Article

Homepage Article Kain 5 Jenis Bahan Kain Terbaik…

5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Baseball Cap / Topi Baseball

Dikenal sebagai salah satu jenis topi yang modelnya timeless dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk aktivitas sehari-hari ataupun acara olahraga, baseball cap / topi baseball faktanya dapat dibuat dari berbagai variasi bahan kain yang cukup beragam lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baseball Cap

Baseball cap / topi baseball adalah sejenis topi yang biasa digunakan sebagai pelengkap seragam baseball tradisional dan sejak tahun 1980-an telah menjadi aksesori fashion yang umum dipakai oleh para pria dan wanita terutama di Amerika Serikat.

  • Baseball hat / topi baseball biasanya dibuat dari bahan yang cukup lentur dan pada bagian tengah atasnya terdapat kancing.
  • Baseball bat / topi baseball memiliki lidah “visor” yang berbentuk melengkung dan bisa digunakan terbalik.
  • Visor pada baseball cap umumnya terbuat dari bahan yang cukup kaku untuk menjaga kekakuan bentuknya.
  • Visor pada baseball cap berfungsi untuk melindungi mata dari sinar matahari.
  • Baseball cap / topi baseball sering kali memiliki panel-panel di bagian depan yang memberikan ruang untuk logo, tulisan atau desain lainnya.
  • Panel sendiri merupakan bagian utama dari baseball cap / topi baseball.
  • Khusus untuk baseball cap / topi baseball jumlah panelnya bervariasi, ada yang dibuat dalam lima atau enam bagian.
  • Gabungan dari beberapa panel yang dijahit akan menghasilkan struktur bulat baseball cap / topi baseball.
  • Sementara di bagian belakang baseball cap / topi baseball biasanya terdapat strap atau tali pengencang agar topi tidak mudah lepas saat digunakan.

Baseball Cap

Sumber : https://fr.aliexpress.com/

Untuk mempercantik tampilannya supaya lebih menarik baseball cap / topi baseball yang biasanya identik dengan tulisan huruf yang dibordir sekarang banyak juga yang dihias dengan emblem atau patch.

Baseball Cap

Sumber : https://www.walmart.com/

Selain itu terdapat pula beberapa baseball cap / topi baseball yang dilengkapi dengan lubang-lubang kecil di bagian atas untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

  • Lubang bundar yang dijahit atau dipasang di dekat bagian atas setiap panel biasa disebut dengan nama eyelet.
  • Eyelet bisa dibatasi dengan jahitan  atau bisa juga dilubangi dengan paku keling logam kecil.
  • Eyelet biasa ditambahkan pada baseball cap / topi baseball dengan tujuan untuk menjaga kepala agar tetap dingin.

Bahan Pembuatan Baseball Cap

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, baseball cap / topi baseball sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang sangat bervariasi mulai dari kain kanvas, kain drill, kain denim, bahan rafel, bahan laken dan masih banyak lagi.

1. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan sejenis bahan kain yang dibuat dengan pola anyaman benang yang polos dan sangat rapat. Selain terkenal akan kekuatan dan daya tahannya, kain kanvas ini juga banyak digunakan untuk membuat baseball karena tampilannya yang kasual.

  • Baseball cap / topi baseball dari kain kanvas memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca.
  • Baseball cap / topi baseball dari kain kanvas cocok digunakan untuk banyak aktivitas di luar ruangan, seperti hiking, bersepeda atau olahraga lainnya.
  • Baseball cap / topi baseball dari kain kanvas juga dapat digunakan sebagai aksesoris fashion yang memberikan kesan kasual dan santai pada penampilan.

Baseball Cap

Sumber : https://fr.aliexpress.com/

2. Kain Drill

Berikutnya ada kain drill yang memiliki pola berbentuk diagonal pada permukaannya. Kain drill ini cocok dijadikan sebagai prioritas utama bagi para penggemar topi yang ingin mencari kenyamanan dan kesejukan ketika memakai topi seharian.

  • Kain drill dapat menghasilkan baseball cap / topi baseball yang memiliki permukaan lembut.
  • Baseball cap dari bahan kain drill juga dikenal kuat, tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Baseball cap dari bahan kain drill dapat dipakai untuk mengendalikan kelembapan kulit kepala dan mencegah terjadinya iritasi.

Baseball Cap

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Kain Denim

Kain denim yang pada awalnya lebih sering digunakan untuk membuat celana jeans, sekarang bisa juga digunakan dalam produksi berbagai macam pakaian termasuk baseball cap / topi baseball.

  • Baseball cap denim memiliki tampilan yang lebih kasual dan santai dibandingkan dengan topi yang terbuat dari bahan lain.
  • Warna denim yang khas memberikan nuansa yang keren dan gaya yang tidak terlalu formal.
  • Baseball cap denim cocok dipadukan dengan pakaian kasual sehari-hari seperti kaos, celana jeans atau jaket denim untuk menciptakan tampilan yang lebih santai.

Baseball Cap

Sumber : https://www.yesstyle.com/

4. Bahan Rafel

Bahan rafel sering kali digunakan dalam pembuatan topi karena teksturnya yang lebih tebal dari bahan lain. Meskipun karakteristiknya sekilas mirip bahan denim, pada kenyataannya bahan ini tidak setebal dan sekaku bahan denim karena serat kainnya lebih tipis.

  • Bahan rapel pada dasarnya memiliki kemiripan dengan denim tapi cenderung lebih tipis dan serat benangnya yang bergaris miring.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan casual kamu bisa memadupadankan baseball cap / topi baseball yang dibuat dari bahan rapel ini dengan berbagai jenis outfit.

Baseball Cap

Sumber : https://www.blibli.com/

5. Bahan Laken

Tak kalah menarik dari sejumlah bahan kain yang sudah disebutkan di atas, bahan laken yang memiliki ciri agak berbulu dan sedikit tebal dengan permukaan bagian baik dan buruknya bisa juga dimanfaatkan untuk membuat baseball cap / topi baseball.

  • Dalam betuk baseball cap / topi baseball bahan laken bisa memberikan kesan mewah dan profesional ada penampilan.
  • Keunggulan lainnya yaitu baseball cap / topi baseball dari bahan laken dapat melepaskan bau yang terjebak di dalam topi ketika dicuci.

Baseball Cap

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan mengenai sejumlah bahan terbaik yang dapat digunakan untuk membuat baseball cap / topi baseball. Dengan mengetahui banyaknya pilihan bahan yang ada semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan bahan baseball cap yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baseball cap / topi baseball?. Sebagi bahan pertimbangan intip koleksi Kain Kanvas dan Kain Denim yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.