Article

Homepage Article Kain Tekstil 9 Jenis Aksesoris Gorden…

9 Jenis Aksesoris Gorden dan Fungsinya

Untuk menghalangi cahaya yang masuk dan keluar dari bangunan rumah melalui jendela kaca yang tembus pandang sebagian besar orang selalu memasang gorden atau tirai pada hunian mereka. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga privasi dan mencegah orang yang berada di luar ruangan untuk dapat melihat bagian dalam rumah. 

Acessories Gorden

Sumber : http://ideproperti.com/

Gorden atau tirai yang banyak dibuat dari berbagai macam jenis bahan kain sendiri secara keseluruhan tersedia dalam berbagai macam bentuk, ukuran, warna, dan pola yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Beberapa juga diberi tambahan aksesoris untuk menunjang penampilan gorden agar terlihat elegan dan enak dipandang. 

Acessories Gorden

Sumber : http://rumahgorden.com/

Aksesoris yang dimaksud diantaranya berupa pipa gorden, rel gorden, smoke ring, ring pipa, tassel, hook, roda dan kawat gorden, stick gorden serta renda.

Acessories Gorden

Sumber : http://rumahgorden.com/

Pipa Gorden

Fungsi utama dari pipa gorden adalah untuk menggantung gorden sekaligus menambah nilai kemewahan atau kemegahan suatu susunan gorden. Dimana jenis bahan yang digunakan untuk membuat pipa gorden sendiri sangat bermacam-macam baik itu dari alumunium, stainless, maupun besi dalam berbagai warna dan ukuran diameter. 

Acessories Gorden

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Rel Almini

Seperti halnya pipa gorden, rel almini ini juga berfungsi untuk menggantung gorden. Meskipun mulai ditinggalkan masyarakat karena banyak yang beralih menggunakan pipa gorden namun nyatanya rel almini juga masih digunakan untuk menggantung gorden khususnyaa gorden model plisket dan vitrage.

Acessories Gorden

Sumber : http://rajagordenbandung.com/

Smoke Ring

Smoke ring yang letaknya berada didalam kain gorden bagian atas berfungsi sebagai objek untuk menggantungkan gorden. Smoke ring ini biasa digunakan sebagai pengganti ring pipa, karena lebih praktis dan lebih kuat. Dengan begitu gorden yang digantung menggunakan smoke ring ini dijamin tidak mudah jatuh jika tertarik.

Acessories Gorden

Sumber : http://pdterusjaya.indonetwork.co.id/

Ring Pipa

Sama halnya dengan smoke ring, ring pipa sendiri fungsinya hampir sama dengan smoke ring yaitu sebagai objek untuk menggantungkan gorden. Bedanya ring pipa ini terletak dibagian atas gorden bukan di dalam gorden sehingga masih membutuhkan kawat gorden untuk mengaitkannya. 

Acessories Gorden

Sumber : http://www.renovasi-ku.com/

Tassel

Tassel merupakan sebuah assesoris gorden yang dibuat dalam bentuk tali menjuntai. Bentuknya kurang lebih mirip dengan sebuah tampar yang memiliki kepala berbentuk bulat layaknya sebuah botol. Fungsi dari tassel gorden adalah untuk menahan tirai agar tidak menutup pada saat dibuka.

Acessories Gorden

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Hook

Sebagai bagian dari aksesoris gorden, hook ini merupakan gantungan atau kail berukuran panjang yang biasa dipasangi tassel. Model dan varian dari hook sendiri sangat bermacam-macam, beberapa dibuat dalam ukuran besar namun ada juga yang memiliki diameter kecil.

Acessories Gorden

Sumber : http://kedaigordensemarang.blogspot.co.id/

Roda dan Kawat Gorden

Roda dan kawat mempunyai fungsi penting untuk mengaitkan gorden ke pipa atau rel almini. Model maupun warna dari kawat gorden ini sangat bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, meski sebagian besar tetap didominasi oleh roda gorden yang berwarna putih.

Acessories Gorden

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Stick Gorden

Stick gorden banyak dijumpai pada jenis gorden model kupu-kupu. Fungsi utama dari stick gorden ini adalah sebagai assesoris agar gorden dapat terpasang dengan benar, yaitu untuk merentangkan kain gorden bagian atas dan bawah.

Acessories Gorden

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Renda

Renda yang dipasangkan pada gorden biasa difungsikan untuk memperkaya tampilan sebuah gorden supaya terkesan lebih menarik. Jenis renda yang banyak digunakan pada gorden sendiri bisa dibuat dari berbagai macam material baik itu berupa bahan kain lace atau material lain yang secara sekilas terlihat seperti manik-manik kecil yang bergelantungan.

Acessories Gorden

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat gorden atau tirai?. Simak yuk pembahasan mengenai Jenis Kain Untuk Membuat Gorden.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.