Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fakta Unik Tentang Retro…

5 Fakta Unik Tentang Retro Style

Merasa cukup familiar dengan istilah retro style?. Meski sudah sering mendengar istilah tersebut, mungkin banyak di antara anda yang tidak menyangka kalau style fashion yang satu ini ternyata menyimpan banyak sekali fakta tersembunyi yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Retro Style

Retro style dapat didefinisikan sebagai salah satu style fashion yang banyak mendapat pengaruh dari budaya yang sudah lama ada. Sebab jika dilihat dari asal bahasanya kata “retro” sendiri sebenarnya berasal dari bahasa latin yang berarti “mundur” atau bisa juga diartikan pada “masa lalu”.

Meski banyak terinspirasi dari style yang telah lama ada, dalam hal fashion retro style tetap memiliki banyak tempat di hati masyarakat hingga sekarang lho. Buktinya sampai sekarang pun masih terdapat beberapa fashion item bertema retro yang kerap dikenakan sebagai gaya sehari-hari.

Fakta Menarik Retro Style

Berbicara mengenai retro style lantas sejak kapan style ini mulai populer di industri fashion ya?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan beberapa fakta tersembunyi tentang retro style yang jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Identik Dengan Trend 40 Sampai 80-an

Style retro banyak mendapat pengaruh dari gaya yang berkembang antara tahun 1940 sampai 1980-an. Style ini kemudian kembali dipopulerkan oleh designer maupun rumah mode ternama seperti Prada, louis Vuitton hingga Gucci mulai tahun 2012 lalu.

2. Warnanya Cenderung Lebih Berani

Busana dengan gaya retro lebih banyak menonjolkan permainan warna yang cerah dan lebih berani.

  • Retro style banyak didominasi warna-warna merah hingga kuning.
  • Retro style mampu menciptakan kesan yang lebih fun, bebas dan seru.

3. Tampilannya Terkesan Lebih Glamor

Busana dengan gaya retro memiliki kesan lebih glamor, ceria dan semeriah mungkin. Sebab pada awal kemunculan gaya retro tersebut disko memang tengah menjadi  trend yang booming di masyarakat.

  • Trend busana retro terkesan lebih glamour dan berani dalam menunjukkan warna dan modenya.
  • Desain yang digunakan pada gaya retro didominasi motif simetris yang bebas.

4. Trend Motif Gingham dan Polkadot

Diantara sekian banyak motif kain yang ada, motif gingham menjadi salah satu motif  fashion retro yang masih populer sampai sekarang.

  • Motif gingham konon pertama kali mulai dikembangkan di Inggris pada abad ke-17.
  • Motif gingham dapat dibentuk dari perpaduan garis yang ditumpuk vertikal dan horizontal membentuk pola kotak-kotak.
  • Dengan tampilannya yang sangat khas, motif ini biasanya banyak diaplikasikan pada kemeja, dress dan juga rok wanita.

Retro Style

Sumber : https://www.rubylane.com/

Selain motif gingham, motif polkadot juga bisa membuat penampilan anda jadi retro seketika. Motif polkadot sendiri merupakan sebuah motif berbentuk bintik-bintik teratur yang identik dengan kesan santai dan ceria.

  • Motif polkadot dulu hanya didominasi warna hitam dan putih saja namun kini banyak dikembangkan dalam berbagai variasi warna.
  • Penggabungan besar kecilnya ukuran bintik atau bulatan juga semakin menambah keanekaragaman motif polkadot.

Retro Style

Sumber : https://www.aliexpress.com/

5. Item Fashion Bertema Retro

Sedikit berbeda dengan style fashion lainnya, retro style secara umum banyak didominasi oleh busana yang memiliki potongan cukup unik dan menarik. Beberapa jenis item fashion yang dimaksud yakni berupa:

  • Rok Klok

Rok klok yang didesain dalam model mengembang di bagian bawah termasuk ke dalam jenis rok yang sangat identik dengan gaya retro. Untuk ukuran panjangnya rok ini biasa dibuat sebatas betis. 

Retro Style

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Backless Dress

Gaun backless atau gaun dengan punggung terbuka merupakan ciri khas dari gaya retro. Pada masa kejayaannya yaitu di era 50-an, gaun backless ini kerap dikenakan oleh Marilyn Monroe.

Retro Style

Sumber : https://whatgrandmawore.wordpress.com/

  • Celana Cutbray

Celana cutbray yang populer di era 1980-an menjadi ikon yang khas dengan tampilan retro. Dengan tampilannya yang tak biasa yakni melebar dari lutut ke bawah celana cutbray juga sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap gaya berhijab.

Retro Style

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Skinny Jeans

Skinny jeans yang memiliki potongan sangat ketat dari bagian pinggang sampai ujung celana bisa diandalkan untuk pelengkap gaya retro yang keren.

  • Khusus untuk anda yang memiliki bentuk tubuh ramping dan mungil anda bisa memilih skinny jeans yang berpotongan high waist.
  • Namun jika anda mencari celana skinny jeans yang lebih simple, anda bisa memilih model skinny jeans yang hipnya berada di pinggul.

Retro Style

Sumber : https://www.levi.in/

  • Overall

Retro style tidak bisa lepas dari yang namanya overall. Untuk menunjang gaya penampilan supaya makin keren anda memadupadankannya dengan berbagai macam item fashion seperti kaos oblong, sweater dan juga kemeja.

Retro Style

Sumber : https://cz.pinterest.com/

  • Kaca Mata Bundar

Kaca mata berbingkai bundar yang menjadi ikon John Lennon juga termasuk ke dalam aksesoris fashion yang sangat identik dengan retro style.

Retro Style

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

  • Scarf

Untuk memaksimalkan gaya penampilan jangan lupa tambahkan aksesoris berbentuk scarf yang atraktif dan sesuai dengan ciri khas style retro. Scarf ini bisa anda pakai saat cuaca panas maupun dingin, tergantung suasana hati dan gaya berpakaian yang anda kehendaki.

  • Saat cuaca panas scarf dapat dikenakan di kepala sebagai aksesoris rambut.
  • Saat cuaa dingin scarf dapat dikenakan dengan cara diikatkan di bagian leher.

Retro Style

Sumber : https://www.beyondretro.com/

  • Choker

Choker merupakan sejenis kalung yang yang didesain ketat seperti mencekik leher. Untuk pelengkap retro stye choker ini bisa dibuat dari berbagai jenis material, jadi bisa dengan mudah dipadupadankan dengan berbagai macam fashion item lainnya.

Retro Style

Sumber : https://www.icing.com/us

  • Tote Bag

Tote bag berukuran kecil yang dibuat dalam bentuk kotak terbuka dan dilengkapi dengan dua buah tali pegangan pada bagian atasnya menjadi salah satu jenis tas yang populer pada masa tahun 50-an.

Retro Style

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain didominasi sejumlah item fashion di atas, bahan corduroy yang memiliki pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya konon jugadapat diandalkan untuk menampilkan kesan retro pada berbagai macam item fashion modern.

  • Bahan corduroy terkenal hangat, tahan lama dan memiliki perawatan yang mudah.
  • Bahan corduroy mampu menampilkan kesan berkelas dan elegan.
  • Bahan corduroy tergolong ke dalam jenis kain yang cukup tebal dan tidak menerawang.
  • Bahan corduroy punya banyak vriasi warna yang cukup beragam.

Mau bikin baju yang retro tapi kekinian?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa memakai  Kain Corduroy (NGR) yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang retro style yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu informasi lain yang berhubungan dengan fashion dan desain simak terus artikel dari kami ya.

Ingin membuat celana jeans sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola celana jeans siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.