Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tips Berpakaian Yang…

10 Tips Berpakaian Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Kondangan

Merasa kesulitan untuk memilih baju yang akan kamu gunakan saat menghadiri acara kondangan atau pesta pernikahan?. Biar penampilan yang kami dapatkan tampak lebih mempesona dan jauh dari kesan berlebihan, berikut kami bagikan beberapa syarat memilih outfit kondangan yang perlu kamu perhatikan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Outfit Kondangan

Outfit kondangan merupakan sejenis outfit yang umum digunakan untuk menghadiri acara pernikahan. Bergantung pada jenis acara dan budaya yang diangkat dalam acara pernikahan sendiri, pilihan outfit kondangan bisa dibilang sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan gaya pribadi masing-masing orang.

Outfit Kondangan

Sumber : https://www.beautynesia.id/

Tapi ingat ya meskipun pemilihan outfit kondangan dapat dilakukan dengan bebas, tetap saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mendapatkan penampilan yang elegan sesuai dengan suasana pernikahan dan menghormati tuan rumah yang menyelenggarakan acara tersebut.

Tips Memilih Outfit Kondangan

Untuk menghindari kemungkinan salah kostum berikut beberapa panduan umum dalam memilih outfit kondangan yang sayang jika kamu lewatkan.

1. Kenali Dress Code Acara

Pertama cari tahu lebih dulu dress code seperti apa yang dengan tema acara. Jika di undangan tidak tertulis, kamu bisa menanyakannya langsung kepada pasangan pengantin untuk mengetahui dress code yang ditetapkan untuk acara tersebut.

Untuk menghadiri acara pernikahan yang diadakan di gereja atau tempat ibadah, pakaian formal seperti gaun panjang untuk wanita atau setelan jas formal untuk pria mungkin lebih sesuai.

Sementara untuk menghadiri acara resepsi yang lebih santai, kamu bisa memilih pakaian semi-formal seperti gaun midi atau setelan semi-formal yang elegan.

Simak yuk Jenis-Jenis Dress Code dan Makna Yang Tersembunyi Didalamnya.

Selain itu sesuaikan pula busana yang kamu pakai dengan lokasi pernikahan karena sekarang terdapat begitu banyak pilihan lokasi yang biasa dijadikan sebagai tempat pesta pernikahan, seperti ballroom hotel, tepian pantai atau taman terbuka.

2. Hindari Pakaian Berwarna Putih

Hindari mengenakan pakaian putih atau pakaian yang warnanya terlalu mirip dengan gaun pengantin, karena hal ini bisa dianggap tidak sopan kecuali kalau pada acara pernikahan yang kamu hadiri pengantinnya memakai baju adat.

Outfit Kondangan

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Hindari Pakaian Yang Berlebihan

Ketika menghadiri acara pernikahan orang lain, sebaiknya pakailah pakaian yang tidak berlebihan dan jangan sampai baju yang kamu pakai lebih heboh atau menyaingi baju pengantin.

Outfit Kondangan

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Hindari Pakaian Yang Terlalu Kasual

Meskipun beberapa acara mungkin membebaskan para tamu untuk menggunakan pakaian yang bersifat santai, tapi sebaiknya hindari pakaian yang terlalu kasual seperti kaos, celana jeans atau sandal jepit, kecuali jika memang dinyatakan sebagai dress code.

Outfit Kondangan

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Perhatikan Budaya Lokal

Jika kamu menghadiri kondangan dengan budaya yang berbeda, perhatikan aturan dan tradisi berpakaian yang berlaku. Beberapa budaya memiliki norma tertentu terkait warna atau gaya pakaian.

6. Jangan Pakai Perhiasan Berlebihan

Kenakan aksesoris yang tepat dan tidak berlebihan dengan tetap mempertimbangkan kesesuaian aksesoris dan dress code. Selain karena alasan keamanan, penggunaan aksesoris yang tidak berlebihan juga akan membuat penampilan kamu terlihat lebih elegan.

  • Kalau pakaian yang kamu kenakan memiliki motif yang padat sebaiknya cukup tambahkan aksesoris yang simple.
  • Tapi kalau baju yang kamu gunakan bermotif polos, maka kamu bisa menambahkan aksesoris yang lebih mencolok.

7. Hindari Pakaian Yang Provokatif

Untuk keperluan kondangan hindari mengenakan pakaian yang terlalu provokatif atau terbuka. Sebagai gantinya pilihlah pakaian yang tetap sopan dan sesuai dengan suasana pernikahan. Penggunaan pakaian yang sopan menunjukkan rasa hormat terhadap tuan rumah pernikahan.

8. Hindari Pakaian Yang Berisik

Hindari pakaian dengan pola atau warna yang terlalu mencolok dan berisik untuk keperluan kondangan, kecuali jika hal tersebut memang sesuai dengan dress code dan tema pernikahan yang sudah ditetapkan.

9. Pilih Pakaian Yang Nyaman

Pilih outfit kondangan yang nyaman terutama jika acara pernikahan yang kamu hadiri berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

10. Perhatikan Kerapian Pakaian

Pastikan pakaian yang kamu kenakan dalam keadaan rapi, bersih dan bebas dari noda atau kusut. Jika memungkinkan setrika atau perbaiki lipatan-lipatan yang dapat merusak keidahan pakaian sebelum kamu mengenakannya.

Selain itu periksa pula detail pakaian seperti kancing, resleting dan jahitan untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada yang rusak.

Kesimpulan

Nah itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam memilih outfit kondangan. Semoga informasi yang ami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.