Article

Homepage Article Fashion Design Perlukah Mencuci Ulang Baju…

Perlukah Mencuci Ulang Baju Yang Terkena Air Hujan?

Biasa menjemur baju di tempat yang terbuka bahkan saat musim penghujan?. Meski terkesan sepele dan tidak terlalu berbahaya, faktanya air hujan dapat memiliki beberapa dampak yang cukup serius pada baju jika intensitasnya terlalu lebat dan dalam waktu yang lama lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Dampak Air Hujan Pada Baju

Tergantung pada intensitas hujan, jenis kain yang dijadikan sebagai bahan dasar pakaian dan seberapa lama pakaian terpapar air hujan, berikut beberapa dampak yang mungkin terjadi pada baju yang terkena air hujan terutama jika intensitasnya sangat lebat.

  • Dampak langsung baju yang terkena air hujan yaitu bisa menjadi basah, lembap dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kerusakan tampilan pakaian.
  • Beberapa jenis kain, terutama yang terbuat dari serat alami seperti katun atau wol dapat mengalami penyusutan setelah terkena air hujan dan kemudian dikeringkan.
  • Baju yang basah dan dibiarkan kering secara tidak sempurna dapat menyebabkan bau tak sedap akibat pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Pakaian dengan detail khusus seperti payet, manik-manik atau aplikasi lainnya mungkin lebih rentan terhadap kerusakan saat terkena air.
  • Bahan pakaian tertentu, terutama yang menggunakan pewarna yang mudah larut dapat mengalami pelepasan warna saat terkena air hujan.

Baju Kehujanan

Sumber : https://english.newstracklive.com/

Perlukan Mencuci Ulang Baju

Terkait dengan hal tersebut, lantas apakah perlu mencuci ulang baju yang terkena air hujan?. Jika baju yang kamu jemur hanya terkena gerimis rintik-rintik lalu kamu masih sempat mengangkatnya dari jemuran, maka tidak masalah jika baju-baju tersebut tidak dicuci ulang.

Tapi kalau baju yang kamu miliki terkena hujan lebat sampai basah kuyup, alangkah lebih baik jika kamu kembali mencuci baju tersebut karena beberapa alasan yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan. Berikut beberapa alasan mengapa baju yang kehujanan perlu dicuci ulang.

1. Membersihkan Kotoran dan Debu

Ketika baju terkena hujan terutama pada awal-awal pergantian musim kemarau ke musim hujan, kemungkinan besar baju yang sudah kamu jemur akan kembali terpapar kotoran, debu dan partikel lain dari udara yang terbawa air hujan.

  • Jadi dengan mencuci ulang baju yang tadinya kehujanan, berarti kamu juga membantu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada kain.
  • Mencuci ulang baju bisa membantu membersihkan baju dari kontaminan yang mungkin ada.
  • Mencuci ulang baju bisa membantu menjaga baju tetap bersih dan aman digunakan.

Baju Kehujanan

Sumber :  https://id.pinterest.com/

2. Menghilangkan Asam

Mencuci baju bisa menghilangkan kandungan asam yang terbawa air hujan, terutama jika kamu berada di lingkungan sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dekat dengan banyak pabrik industri, instalasi pembakaran sampah yang relatif besar atau sumber pencemaran lain seperti sungai maupun danau.

  • Batas bawah pH air hujan yang dianggap normal berkisar antara 5.6.
  • Kalau pH di bawah 5.6 maka air hujan dapat dikategorikan sebagai hujan (deposisi) asam yang sifatnya korosif.

Baju Kehujanan

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Mencegah Jamur dan Bakteri

Mencuci baju yang kehujanan dan menjemurnya kembali dengan baik bisa membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat memengaruhi kesehatan dan keindahan pakaian.

  • Mencuci ulang baju membantu menghilangkan kelembapan berlebih yang menjadi media ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.
  • Pertumbuhan jamur dan kuman pada pakaian yang tidak dicuci dapat meningkatkan risiko iritasi kulit dan alergi.

Baju Kehujanan

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Mencegah Bau Tidak Sedap

Mencuci baju yang kehujaan dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dan meningkatkan kesegaran pakaian. Alasannya yaitu baju yang basah karena kehujnan dan dibiarkan kering secara alami tanpa dicuci dapat menimbulkan bau tak sedap.

Untuk mencuci kembali baju yang sudah basah kuyup karena terkena hujan lebat kamu bisa merendam ulang baju sebentar (kurang dari 30 menit) dengan deterjen, membilasnya kembali sampai benar-benar bersih, kemudian menjemurnya hingga kering.

Indikator bahwa baju yang kamu miliki telah dikeringkan dengan baik sehingga tetap bersih, segar dan tahan lama yaitu:

  • Sudah kering secara menyeluruh tanpa bagian yang masih lembab.
  • Bebas dari bau atau tidak memiliki bau yang tidak sedap.
  • Warna pada baju tetap cerah dan tidak pudar.
  • Tidak terkena hujan atau debu berlebihan yang dapat menyebabkan kelembaban atau kotoran pada pakaian.

Tapi kalau masih bau apek kamu bisa merendam ulang baju dan menguceknya sebentar. Jika khawatir hujan akan turun kembali, sebaiknya jemur kain di dalam rumah dengan bantuan kipas.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai perlu tidaknya mencuci ulang baju yang terkena air hujan dan beberapa alasan penting mengapa baju yang terkena hujan lebat harus dicuci ulang biar tetap bersih dan terjaga kesegarannya.

Meskipun beberapa orang mungkin hanya menjemur kembali atau menggantung baju yang kehujanan, mencuci ulang baju tetap menjadi salah satu alternatif cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pakaian.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.