Article

Homepage Article Kain 8 Item Fashion Terpopuler…

8 Item Fashion Terpopuler Dari Kain Corduroy

Kain corduroy dikenal sebagai salah satu jenis kain istimewa yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya terbatas untuk kemeja atau celana saja, tapi kain corduroy umumnya juga bisa diandalkan untuk membuat berbagai macam produk pelengkap fashion lainnya yang tidak kalah unik dan menarik.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Corduroy

Kain corduroy termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya. Oleh sejumlah desainer kain corduroy ini banyak digunakan untuk membuat rok, celana, overall, sweater maupun jaket meski tidak sedikit pula yang menggunakannya sebagai bahan tote bag, backpack dan berbagai item fashion lainnya.

Kain Corduroy

Sumber : https://fitinline.com/

Sekilas permukaan kain corduroy sendiri sebenarnya lebih terlihat seperti dibuat dari sambungan garis parallel “cord” yang dipisahkan oleh sebuah jalur. Jalur yang memisahkan tiap-tiap cord tersebut berperan juga sebagai alas dasar atau base. Dimana tingkat ketebalan garis cordnya akan mempengaruhi seberapa besar kehangatan kain.

Kain Corduroy

Sumber : https://fabricwarehouse.com/

Sebagai bahan dasar pakaian yang berkualitas, untuk saat ini kain corduroy pun banyak dibuat dari berbagai jenis serat seperti katun, acrylic, rayon, poliester serta gabungan dari beberapa jenis serat. Beberapa ada juga yang digabung dengan bahan spandek, sehingga bahannya dapat diregang (stretch) secara vertikal ataupun horizontal.

Karakteristik Kain Corduroy

Berbicara mengenai kain corduroy jadi kain ini secara umum juga memiliki karakteristik khusus yang menjadikannya tampak begitu istimewa. Beberapa karakterstik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain corduroy diantaranya:

  • Kain corduroy memiliki permukaan yang bertekstur seperti garis-garis kain.
  • Kain corduroy dikenal lebih hangat, tahan lama dan memiliki perawatan yang mudah.
  • Dengan tampilannya yang cukup unik, kain corduroy dianggap menampilkan kesan berkelas dan elegan.
  • Sebagai bahan pembuatan busana, kain corduroy cukup tebal dan tidak menerawang jadi tidak memerlukan kain pelapis.
  • Variasi warna yang dari kain corduroy cukup beragam.
  • Kain corduroy juga tersedia dengan berbagai tingkat keregangan (stretch).

Pemanfaatan Kain Corduroy

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, pada prinsipnya terdapat banyak sekali jenis pakaian dan aksesoris yang dapat dibuat dari kain corduroy. Beberapa contoh produk fashion yang dimaksud antara lain berupa overall, jas, celana, jumpsuit, kemeja pria, jaket, rok wanita dan juga tas.

1. Overall

Overall merupakan sejenis busana terusan tanpa lengan yang sangat identik dengan gaya casual. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, overall rok sendiri ada yang dibuat dalam model rok maupun celana, sementara bagian atasnya tetap memakai tambahan kantung di bagian dada dan punggung yang disatukan dengan dua tali melewati pundak.

  • Overall Celana

Ovrall celana termasuk ke dalam jenis busana terusan yang dibuat dari kombinasi antara celana dengan apron yang memiliki kantung di bagian dada.

Kain Corduroy

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Overall Rok

Overall rok merupakan sejenis busana terusan (one piece) yang diperoleh dari modifikasi overall terdahulu yakni bagian bawahnya diganti dengan rok.

  • Overall rok pendek berbahan corduroy dapat dipakai untuk pelengkap gaya casual saat musim panas.
  • Overall rok panjang berbahan corduroy bisa dijadikan sebagai pelengkap gaya berhijab.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.carousell.sg/

2. Jas

Jas dapat dikategorikan ke dalam jenis busana resmi yang hanya dipakai pada kesempatan khusus. Untuk pelengkap gaya penampilan pria dan wanita, kain corduroy sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar jas karena memiliki keawetan dan daya tahan yang baik.

Kain Corduroy

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Celana

Celana juga termasuk ke dalam jajaran produk pelengkap fashion yang banyak memanfaatkan kain corduroy sebagai bahan utamanya. Dalam hal ini jenis celana yang dimaksud tidak hanya terbatas pada celana pria saja tapi juga celana formal wanita yang bisa dipakai untuk berbagai macam kesempatan.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.yesstyle.com/

4. Jumpsuit

Jumpsuit dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian terusan yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana panjang. Desainnya yang lurus dan menyatu mulai dari bagian leher sampai kaki menjadi ciri paling khas dari jumpsuit yang membedakannya dengan model baju yang lain.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.telegraph.co.uk/

5. Kemeja Pria

Salah satu jenis pakaian pria yang dapat dibuat dari kain corduroy yakni berupa kemeja yang biasa dipakai sebagai busana penutup tubuh bagian atas. Untuk modelnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari kemeja pria formal, kemeja pria regular hingga kemeja pria slim fit yang berpotongan pas badan.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload kemeja pria siap pakai dari kami.

6. Jaket Trucker

Jaket trucker merupakan sejenis jaket yang memiliki saku ganda dan kancing di bagian depannya. Awalnya jaket trucker identik dengan material denim biru namun pada perkembangannya banyak juga yang dibuat dari bahan lain, salah satunya kain corduroy.

  • Jaket trucker dari kain corduroy sangat cocok dipakai untuk anda yang suka tampil simpel dan klasik.
  • Jaket trucker dari kain corduroy juga sangat mudah dipadupadankan dengan celana jeans, celana bahan maupun rok wanita.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.firmamentberlin.com/

7. Rok Wanita

Selain jaket trucker, busana penutup tubuh bagian bawah wanita yang dikenal dengan nama rok belakangan juga mulai banyak yang dibuat dari kain corduroy. Rok wanita yang dibuat dari kain corduroy inipun tidak hanya bagus digunakan untuk bersantai di rumah, tapi bisa juga dipakai untuk keperluan hangout.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Beberapa contoh model rok wanita yang banyak dibuat dari kain corduroy diantaranya:

  • Rok mini yang panjangnya sampai pertengahan paha atau 10 cm di atas lutut.
  • Rok midi yang memiliki panjang sampai pertengahan betis atau berada diantara lutut dan tumit.
  • Rok span yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
  • Rok semi span yang sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.

Berkeinginan untuk membuat rok sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

Selain itu anda juga bisa menyimak pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula pada artikel Fitinline terdahulu.

8. Tas

Produk pelengkap fashion berikutnya yang banyak memanfaatkan kain corduroy yakni berupa tas. Tas yang dibuat dari kain corduroy inipun modelnya cukup bervariasi, ada model backpack, mini backpack dan juga model tote bag.

  • Backpack

Backpack merupakan jenis tas yang bisa dikenakan dengan cara dipakai di punggung atau digendong. Backpack sendiri ada yang kotak namun ada juga yang oval dengan resleting sebagai penutup.

Kain Corduroy

Sumber : https://www.yesstyle.com/

  • Mini Backpack

Mini backpack merupakan tas yang memiliki kesamaan bentuk dengan backpack hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.

Kain Corduroy

Sumber : https://poshmark.com/

  • Tote Bag

Tote bag merupakan salah satu model tas jinjing berbentuk kotak dan terbuka yang dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya.

Kain Corduroy

Sumber : https://saintlucia.desertcart.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain corduroy dan pemanfaatannya dalam industri fashion yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan item fashion yang berkualitas dan dibuat dari material yang tepat.

Kalau kebetulan anda ingin membuat baju, tas dan berbagai item pelengkap fashion lainnya dengan memanfaatkan kain corduroy sebagai bahan utamanya tapi masih bingung dimana harus mendapatkannya mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Corduroy (NGR) kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.