pastikan bahwa benang telah aman dan mempunyai simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper.  Khusus untuk mesin obras benang tiga, benang yang akan digunakan juga berjumlah tiga.
    • Benang pertama terletak dibagian bawah depan mesin obras.
    • Benang kedua merupakan benang atas yang dimasukkan pada jarum atas.
    • Benang ketiga terletak di bagian samping kiri mesin.
  5. Selesai memasang benang selanjutnya atur tegangan benang mesin obras sesuai kebutuhan.
    • Untuk mengencangkan benang, tegangan benang harus diputar ke arah kanan.
    • Untuk melonggarkan benang, tegangan benang harus diputar ke arah kiri.
    • Namun jika hasil obrasan benang bagian depan terlalu pendek, maka tegangan benang pada bagian depan harus dilonggarkan ke arah kiri.
  6. Jika benang obras, jarum obras dan juga pisau obras sudah terpasang dengan benar lakukan pengujian untuk memastikan bahwa mesin obras yang anda pakai dapat menganyam tepian bahan kain dengan baik.
  7. Siapkan kain perca kemudian obras bagian tepinya dengan mesin anda. Periksa hasil obrasan apakah sudah sesuai dengan harapan anda atau belum. Bila hasil obrasan kurang bagus, maka yang harus diubah adalah tegangan benangnya.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber :  https://www.pinterest.com/

      8. Setting ulang mesin obras anda kemudian lakukan pengujian untuk melihat hasil obrasannya.
          Jika sudah bagus maka anda bisa langsung menggunakan mesin obras tersebut untuk mengobras pakaian anda sesungguhnya.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://www.thingsforboys.com/

Bila anda ingin merapikan kampuh kain yang bertiras dengan menggunakan mesin obras pastikan pula pemilihan kualitas dan kuantitas benang obrasnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Benang yang biasa dipakai untuk mengobras kain ukurannya lebih halus dibandingkan dengan benang jahit.
  • Untuk jenisnya sendiri benang yang biasa digunakan untuk mengobras kampuh baju pria, baju wanita dan baju anak kebanyakan adalah benang polyster.
  • Kalau dilihat lebih detil, benang obras lebih halus/berserabut dibandingkan benang jahit.
  • Harga benang obras pun jauh lebih murah dibandingkan dengan benang jahit.
  • Biasanya benang obras dijual dalam ukuran/cone besar sehingga penjahit tidak perlu terlalu sering mengganti benang.
  • Kualitas benang obras juga berbanding lurus dengan harganya, makin bagus kualitasnya makin mahal harganya.
  • Benang obras dengan kualitas buruk akan lebih rapuh dan mudah putus sehingga lebih rentan jika digunakan untuk jahitan obras.

Beberapa jenis benang obras yang bisa anda pakai untuk merapikan tiras kain atau pakaian anda diantaranya:

Membuat Jahitan Semi Obras Dengan Mesin Portable

Kalau anda ingin membuat jahitan semi obras di rumah pastikan anda sudah mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan termasuk sepatu jahit khusus bernama edge neatening foot atau sepatu jahit pinggir yang nantinya anda perlukan untuk menjahit baju sekaligus merapikan pinggiran jahitannya.

Edge neatening foot atau sepatu jahit pinggir sendiri sebenarnya merupakan jenis sepatu jahit yang biasa digunakan untuk membuat semi obras pada kain tekstil, kerapatan semi obras sangat tergantung pada tension mesin jahit.

Khusus untuk anda yang baru pertama kali memakai sepatu jahit pinggir, jadi pada bagian bawah sepatu ini biasanya terdapat sebilah besi putih yang berguna untuk menggulung kain secara otomatis. Sedangkan pada bagian atasnya terdapat sebilah besi hitam yang akan menahan kain agar jahitan tetap lurus.

Untuk merapikan jahitan dan membantu meminimalisir benang yang berjumbai pada tepian kain tekstil, anda bisa memanfaatkan pola jahitan zigzag yang sebagian besar terdapat pada sejumlah mesin jahit portable. Cara penggunaannya kurang lebih hampir sama dengan teknik menjahit baju seperti pada umumnya.

Prinsip kerja yang bisa anda terapkan dalam membuat jahitan semi obras dengan menggunakan mesin jahit portable multifungsi diantaranya:

  1. Pertama-tama pasangkan jarum jahit dan sepatu jahit pinggir pada mesin jahit anda.
  2. Pasangkan pula benang atas dan bawah mesin jahit sesuai alur benangnya. Agar jahitan yang dihasilkan jauh lebih awet, tidak mudah putus dan juga kuat, benang yang dipilih harus memiliki kualitas yang bagus.
  3. Selesai memasang benang jahit selanjutnya pilih pola jahitan berbentuk zig zag pada mesin jahit anda. Sesuaikan pula jarak setikannya dengan kebutuhan.
  4. Letakkan bahan kain pada bagian bawah sepatu jahit pinggir dengan posisi bagian tepi kain yang akan anda jahit sebisa mungkin bersentuhan dengan logam yang terdapat pada sepatu jahit kemudian jalankan mesin jahit secara perlahan.
  5. Selesai menjahit baju atau membuat jahitan semi obras buat simpul pada bagian awal dan akhir jahitan sebagai penyelesaiannya supaya jahitan tersebut tidak mudah terlepas.
  6. Sampai di sini jahitan semi obras sudah selesai dibuat dan anda bisa melihat secara langsung hasil akhirnya seperti apa.

Jahitan Obras dan Semi Obras

Sumber : https://www.wayfair.com/

Walaupun dari segi bentuk dan kualitasnya jahitan semi obras  yang didapat memang tidak sebagus pola yang dihasilkan oleh mesin khusus obras. Tapi dibalik itu semua sepatu jahit pinggir ini akan sangat membantu pada keadaan darurat khususnya bagi anda yang suka membuat berbagai macam kreasi dari bahan tekstil.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Untuk menjahit produk craft fungsi obras maupun semi obras sebenarnya tidak terlalu diperlukan karena umumnya setiap pinggiran jahitan akan tertutup oleh bias binding.
  2. Untuk menjahit baju atau pakaian pakaian keberadaan jahitan obras maupun jahitan semi obras harus diperhatikan agar kualitas pakaian yang dihasilkan jadi lebih baik.
    • Bila anda ingin membuat pakaian yang hasil akhirnya akan dipakai sendiri maka jahitan semi obras dari mesin jahit portable sudah mencukupi.
    • Tapi kalau anda ingin membuat pakaian yanh hasil akhirnya akan dipakai orang lain (permak atau konveksi rumahan) akan lebih baik bila kita menggunakan mesin obras.
  3. Penggunaan mesin obras untuk merapikan tepian kain yang bertiras tetap harus di utamakan supaya hasil yang didapat terlihat lebih profesional dan proses menjahitnya jadi lebih cepat.
  4. Kalau dalam keadaan darurat maka anda bisa menggunakan mesin jahit portable yang dipasangkan dengan sepatu jahit pinggir untuk membuat jahitan semi obras. 

Demikian pembahasan singkat mengenai jahitan obras yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan apa kelebihan dan kekurangan dari jahitan obras maupun jahitan semi obras pada pakaian bukan?. Simak terus artikel dari kami ya...

Kalau sahabat Fitinline kebetulan sedang mencari mesin obras berkualitas dengan harga murah untuk membantu menyelesaikan proyek menjahit anda lihat-lihat dulu koleksi mesin obras kami Di Sini yuk. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.