Article

Homepage Article Fashion Design Ciri Paling Khas Dari Busana…

Ciri Paling Khas Dari Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Merasa cukup familiar dengan istilah busana fantasi dan busana kreasi atau justru ini kami pertama bagi anda menjumpai istila tersebut. Untuk mengetahui seperti apa karakteristik busana fantasi dan busana kreasi serta hal yang membedakan keduanya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Busana Fantasi dan Kreasi

Busana fantasi termasuk ke dalam jenis produk adibusana (busana haute cuture) yang dibuat sebagai hasil daya cipta, khayalan atau angan-angan, gagasan, ide atau inspirasi seseorang yang bentuknya menyerupai benda asli misal bentuk hewan, tumbuhan ataupun benda lainnya yang ada di sekitar kita.

Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ketika seorang fashion designer membayangkan seekor ikan yang sedang berenang kemudian terdorong untuk menciptakan suatu busana yang desainnya mirip dengan ikan tersebut maka busana yang dibuatnya dapat dikategorikan ke dalam jenis busana fantasi.

Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berikutnya ketika seorang fashion designer membayangkan seekor ubur-ubur di laut kemudian terinspirasi untuk menciptakan suatu busana yang desainnya mirip dengan ubur-ubur yang sedang berenang maka busana yang dibuatnya juga termasuk ke dalam jenis busana fantasi.

Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Contoh lain ketika seorang fashion designer membayangkan atau melihat setangkai bunga kemudian terinspirasi menciptakan busana yang mirip seperti bunga tersebut maka busana yang diciptakannya dapat pula dikategorikan ke dalam jenis busana fantasi.

Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Lain halnya dengan busana fantasi, busana kreasi justru lahir sebagai hasil daya cipta, khayalan atau angan-angan, gagasan, ide atau inspirasi seseorang serta dibuat dari bahan-bahan yang tidak lazim untuk dipergunakan dalam pembuatan busana.

  • Dengan kreativitas yang tinggi, fashion designer dapat memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai serta tidak layak dipergunakan sebagai bahan pembuatan busana.
  • Bahan-bahan tersebut selanjutnya dapat diwujudkan menjadi busana yang indah dan menarik.

Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa contoh produk adibusana (busana haute couture) yang termasuk ke dalam jenis busana kreasi antara lain berupa busana yang dibuat dari kertas koran, busana dari limbah plastik, busana dari limbah tutup botol, busana dari jala ikan yang sudah tidak terpakai dan lain sebagainya.

Karakteristik Busana Fantasi dan Kreasi

Dengan berbagai keunikan yang dimilikinya baik itu busana fantasi maupun busana kreasi keduanya sama-sama tergolong sebagai busana yang eksklusif dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan busana fantasi dan busana kreasi diantaranya:

  • Busana fantasi dan busana kreasi termasuk ke dalam model busana yang sifatnya eksklusif.
  • Busana fantasi dan busana kreasi menitikberatkan pada fungsi estetis atau fungsi keindahan dari pada fungsi pakai.
  • Busana fantasi dan busana kreasi termasuk busana khusus, karena busana tersebut hanya dipakai pada saat atau acara-acara tertentu saja.
  • Busana fantasi dan busana kreasi tidak biasa dipakai oleh semua orang dan tidak biasa dipakai pada acara atau kegiatan sehari-hari.
  • Berdasarkan kesempatan pemakainya busana fantasi dan busana kreasi lazim dikenakan pada:
  • Acara pesta di kalangan selebritis.
  • Acara peragaan busana dan karnaval.
  • Pembukaan atau peresmian suatu perusahaan.  
  • Peluncuran suatu produk baru oleh suatu perusahaan (media iklan).
  • Pada saat pesta halloween.

Karena baik busana fantasi dan busana kreasi keduanya sama-sama menitikberatkan pada fungsi keindahan, maka dalam pembuatannya dapat diterapkan berbagai garniture atau hiasan busana, sehingga tampilannya menjadi lebih indah dan menarik.

Garnitur sendiri merupakan hiasan yang berfungsi untuk melengkapi dan menambah nilai keindahan suatu benda sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. Beberapa contoh garnitur yang dapat ditambahkan pada busana fantasi dan busana kreasi antara lain berupa:

  • Lajur atau suatu hiasan dari kain yang dapat dipasang pada leher, kerah, lengan dan rok.
  • Pita satin, organza dan pita jacquard yang dapat dipasang pada busana dengan cara dijahit ataupun disulam.
  • Renda berbentuk kerawang yang dibuat dari benang dalam pattern jaring terbuka dan dapat memberi kesan anggun serta feminim pada busana yang dihiasnya.
  • Bisban yang dapat difungsikan untuk penutup pinggiran kain supaya tampak rapi dan secara dekoratif berfungsi sebagai hiasan busana.
  • Sulaman yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang.
  • Smock / teknik menjahit dan menyulam tangan yang dilakukan dengan cara membuat kerutan-kerutan untuk menghasilkan motif pada bahan kain sesuai pola tertentu.
  • Detail patch yang didesain dalam bentuk stiker bordir dan biasa dipasang dengan cara disetrika ataupun dijahit.
  • Payet yang bisa digunakan untuk menambah kesan glamor dan mewah pada tampilan busana fantasi maupun busana kreasi.
  • Kancing baju yang berfungsi sebagai penutup belahan dan sebagai hiasan pada busana.
  • Resleting yang dapat dimanfaatkan untuk menutup dan membuka belahan pada pakaian.

Busana Fantasi dan Busana Kreasi

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai 10 Jenis Garnitur Yang Biasa Dipakai Untuk Pelengkap Busana.

Perbedaan Busana Fantasi dan Kreasi

Dari penjelasan di atas dapat dilihat pula bahwa perbedaan paling mencolok antara busana fantasi dengan busana kreasi dapat ditinjau dari bahan busana yang dipergunakan dan model busana yang diciptakan.

  • Busana fantasi umumnya banyak dibuat dari kain tekstil dengan model yang benar-benar menyerupai benda asli sebagai sumber ide.
  • Busana kreasi terbuat dari bahan-bahan yang tidak lazim dipergunakan sebagai bahan pembuatan busana, tetapi model yang diciptakan memiliki tampilan yang indah dan menarik.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah karakteristik paling khas dari busana fantasi dan busana kreasi serta hal yang membedakan keduanya. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan seperti apa ciri khas dari kedua jenis busana tersebut.

Untuk anda yang ingin belajar membuat pola baju dan juga menjahit baju anda bisa mendownload Video Tutorial Menjahit dari kami.

Kalau anda ingin membuat baju sendiri tanpa pusing memikirkan bagaimana cara menggambar polanya, maka anda bisa mendownload pola baju siap pakai yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.