Article

Homepage Article Fashion Design 8 Hal Mendasar Yang Membedakan…

8 Hal Mendasar Yang Membedakan Fashion dan Style

Sempat menyimak pembahasan mengenai Perbedaan Fashion dan Style pada artikel Fitinline terdahulu?. Buat anda yang mau tahu lebih spesifik lagi tentang hal-hal yang membedakan keduanya langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Fashion dan Style

Sejak awal abad 20 hingga memasuki era global, fashion telah banyak dirumuskan dengan kalimat berbeda tapi pengertiannya tetap sama yakni sesuatu yang sedang hits, mudah didapatkan oleh semua orang dan bersifat musiman sehingga cepat sekali mengalami perubahan.

Fashion vs Style

Sumber : https://shopyourwardrobe.com/

Tidak haya berkaitan dengan gaya berpakaian saja, akan tetapi fashion berhubungan juga dengan aksesoris, kosmetik, tatanan rambut dan unsur lain yang menentukan penampilan seseorang sehingga terlihat berbeda dari sebelumnya.

Fashion vs Style

Sumber : https://www.quora.com/

Karena perbedaan budaya dan juga kondisi geografis, umumnya setiap negara juga memiliki ciri khas, presepsi dan pandangan yang berbeda mengenai fashion. Sehingga perkembangan desain fashion juga menjadi tidak terbatas.

Fashion vs Style

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Lain halnya dengan fashion, style dapat didefinisikan sebagai sesuatu hal yang bersifat lebih personal dan seringkali digunakan untuk menonjolkan karakteristik atau ciri khas seseorang. Berbeda dengan trend fashion yang mudah sekali berubah, style ini justru berlaku untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Fashion vs Style

Sumber : https://daydaynews.cc/

Dapat dikatakan pula bahwa gaya adalah perpanjangan dari mode karena seseorang dapat menggunakan apa yang ada dalam mode dan memasukkannya ke dalam gaya penampilan sehingga memberikan sentuhan yang sama sekali berbeda.

Perbedaan Fashion dan Style

Dari pengertian di atas bisa dilihat bahwa antara fashion dan style keduanya jelas memiliki perbedaan yang signifikan. Jika gaya adalah sesuatu yang menjadi milik seseorang maka fashion / mode merupakan trend yang beradaptasi dengan apa yang ada saat ini.

  • Fashion merupakan trend yang membuat orang mengikutinya disebut modis, sedangkan gaya adalah ciptaan individu yang tidak memaksa orang lain untuk mengikutinya.
  • Fashion / mode bersifat sementara dan memiliki rentang waktu terbatas sementara style / gaya bersifat permanen dan abadi.

Lebih spesifik lagi beberapa hal mendasar yang membedakan antara fashion dan style dapat digambarkan sebagai berikut.

No. Fashion / Mode Style / Gaya
1. Kreasi baru yang diciptakan oleh desainer dalam industri fashion. Kreasi baru yang diciptakan oleh seseorang dengan mengaplikasikan pilihan-pilihannya.
2. Fashion atau mode bersifat tidak tetap / berubah-ubah. Style atau gaya bersifat tetap dan sulit berubah.
3. Mempunyai siklus berputar dan akan berlangsung sampai tren yang baru muncul. Berlaku untuk jangka waktu yang lebih panjang.
4. Fashion atau mode harus bisa diterima oleh masyaraka. Style atau gaya tidak harus diterima oleh masyarakat.
5. Diciptakan dan dipopulerkan oleh seorang desainer, industri fesyen atau artis. Tidak harus diciptakan dan dipopulerkan oleh seorang desainer.
6. Fashion atau mode tidak terbatas. Style atau gaya terbatas.
7. Mengalihkan perhatian seseorang dari dirinya sendiri. Style membawa perhatian seseorang pada dirinya sendiri.
8. Fashion atau mode bersifat umum. Style atau gaya bersifat unique.

Terkait dengan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, style yang melekat dalam gaya penampilan seseorang dan dapat mendukung karakter setiap penggunanya secara umum dapat dibedakan lagi dalam beberapa macam kategori. Beberapa style fashion yang dimaksud diantaranya:

  • Vintage Style

Vintage style dapat dikategorikan ke dalam jenis gaya busana yang berkonsep “old and of very high quality” atau “tua dan memiliki kualitas yang sangat tinggi”.

  • Gaya vintage sendiri sebenarnya merupakan style fashion yang diadaptasi pada era 20-an sampai 60-an.
  • Busana vintage umumnya banyak dibuat dengan bentuk yang lebih sederhana.
  • Desain yang digunakan pada gaya vintage didominasi oleh motif bunga, polkadot, garis-garis dan polos.

Lebih jelasnya simak juga pembahasan mengenai 8 Fakta Unik Tentang Vintage Style Fashion.

  • Preppy Style

Preppy style merupakan gaya yang terinspirasi dari pakaian mahasiswa Amerika di era 60 hingga 80-an.

  • Preppy style sendiri identik dengan kesan rapi, sopan dan elegan.  
  • Preppy style cocok untuk kuliah atau bekerja.
  • Fashion item yang sangat lekat dengan gaya ini antara lain berupa A-line skirt, kemeja, blouse serta kaos polo yang dilapisi sweater rajut.
  • Retro Style

Retro style dapat didefinisikan sebagai salah satu style fashion yang banyak mendapat pengaruh dari budaya yang sudah lama ada. Ciri paling khas dari retro style yaitu lebih banyak menonjolkan permainan warna yang cerah dan lebih berani.

Lebih jelasnya simak juga pembahasan mengenai 5 Fakta Unik Tentang Retro Style.

  • Bohemian Style

Bohemian style atau sering disingkat boho menjadi salah satu alternatif style fashion yang menerapkan cara dan gaya-gaya non konvensional. Dengan permainan warnanya yang menarik, gaya ini bisa memberikan ekspresi kebebasan yang jarang dimiliki gaya lain.

Lebih jelasnya simak juga pembahasan mengenai 8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Bohemian Style (Hippie).

  • Chic Style

Chic style sangat identik dengan seseorang yang sangat mudah memadupadankan outfit sehingga terlihat sangat fashionable dan menjadi idaman banyak orang.

  • Chic style umumnya lebih mengedepankan kenyamanan dan gaya kasual dalam berpakaian.
  • Chic style akan terlihat sangat stylish dan cantik ketika digunakan di berbagai situasi.
  • Casual Style

Berikutnya ada casual style yang sederhana tapi menarik perhatian dan selalu menjadi comfort zone setiap orang. Kunci utama dari style ini yaitu kenyamanan dalam berbusana.

Adapun tiga ciri khas yang membedakan busana casual dengan busana lain diantaranya:

  • Busana casual cenderung minim aksesoris.
  • Busana casual lebih mengutamakan kepada kesederhanaan dalam hal cutting tapi tampilannya tetap menarik.
  • Busana casual tidak memiliki motif yang ramai. Motif yang dipilih biasanya merupakan motif-motif monokromatik yang geometris.
  • Street Style

Street style merupakan representasi dari style fashion yang yang tumbuh dari jalanan dan bukan dari fashion show atau desainer. Dalam hal ini fashion item yang dipakai biasanya cenderung santai, walau beberapa ada juga yang mengkombinasikannya dengan pakaian formal seperti blazer dan kemeja.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa hal mendasar yang membedakan antara fashion / mode dengan style / gaya. Dengan mengetahui apa saja hal-hal yang membedakan keduanya semoga anda tidak lagi salah mengartikan istilah fashion dan style ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.