Article

Homepage Article Fashion Design 8 Penyebab Munculnya Noda…

8 Penyebab Munculnya Noda Putih Pada Pakaian Setelah Dicuci

Pernah menjumpai adanya noda putih pada pakaian berwarna padahal kamu sudah merasa mencuci bahkan mengeringnya dengan baik dan benar?. Untuk mengetahui alasan mengapa noda putih tersebut bisa muncul pada pakaian dan apakah ada cara untuk mencegahnya, kamu bisa menyimak pembahasan berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Penyebab Noda Putih di Pakaian

Munculnya noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, namun yang paling umum diantaranya:

1. Penggunaan Deterjen Yang Berlebihan

Menggunakan terlalu banyak deterjen (baik itu detergen bubuk maupun detergen cair) saat mencuci pakaian, dapat menyebabkan penumpukan residu deterjen pada pakaian dan memicu munculnya noda putih atau bercak-bercak putih yang mengganggu keindahan pakaian. 

Noda Putih Pada Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Deterjen Tidak Larut Sepenuhnya

Deterjen yang tidak sepenuhnya larut di dalam air kemudian menempel pada serat kain selama proses pencucian, biasanya juga dapat meninggalkan noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian setelah dikeringkan.

3. Pembilasan Yang Kurang Bersih

Proses pembilasan yang kurang maksimal dapat menyebabkan deterjen atau kotoran lainnya tetap menempel pada pakaian dan meninggalkan noda putih atau bercak-bercak putih setelah pakaian dikeringkan.

Noda Putih Pada Pakaian

Sumber : https://cleanzen.com/

4. Penggunaan Pelembut Yang Berlebihan

Selain penggunaan detergen pakaian yang terlalu banyak, penggunaan pelembut kain yang berlebihan dan tidak benar juga dapat menyebabkan noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian.

Noda Putih Pada Pakaian

Sumber : https://inthewash.co.uk/

5. Residu Kapur Dari Air

Pada beberapa kasus penggunaan air yang memiliki kandungan kapur cukup tinggi untuk mencuci pakaian dapat meninggalkan noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian. Alasannya yaitu karena ketika airnya menguap kapur dapat meninggalkan residu pada serat kain.

6. Kotoran Pada Mesin Cuci

Mesin cuci yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan timbulnya noda putih pada pakaian. Karena seiring berjalannya waktu, kotoran, buih sabun dan endapan mineral lainnya dapat menumpuk di tabung dan menempel pada pakaian selama siklus pencucian berlangsung.

Noda Putih Pada Pakaian

Sumber : https://www.familyhandyman.com/

7. Pakaian Yang Tidak Tahan Pemutih

Selain disebabkan oleh beberapa faktor di atas, penggunaan pemutih pada pakaian yang tidak tahan dengan bahan pemutih dapat menyebabkan bercak putih atau merusak warna pakaian.

  • Pemutih pakaian biasanya mengandung bahan kimia yang dapat bereaksi dengan pigmen warna pada pakaian.
  • Pada pakaian yang tidak dirancang untuk tahan pemutih makanya terkadang muncul bercak-bercak putih sebagai hasil dari reaksi kimia.

8 .Residu Deodoran di Baju

Penggunaan deodoran yang berlebihan dan tidak dibersihkan dengan cara yang tepat bisa menyisakan noda putih atau bercak-bercak putih terutama pada baju yang berwarna gelap seperti halnya warna hitam.

  • Noda deodoran pada baju yang gelap biasanya akan terlihat setelah pakaian kering.
  • Noda deodoran pada baju yang gelap akan membuat pakaian terlihat kurang menarik.

Noda Putih Pada Pakaian

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Mencegah Noda Putih

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa langkah-langkah sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Pastikan kamu menggunakan deterjen dan pelembut pakaian yang takarannya sesuai dengan jumlah pakaian yang akan kamu cuci.
  • Hindari penggunaan air yang mengandung zat kapur cukup tinggi atau pertimbangkan untuk memfilter air tersebut biar kandungan kapur dalam airnya berkurang, sebelum kamu menggunakannya untuk mencuci pakaian.
  • Larutkan deterjen dan pelembut pakaian dengan baik sebelum kamu menambahkan pakaian ke dalamnya.
  • Periksa dan bersihkan mesin cuci secara teratur untuk memastikan bahwa mesin cuci yang kamu pakai bisa berfungsi dengan baik dan  tidak memicu munculnya noda putih pada pakaian.
  • Pastikan pula detergen atau pelembut yang kamu pakai cocok dengan jenis pakaian yang kamu cuci.
  • Lakukan proses pembilasan sampai airnya jernih untuk menghilangkan semua residu deterjen yang mungkin menempel pada serat-serat pakaian.
  • Jika noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian kemungkinan muncul karena penggunaan detergan yang berlebihan, maka kamu bisa mencuci ulang baju terebut tanpa menambahkan lebih banyak deterjen.

Jika kamu sudah mencoba beberapa langkah di atas tapi masih sering menjumpai masalah yang sama, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli dalam menangani permasalahan tersebut.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya noda putih atau bercak-bercak putih pada pakaian setelah dicuci dan dikeringkan, serta beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya masalah serupa di kemudian hari.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa membantu kamu untuk lebih mudah dalam merawat pakaian kesayangan yang kamu miliki dengan cara yang baik dan bernar ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain di katalog kain kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.