Article

Homepage Article Kain 6 Rekomendasi Bahan Terbaik…

6 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Membuat Jaket Cagoule

Jaket cagoule dikenal sebagai salah satu jenis jaket yang dapat diandalkan untuk menggantikan jas hujan. Buat anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang karakteristik jaket cagoule dan contoh bahan kain yang dapat digunakan sebagai material utamanya, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Cagoule

Jaket cagoule merupakan istilah bahasa Inggris Britania untuk jas hujan ringan yang biasa didesain tanpa lapisan dan terkadang memiliki panjang hingga sebatas lutut. Di beberapa negara seperti Amerika, jaket cagoule sendiri tergolong ke dalam jenis windbreaker sedangkan di Australia termasuk ke dalam jenis jaket parka.

Jaket Cagoule

Sumber : https://shopee.com.my/

Dari segi desain, varian jaket yang banyak terinspirasi dari jaket parka ini umumnya juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu pada bagian tengahnya memiliki kantong seperti kantong doraemon. Sementara bahan yang digunakan untuk jaket ini juga serupa dengan jaket parka lainnya.

Jaket Cagoule

Sumber : https://shopee.co.id/

Karakteristik Jaket Cagoule

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan jaket cagoule dengan model jaket pria dan jaket wanita yang lain diantaranya: 

  • Jaket cagoule memiliki tudung bulat untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari dan hujan ringan.
  • Jaket cagoule memiliki kantung di bagian perut untuk memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan dompet.
  • Jaket cagoule memiliki tali elastis pada bagian lengan.
  • Jaket cagoule memiliki resleting pendek di leher jadi hanya bisa dilepas lewat atas saja seperti polo shirt (kaos polo).
  • Jaket cagoule kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian bawahnya.
  • Jaket cagoule dapat dijumpai dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda-beda.
  • Jaket cagoule sangat cocok dikenakan ketika cuaca sedang dingin atau hujan.
  • Jaket cagoule yang stylish akan memberikan kesan keren saat dipakai untuk hangout atau aktifitas lainnya.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Bahan Pembuatan Jaket Cagoule

Terkait dengan bahan kain yang digunakan sebagai material utamanya, jaket cagoule ini pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis kain yang bervariasi. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Taslan

Kain taslan termasuk ke dalam salah satu bahan jaket yang bagus dan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi karena terbuat dari benang sintetis bertekstur yang ditenun secara modern.

  • Kain taslan terkenal lembut, ringan tapi kuat dan mempunyai daya tahan tinggi.
  • Kain taslan tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca.
  • Kain taslan sebagian besar bersifat anti jamur dan anti minyak jadi sangat mudah dibersihkan.
  • Kain taslan cenderung mudah kering apabila basah.
  • Kain taslan tidak mudah kusut ataupun lecek sehingga tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berkali-kali.

Untuk membuat jaket cagoule beberapa contoh bahan kain taslan yang dapat digunakan antara lain berupa:

2. Kain Parasut

Kain parasut merupakan kain berbahan serat sintetis yang dihasilkan melalui serangkaian proses pengolahan minyak bumi. Sebagai bahan pembuatan jaket yang berkualitas kain ini sebenarnya cenderung tipis tapi masih cukup bagus untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.

Untuk membuat jaket cagoule beberapa contoh bahan kain parasut yang dapat digunakan antara lain berupa:

3. Kain Mayer

Kain mayer merupakan sejenis kain parasut polyester yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap. Kain ini secara umum memiliki sifat hidrofobik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket cagoule karena efek kilapnya terkesan lebih mewah dan ekslusif.

Untuk membuat jaket cagoule beberapa contoh bahan kain mayer yang dapat digunakan antara lain berupa:

4. Kain ZN

Kain ZN termasuk ke dalam jenis bahan jaket yang bagus, awet, lebih lemas dan lebih berat meski ketebalannya sama dengan kain taslan. Dengan karakteristiknya yang sedemikian bagus kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat jaket cagoule.

Untuk membuat jaket cagoule beberapa contoh bahan kain ZN yang dapat digunakan antara lain berupa:

5. Kain Micro

Kain micro merupakan sejenis bahan kain microfiber terbaik untuk yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi kain ini sebenarnya memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan angin dan udara dingin.

Untuk membuat jaket cagoule beberapa contoh bahan kain micro yang dapat digunakan antara lain berupa:

6. Kain Despo

Kain despo merupakan sejenis kain yang kalau dipegang cenderung licin, halus, ringan, tidak mudah kusut dan beberapa ada yang bersifat waterproof (anti air). Selain itu kain ini umumnya juga memiliki karakteristik yang cukup kuat, awet, mudah kering dan tidak mudah kusut.

Untuk membuat jaket cagoule beberapa contoh bahan kain despo yang dapat digunakan antara lain berupa:

Tips Padupadan Jaket Cagoule

Untuk pelengkap gaya penampilan pria dan wanita yang stylish jaket cagoule inipun secara umum dapat dipadupadankan dengan berbagai fashion item yang lain. Untuk inspirasinya anda bisa mencontek tips berikut.

  • Pertama anda bisa memadupadankan jaket cagoule dengan celana jeans, kaos oblong, beanie hat dan sneakers untuk pelengkap gaya penampilan yang keren saat hangout.

Jaket Cagoule

Sumber : https://shopee.com.my/

  • Kedua anda bisa memadupadankan jaket cagoule dengan celana cargo yang identik dengan banyak kantong penyimpanan pada bagian samping dan bagian belakangnya.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Ketiga anda bisa memadupadankan jaket cagoule dengan celana training jika anda memerlukan outfit yang keren untuk keperluan jogging.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.tradeinn.com/

  • Keempat anda bisa memadupadankan jaket cagoule dengan celana sepeda yang bahannya lentur dan ringan sehingga memungkinkan tubuh lebih bebas bergerak saat bersepeda.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.superdry.my/

  • Alternatif lain anda bisa memadupadankan jaket cagoule dengan short pants jika ingin tampil lebih santai saat bepergian.

Jaket Cagoule

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik jaket cagoule dan rekomendasi bahan untuk membuatnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan yang dapat digunakan untuk jaket semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan bahan jaket yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Download Pola Jaket Parka Parasut dari kami kalau anda ingin membuat jaket sendiri yang memiliki kemiripan dengan jaket cagoule.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.