Article

Homepage Article Cara Menjahit Membuat Tempat Makeup Sederhana…

Membuat Tempat Makeup Sederhana Dari Bahan Kain

Bagi sebagian wanita, membawa perlengkapan makeup saat bepergian sama pentingnya dengan membawa dompet dan handphone. Sebab keberadaan makeup bisa menjadi penolong untuk wanita agar tampil lebih fresh pada setiap kesempatan.

Untuk menyimpan makeup supaya tidak tercecer sahabat Fitinline tentu membutuhkan yang namanya wadah untuk menempatkan makeup tersebut. Cari tahu yuk bagaimana cara membuat tempat makeup sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya mahal.

Tempat Makeup

Sahabat Fitinline bisa memulainya dengan menyiapkan bahan kain yang akan digunakan untuk membuat tempat makeup. Jenis kain yang digunakan bisa berupa kain kanvas maupun bahan kain lainnya.

Bahan kain yang dibutuhkan dalam pembuatan tempat makeup sendiri terbagi atas dua macam. Satu lembar kain untuk bagian luar tempat makeup dan satu lembar lagi untuk bagian dalam tempat makeup.

Dimana pola yang dipakai dalam pembuatan tempat makeup yaitu berbentuk bidang datar persegi panjang. Untuk ukurannya sendiri sahabat Fitinline bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja 30 cm x 20 cm.

Buat pola tempat makeup pada selembar kertas, kemudian pindahkan garis pola tersebut pada bahan kain yang akan digunakan sebagai bagian dalam tempat makeup kemudian gunting.  

Tempat Makeup

Tempat Makeup

Lakukan hal yang sama untuk mendapatkan potongan bahan kain untuk bagian luar tempat makeup.

Tempat Makeup

Tempat Makeup

Siapkan viselin atau kain pelapis yang cukup tipis kemudian rekatkan bahan pelapis tersebut pada sisi buruk bahan kain yang akan digunakan sebagai bagian luar tempat makeup dengan menggunakan bantuan setrika.

Tempat Makeup

Rapikan sekeliling bagian tepi viselin yang telah ditempelkan pada bahan kain dengan gunting. 

Tempat Makeup

Obras sepanjang tepian bahan kain yang akan digunakan sebagai bagian dalam dan bagian luar tempat makeup supaya terkesan lebih rapi.

Tempat Makeup

Tempat Makeup

Tempat Makeup

Letakkan potongan kain bagian dalam tempat makeup pada meja yang datar kemudian tempatkan potongan kain bagian luar tempat makeup diatasnya dengan posisi bagian buruk keduanya saling berhadapan.

Tempat Makeup

Pasang ritsleting pada salah satu sisi kain dengan posisi terbalik atau posisi bagian dalamnya berada di luar, sehingga bagian muka ritsleting dan bagian baik bahan kain saling berhadapan. Pastikan posisi risletingnya berada di tengah-tengah.

Tempat Makeup

Jahit sepanjang tepi ritsleting dengan bantuan mesin jahit. 

Tempat Makeup

Setrika bagian kain yang baru saja dijahit supaya terlihat lebih rapi.

Tempat Makeup

Lipat kain menjadi dua bagian sehingga bahan kain yang digunakan sebagai bagian terluar tempat makeup tersembunyi di dalam lipatan kain tersebut, kemudian jahit risleting dengan sisi yang satunya.  

Tempat Makeup

Setelah ritsleting terjahit sempurna dengan bahan kain, selanjutnya posisikan ritsleting tersebut pada bagian tengah hasil jahitan yang diperoleh dari langkah sebelumnya. 

Tempat Makeup

Jahit kedua sisi tempat makeup (bagian yang ditunjuk pada gambar) dengan pola jahitan berbentuk lurus. 

Tempat Makeup

Untuk membentuk bidang segitiga, lipat sedikit masing-masing bagian samping kiri dan kanan ritsleting. Besarnya lipatan yang dibuat dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Tempat Makeup

Buat garis bantu pada masing-masing lipatan kain yang telah terbentuk dengan menggunakan penggaris dan spidol. Garis bantu tersebut sekaligus berfungsi sebagai batas penentu tinggi dan lebar tempat makeup yang akan dihasilkan nantinya. 

Tempat Makeup

Jahit tempat makeup sesuai batas garis yang telah dibuat dengan menggunakan mesin jahit. Hasilnya akan diperoleh bentuk seperti gambar dibawah ini. 

Tempat Makeup

Balikkan tempat makeup yang sudah anda buat sehingga bagian baiknya berada di bagian luar.

Tempat Makeup

Tempat makeup anda sudah siap untuk digunakan.

Tempat Makeup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kalau masih ada yang belum jelas sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.