Article

Homepage Article Fashion Design 6 Tips Memilih Baju Chef…

6 Tips Memilih Baju Chef Yang Nyaman Untuk Keperluan Memasak

Profesi chef dikenal sebagai salah satu jenis profesi yang cukup menjanjikan tapi juga memiliki resiko kecelakaan cukup tinggi karena berhadapan langsung dengan api dan suhu panas. Supaya terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan maka memilih baju yang tepat dan nyaman tentu menjadi salah satu prioritas penting yang harus diperhatikan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Baju Chef

Baju chef yang dikenal dengan nama lain coat ataupun jaket termasuk ke dalam jenis baju seragam dengan desain khusus yang diciptakan untuk para chef. Fungsi utama dari baju chef ini tidak lain adalah untuk melindungi chef dari tumpahan makanan yang tidak disengaja, panas kompor atau oven, percikan cairan panas serta resiko berbahaya lainnya.

Sebagai atribut pelindung yang memiliki fungsi sangat penting, baju chef umumnya didesain dalam bentuk lengan panjang, memiliki kancing yang khas berwarna kontras. Untuk menambah kenyamanan para chef, baju chef inipun biasanya selalu dikenakan dengan atribut lain seperti celana chef, topi chef, apron dan sepatu karet yang bersifat anti licin.

Tips Memilih Baju Chef

Berencana untuk membeli baju chef tapi masih bingung menentukan bahan, model dan ukurannya?. Bagi anda yang sedang mencari baju chef dan ingin mendapatkan baju chef dengan kualitas terbaik maka anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut.

1. Bahan Baju Chef

Ketika anda hendak membeli baju chef ada baiknya bila selalu perhatikan terlebih dahulu bahan apa yang digunakan untuk membuatnya. Karena dapur merupakan tempat yang panas, maka bahan yang paling cocok dipakai untuk baju chef adalah bahan yang membuat koki tetap merasa dingin dan melindungi tubuh dari panas.

Beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut diantaranya:

  • Kain Katun Twill

Bahan katun twill merupakan sejenis bahan kain dari keluarga katun yang dibuat dengan menggunakan pola keper sebagai jenis tenunannya, sehingga memiliki karakteristik khusus berupa motif diagonal searah/sejajar pada permukaannya.

  • Kain katun twill lembut dan lentur.
  • Kain katun twill kuat dan tahan lama.
  • Kain katun twill mudah menyerap keringat.
  • Kain katun twill bahannya adem dan tidak menerawang.
  • Tenunan kain katun twill cenderung rapat, tidak mudah robek dan tidak mudah kusut.

Baju Chef

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kain Katun Oxford

Kain katun oxford merupakan sejenis kain dari keluarga katun yang dibuat dari penyilangan dua benang sehingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar. Selain tampak rapi kain ini umumnya juga terasa halus jika diraba dengan telapak tangan.

  • Kain katun oxford tampilannya menarik.
  • Kain katun oxford seratnya rapat dan halus.
  • Kain katun oxford memiliki ketebalan yang pas untuk membuat baju chef.
  • Kain katun oxford ringan saat digunakan dan tidak menerawang.
  • Kain katun oxford socok untuk iklim tropis.

Baju Chef

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Kain American Drill (Serat Sedang)

Kain bertipe American drill atau terkadang disebut pula Florida drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal yang lebih besar (medium).

  • Kain American drill tersusun atas komposisi serat katun dan polyester jadi cenderung lebih kuat sekaligus adem saat digunakan.
  • Kain American drill umum digunakan sebagai bahan seragam chef karena cukup nyaman dan tidak membuat gerah badan.

Baju Chef

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kain Japan Drill (Serat Besar)

Kain Japan drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal lebih besar dari pada American drill sehingga sifat kainnya lebih tebal dan juga kuat.

  • Material penyusun kain Japan drill memiliki komposisi katun yang lebih tinggi.
  • Dengan komposisi katunnya yang tinggi daya serat keringat yang dimiliki menjadi lebih baik.
  • Kelebihan lain dari kain Japan drill yaitu warnanya tidak mudah luntur dan memiliki konsentrasi katun yang tinggi.

Baju Chef

Sumber : http://chefandbartender.blogspot.com/

Nagata drill merupakan salah satu merek ternama dari kain jenis Japan drill yang berserat besar. Kain ini secara umum terusun oleh komposisi katun yang lebih dominan sehingga permukaannya lembut, tebal, serta kuat.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju chef?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain kami.

2. Ukuran Baju Chef

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna, pastikan anda memilih baju chef yang ukurannya benar-benar sesuai dengan bentuk tubuh.

  • Untuk mendapatkan baju chef yang pas dan sesuai dengan bentuk badan perhatikan detail baju pada bagian bahu, lebar dada dan panjang baju yang diukur dari bahu.
  • Pastikan baju chef yang anda pilih ukurannya tidaklah terlalu longgar ataupun terlalu ketat saat dikenakan.

3. Model Baju Chef

Pilih baju chef yang didesain khusus bolak balik, jadi ketika baju tersebut terkena noda di satu sisi dapat di balik ke sisi lainnya. Desain baju yang dibuat bolak balik juga membuat koki merasa wajib mengenakan baju ini saat menjalankan tugasnya di dapur.

Untuk panjang lengannya anda bebas mau memilih baju chef yang dibuat panjang atau pendek. Tapi memang lengan baju chef yang panjang cenderung lebih efektif untuk melindungi lengan dari luka bakar saat mengambil loyang dari oven atau panci besar di atas kompor.

4. Warna Baju Chef

Utamakan untuk memilih warna baju yang tidak menyerap panas seperti halnya warna putih. Warna putih sendiri dikenal sebagai salah satu jenis warna yang paling reflektif dan diyakini bisa mengusir panas bukan menyerapnya.

Tapi kalau ingin mendapatkan tampilan yang berbeda, tidak masalah bila anda memilih baju chef yang dibuat dari bahan berwarna gelap. Warna inipun juga memiliki kelebihan tersendiri yakni dapat menyamarkan noda yang menempel pada baju.

5. Kualitas Jahitan

Dalam memilih baju chef telitilah kualitas jahitan antar bagian pada baju chef. Jahitan baju chef yang bagus umumnya akan terlihat lebih rapi, kuat dan rata sehingga akan tahan lebih lama meskipun sudah dipakai berulang kali.

Beberapa kriteria penting yang menjadi faktor penentu dari kualitas baju chef terkait dengan jahitan yang digunakan diantaranya:

  • Jahitan baju chef yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat.
  • Jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan.
  • Ketika ditarik jahitannya tidak akan merenggang.
  • Sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.
  • Tidak adanya sisa benang pada ujung jahitan.

6. Sesuaikan Dengan Budget

Terakhir sesuaikan harga baju chef yang hendak anda beli dengan kondisi keuangan. Jangan sampai hanya demi mendapatkan baju chef yang harganya sangat mahal lantas anda menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih baju chef. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam memilih baju chef, penting bagi anda untuk selalu memperhatikan kualitas bahan, model, ukuran, warna serta kerapian dan kekuatan jahitan yang ada pada baju chef itu sendiri.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk memilih baju chef yang tepat dan sesuai kebutuhan. Dalam memilih chef tidak masalah jika anda membeli yang harganya murah, asal kualitas bahan dan jahitannya bagus, pasti baju tersebut akan lebih awet dan tahan lama.

Berencana untuk memproduksi baju chef sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bia mendownload pola baju chef siap pakai dari kami.

Pola baju chef pria merupakan pola baju koki (juru masak) yang biasa dipakai oleh juru masak pria.

Pola Baju Chef Pria

Sumber : https://fitinline.com/

Pola baju chef wanita merupakan pola baju koki (juru masak) yang biasa dipakai oleh juru masak wanita.

Pola Baju Chef Wanita

Sumber : https://fitinline.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.