Article

Homepage Article Kain Pemanfaatan Bahan Vitrase…

Pemanfaatan Bahan Vitrase Pada Kelambu Tidur

Tahukah anda bahwa selain dimanfaatkan sebagai bahan gorden jendela, bahan vitrase ternyata juga sangat cocok untuk dijadikan kelambu tempat tidur lho. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang karakteristik bahan vitrase dan aplikasinya pada kelambu langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kelambu

Kelambu menurut fungsinya termasuk ke dalam jenis perlengkapan rumah tangga yang biasa dipasang di tempat tidur dengan tujuan untuk melindungi tubuh dari serangan nyamuk, lalat bahkan serangga kecil lainnya yang bisa menggangu ketenangan tidur dan dapat menyebabkan penyakit seperti malaria dan filariasis.

Kelambu Tidur

Sumber : https://www.ikea.gr/

Jenis-Jenis Kelambu

Sebagai salah satu perlengkapan tidur yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, kelambu ini secara umum dapat dijumpai dalam berbagai model yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya yakni berupa box mosquito net, bell mosquito net, belf supporting mosquito net serta wedge & ridge mosquito net.

  • Box Mosquito Net

Box mosquito net merupakan kelambu tidur yang memiliki bentuk persegi dan biasa dilengkapi dengan kerangka khusus untuk diaplikasikan pada bagian atas tempat tidur.

Kelambu Tidur

Sumber : https://www.pyramidtravelshop.co.uk/

  • Bell Mosquito Net

Bell mosquito net merupakan kelambu tidur yang bentuknya menyerupai lonceng dengan bagian atas yang bisa dibilang cukup tingg sehingga  tetap terasa sejuk meski digunakan untuk tidur.

Kelambu Tidur

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

  • Self Supporting Mosquito Net

Self supporting mosquito net merupakan kelambu tidur yang memiliki bentuk melengkung karena dilengkapi kawat elastis yang mudah untuk dibongkar pasang. Tapi karena bentuknya yang melengkung kelambu ini sedikit sulit untuk dibawa bepergian.

Kelambu Tidur

Sumber : https://www.indiamart.com/

  • Wedge & Ridge Mosquito Net

Wedge & ridge mosquito net merupakan kelambu tidur yang berbentuk menjuntai ke bawah mengelilingi bagian tempat tidur. Karena cukup rapat kelambu ini memang agak sedikit menyulitkan orang yang ingin keluar atau masuk.

Kelambu Tidur

Sumber : https://www.gapyeartravelstore.com/

Bahan Untuk Kelambu

Untuk pilihan bahannya kelambu tidur sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda. Beberapa contoh bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kelambu antara lain berupa:

  • Bahan nilon dan poliester yang harganya terjangkau, tahan lama dan cenderung tidak mudah sobek.
  • Bahan rami yang dapat membuat suhu di dalam kelambu tetap sejuk. Sayangnya bahan ini tergolong cukup mahal dan paling jarang ditemukan di pasaran.
  • Bahan katun yang lembut dikulit dan aman untuk kulit bayi. Meskipun begitu bahan katun ini lebih mudah koyak dibanding dua bahan lainnya.

Selain dibuat dari sejumlah bahan di atas, vitrase yang biasa digunakan untuk bahan gorden jendela ternyata juga sangat cocok untuk dijadikan kelambu tempat tidur. Bahan ini secara umum memiliki ciri khas seperti jaring kecil yakni permukaannya berlubang-lubang sehingga menjadikan tampilannya tampak transparan.

Kelambu Tidur

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan vitrase diantaranya:

  • Bahan vitrase tersusun dari anyaman benang yang ditenun longgar sehingga menghasilkan pori-pori yang besar hingga ukuran lubangnya terlihat jelas oleh mata.
  • Bahan vitrase mempunyai tekstur yang sangat khas yakni seperti jaring.
  • Bahan vitrase umumnya memiliki tekstur yang ringan dan lembut.
  • Bahan vitrase cenderung bersifat semi transparan.
  • Bahan vitrase memiliki susunan serat kain yang terjalin dengan sangat kuat.
  • Bahan vitrase dengan banyak pori besar memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.
  • Bahan vitrase cenderung tidak mudah kusut karena terbuat dari serat poliester.
  • Bahan vitrase cukup mudah dibersihkan dan proses pengeringannya juga cepat.

Kelambu Tidur

Sumber : https://shopee.co.id/

Dengan memanfaatkan bahan vitrase sebagai material utamanya, kelambu yang dibuat dari bahan inipun tidak hanya berfungsi sebagai pelindung saat beristirahat di tempat tidur namun juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting.

1. Mengurangi Udara Dingin

Kelambu berbahan vitrase dapat digunakan untuk mengurangi udara dingin sekalipun bahan yang biasanya digunakan untuk membuatnya cenderung tipis dan juga transparan karena memiliki banyak lubang kecil menyerupai jaring.

2. Menyamarkan Pandangan

Kelambu dari bahan vitrase dapat dimanfaatkan unruk menyamarkan pandangan atau membuat pandangan di sekeliling kamar menjadi lebih redup. Dengan adanya kelambu ini pandangan anda bisa sedikit tersamarkan walau kondisi lampu kamar tetap menyala.

3. Sebagai Dekorasi Tambahan

Berikutnya kelambu dari bahan vitrase juga dapat digunakan sebagai dekorasi tambahan pada area kamar tidur. Supaya tampilannya lebih menarik anda bisa menggunakan rangka kelambu dengan bentuk yang unik.

4. Menghadirkan Suasana Vintage

Kelambu dengan tampilan klasik dan juga antik bisa membuat suasana kamar yang mengusung tema vintage atau klasik semakin terasa lengkap sekaligus mewah.

Tips Merawat Kelambu

Supaya kelambu dari bahan vitrase yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu lama jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan cara yang baik dan benar. Yakni dengan mencuci kelambu secara rutin agar debu dan bakteri yang menempel pada kelambu tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Untuk mencuci kelambu berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda coba.

  • Lipat kelambu menjadi lingkaran kemudian ikat dengan karet / tali.
  • Siapkan air di dalam ember atau bak kemudian tambahkan deterjen yang berbahan lembut.
  • Masukkan kelambu ke dalam ember yang sudah terisi dengan air dan detergen.
  • Cuci dan kucek ringan kain kelambu dengan kedua tangan lalu bilas hingga tidak ada lagi busa detergen yang tertinggal.
  • Terakhir gantung kelambu di tempat yang teduh dan biarkan hingga kering dengan sendirinya.

Setelah kering anda bisa langsung memasang kembali kelambu pada tempat tidur atau menyimpannya. Tapi ingat jika anda ingin menyimpannya pastikan anda melipat terlebih dahulu kelambu tersebut dengan rapi baru kemudian simpan di tempat yang bersih dan kering.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan vitrase dan aplikasinya pada kelambu tempat tidur yang dapat kami rangkum untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan kelambu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Jadi dengan menggunakan kelambu saat tidur anda tidak perlu repot-repot lagi menyalakan obat nyamuk atau bahkan menggunakan lotion anti nyamuk.

Butuh bahan vitrase berkualitas dengan harga murah untuk membuat kelambu?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Vitrase yang kami miliki.

Semoga barmanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.