Article

Homepage Article Fashion Design 7 Kesalahan Yang Wajib Dihindari…

7 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Ketika Memakai Celana Cargo

Tertarik untuk mengenakan celana cargo sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat melakukan traveling, touring atau sekedar hangout bersama teman-teman?. Untuk memaksimalkan gaya penampilan supaya makin keren, sebaiknya hindari beberapa kesalahan dalam memakai celana cargo yang tanpa sengaja justru sering anda lakukan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Celana Cargo

Celana cargo dikenal sebagai salah satu jenis celana dengan banyak kantong yang didesain khusus untuk mengakomodir kebutuhan para pecinta kegiatan diluar ruangan. Tidak hanya terbatas untuk keperluan militer saja, namun celana cargo biasanya juga sering dipakai oleh para teknisi, engineer, serta orang-orang yang suka traveling dan touring.

  • Celana cargo yang memiliki banyak saku dapat dipakai sebagai celana taktis lapangan oleh para tentara militer, tim SAR dan tim ekspedisi.
  • Teknisi, engineer, hingga orang-orang yang bekerja di lapangan biasanya selalu memilih celana cargo untuk pelengkap gaya penampilan mereka karena alasan kenyamanan.
  • Untuk keperluan traveling dan touring celana cargo bisa menjadi pilihan paling tepat karena desainnya yang longgar dapat mendukung perjalanan anda.

Celana Cargo

Sumber : https://www2.hm.com/

Kesalahan Memakai Celana Cargo

Berencana untuk menjadikan celana cargo sebagai item fashion andalan anda saat melakukan travelling maupun touring?. Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai pelengkap gaya penampilan penting bagi anda untuk menghindari sejumlah kesalahan berikut jika anda ingin mendapatkan tampilan yang keren dengan celana cargo.

1. Memakai Celana Dengan Kantong Ekstra

Jangan pernah memilih ataupun mengenakan celana cargo yang punya banyak ekstra kantong, meskipun dengan adanya kantong tersebut anda bisa membawa lebih banyak barang. Untuk mengatasinya cukup pilih celana cargo yang berdesain klasik dan dilengkapi dengan enam buah kantong.

  • Normalnya celana cargo memiliki 2 kantong di bagian samping, 2 kantong di bagian belakang dan 2 kantong di bagian bawah.
  • Tiap kantong pada celana cargo tersebut biasanya memakai tutup lipat yang dikunci dengan kancing snap atau velcro.
  • Kantong dari celana cargo memiliki ukuran cukup besar, jadi bisa dipakai untuk menampung sejumlah barang.

Celana Cargo

Sumber : https://www.toughconlive.com/

2. Mengenakan Ukuran Celana Yang Salah

Mengenakan celana yang terlalu besar atau terlalu kecil jelas akan membuat tubuh jadi tidak leluasa saat bergerak, tapi karena alasan sudah terlanjur suka bukan tidak mungkin masih ada orang yang memaksakan diri mengenakan celana cargo yang ukurannya kurang sesuai dengan bentuk badan mereka.

Kalau anda termasuk orang yang lebih mengutamakan kenyamanan sebaiknya usahakan untuk selalu memilih ukuran celana cargo yang benar pas dengan badan anda dalam artian tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar.

  • Memilih celana cargo yang terlalu kecil bisa membuat bagian tubuh bawah jadi tertekan dan tidak bebas saat bergerak.
  • Sementara jika celana cargo yang anda pilih ukurannya terlalu longgar yang ada pergerakan anda akan jadi terganggu dan tidak bebas.

Celana Cargo

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Beberapa bagian tubuh yang perlu diukur ketika anda hendak membeli celana cargo diantaranya:

  • Lingkar Pinggang (Waist)

Untuk menentukan ukuran celana yang pas. Ukur bagian terkecil dari pinggang, bagian yang dimaksud yakni terletak di atas pusar dan di bawah tulang rusuk. Pastikan pita pengukurnya pas tapi tidak terlalu kencang.

  • Lingkar Pinggul (Hips)

Selesai mengukur bagian pinggang selanjutnya ukur bagian lingkar pinggul dengan cara melingkarkan pita pengukur ke sekeliling tulang pinggul.

  • Lingkar Paha (Thigh)

Bagian lingkar paha menjadi bagian berikutnya yang perlu di ukur untuk menentukan ukuran celana. Caranya lingkarkan pita pengukur pada paha bagian atas dan pastikan pita pengukur tidak sampai menekan kulit.

  • Kaki Bagian Dalam (Inside Leg)

Bagian kaki dalam menjadi bagian terakhir yang harus diukur untuk menentukan panjang celana. Cara paling mudah tempatkan pita pengukur secara vertikal di sepanjang paha bagian dalam dan ukur panjangnya ke bawah celana.

Jika kebetulan anda ingin membeli celana cargo di toko online jangan lupa perhatikan pula beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Periksa size chart yang disediakan oleh penjual celana cargo. Size chart ini biasanya diletakkan secara terpisah dengan gambar atau dimasukkan ke dalam deskripsi produk.
  • Lihat dulu size chart yang tertera pada produk tersebut saat membeli celana cargo agar anda tidak salah dalam memilih ukuran.  
  • Jangan mengambil resiko untuk membeli sebuah celana cargo kalau tidak memiliki keterangan size atau ukuran yang lengkap, bahkan tidak memiliki keterangan sama sekali.

3. Memilih Warna Celana Secara Asal

Celana cargo awalnya memang banyak digunakan untuk keperluan militer namun bukan berarti anda harus selalu memakai celana yang berwarna khas army atau bermotif loreng sebagai pelengkap gaya penampilan, kecuali jika anda ingin terlihat seperti tentara sungguhan.

  • Untuk keperluan sehari-hari sebaiknya gunakan saja celana cargo yang dibuat dalam warna gelap seperti hitam, abu-abu, coklat atau warna lain yang senada.
  • Selain membuat membuat tampilan streetwear jadi lebih stylish celana cargo yang berwarna netral juga lebih mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai item fashion.

4. Salah Memilih Model Celana Cargo

Salah memilih model celana bukan hanya berdampak buruk pada penampilan tapi hal ini juga akan berpengaruh pada tingkat kenyamanan yang dirasakan seseorang ketika mengenakan celana cargo. Untuk mengantisipasi hal ini maka penting bagi anda untuk memilih celana yang tepat dan sesuai dengan bentuk badan.

Beberapa contoh model celana cargo yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan antara lain berupa celana cargo reguler, celana cargo baggy dan celana cargo slim fit.

  • Celana Cargo Reguler

Celana cargo reguler merupakan jenis celana yang memiliki potongan lurus dan cenderung simple mulai dari pinggang, paha sampai ke bagian ujung celana atau biasa disebut dengan opening leg.

Celana Cargo

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Celana Cargo Baggy

Celana cargo baggy merupakan jenis celana yang memiliki potongan longgar dan memberi ruang cukup luas antara kain dengan kulit. Celana ini cukup populer di kalangan remaja serta penyuka gaya kasual.

Celana Cargo

Sumber : https://www.ebay.com/

  • Celana Cargo Slim Fit

Celana cargo slim fit merupakan jenis celana yang memiliki potongan agak ketat (slim-fit) sehingga sering dianggap “bukan model cargo sesungguhnya”. Meski demikian model ini cukup populer untuk penyuka gaya yang sedikit rapi.

Celana Cargo

Sumber : https://www.laredoute.com/

Untuk mendapatkan celana cargo yang tepat usahakan pastikan juga anda memilih satu model celana yang paling sesuai dengan aktifitas anda.

  • Bila anda mencari celana cargo yang bisa menutup dan melindungi bagian kaki dengan sempurna anda bisa memilih celana cargo panjang.
  • Untuk aktifitas yang leih santai maka anda bisa memilih celana cargo pendek yang berpotongan lebih sederhana.

5. Menaruh Banyak Barang di Saku Celana

Celana cargo dengan banyak kantong penyimpanan memang diciptakan agar seseorang bisa membawa banyak barang sekaligus, namun bukan berarti anda bisa sembarangan mengisinya dengan banyak barang. Bayangkan kalau semua kantong celana terisi penuh pasti celana yang anda pakai akan semakin berat.

Celana Cargo

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Selain membuat celana jadi berat, kebiasaan memasukkan banyak barang ke dalam kantong celana cargo juga akan membuat penampilan jadi tampak aneh kalau diterapkan dalam trend fashion.

  • Memaksakan diri untuk memasukkan sejumlah barang berat ke dalam kantung celana juga bisa membuat celana cargo melorot.
  • Disisi lain kantong celana cargo yang menonjol di salah satu sisi akan membuat penampilan jadi tidak seimbang.

Untuk mensiasati hal tersebut anda bisa memasukkan barang seperlunya ke dalam kantong yang ada di bagian kanan dan kiri celana. Kalau mau aman lebih baik selalu gunakan tas kecil yang bisa menonjolkan tampilan streetwear jika anda ingin membawa lebih banyak barang saat bepergian.

6. Salah Memilih Material Celana Cargo

Kesalahan berikutnya yang perlu dihindari jika ingin tampil keren dan lebih leluasa bergerak saat memakai celana cargo adalah jangan asal memilih bahan celana. Untuk alasan kenyananan pastikan celana cargo yang anda pakai terbuat dari bahan kain berkualitas dan tidak panas saat digunakan dalam waktu lama.

  • Pilih bahan celana cargo yang bisa menyerap keringat tetapi tidak membuat basah dan berat saat digunakan agar anda terhindar dari bahaya masuk angin.
  • Pilih celana yang mempunyai sirkulasi udara cukup baik agar tubuh anda tetap terasa sejuk selama beraktifitas.
  • Pilih celana yang berpori agar kemungkinan munculnya bau badan akibat keringat berlebih juga bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Celana Cargo

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, celana cargo yang bagus minimal juga harus dibuat dari bahan khusus yang bersifat ringan, kuat dan tidak mudah sobek. Beberapa jenis bahan kain yang memenuhi syarat tersebut diantaranya:

  • Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis bahan celana yang terbuat dari serat alami yakni serat cotton jadi akan terasa dingin saat dikenakan. Kain ini secara umu memiliki tekstur yang cukup halus, lembut, kuat tahan lama dan dapat menyerap keringat dengan sangat baik.

Khusus untuk pembuatan celana, kain katun yang bisa dipakai memanglah tidak sebanyak kain katun untuk kemeja ataupun blus wanita. Dalam hal ini anda bisa memilih kain cotton twill yang memiliki motif diagonal pada permukaan kainnya.

  • Bahan Kanvas

Bahan kanvas merupakan jenis kain yang bertekstur tebal, berat dan memiliki motif benang yang terlihat jelas. Bahan kanvas juga sangat cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari angin dan udara dingin karena mampu membuat suhu tubuh tetap stabil dan hangat.

Khusus untuk pembuatan celana kargo, bahan kanvas yang bisa digunakan ada dua macam. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa bahan kanvas marsoto dan baby canvas yang menawarkan banyak keunggulan.

Bahan kanvas marsoto terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Kain ini juga memiliki ciri khas lain yakni bertekstur bintik-bintik pada bagian permukaannya menyerupai tekstur kain cordura.

  • Kain Baby Canvas

Kain baby canvas yang biasa digunakan untuk membuat celana dapat dijumpai dalam dua varian yang berbeda yakni kain baby canvas katun dan kain baby canvas TR

Kain baby canvas katun memiliki karakteristik cukup unik yakni bertekstur halus, lebih tipis dan tidak kaku bila dibandingkan bahan kanvas lainnya.

Sama halnya dengan kain baby canvas katun, kain ini juga mempunyai sifat lebih tipis, bertekstur halus dan tidak kaku bila dibandingkan bahan kanvas lainnya.

  • Kain Twill

Kain twill termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki tekstur serat kain berbentuk garis diagonal, sehingga terlihat kasar pada bagian permukaannya. Meski terlihat kasar namun kain twill sebenarnya justru terasa sangat lembut dan dingin ketika dijadikan sebagai bahan celana.

Tidak jauh berbeda dengan dua bahan sebelumnya, kain twill ini sebenarnya juga tersedia dalam berbagai tingkat ketebalan dan kerapatan tenunan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain twill stretch dan kain twill no stretch.

Kain twill stretch memiliki tingkat ketebalan sedang dan bersifat melar, jadi sangat cocok dipakai untuk membuat celana slim-fit karena bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Tidak jauh berbeda dengan kain twill stretch, kain twill no stretch sebenarnya juga memiliki tingkat ketebalan sedang, hanya saja kain twill no stretch ini tidak melar.

  • Kain Ripstop Nilon

Kain ripstop nilon termasuk ke dalam jenis kain bertekstur kotak-kotak yang terbuat dari tenunan benang nilon dan diperkuat selingan benang yang lebih besar. Sebagai bahan celana kain ini sangat cocok dipakai untuk mampu melindungi tubuh dari ancaman cuaca ekstrim.

  • Kain ripstop nilon cenderung kuat dan tidak mudah sobek dibandingkan dengan bahan lain yang sejenis.
  • Jika terdapat sayatan pada bagian tertentu maka sobeknya pun tidak akan melebar jadi sangat bagus digunakan untuk membuat celana kargo.
  • Kain Poliester

Kain poliester merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat sintetis kemudian diolah dan di tenun menjadi lembaran kain. Kain polyester termasuk ke dalam jenis kain yang awet, bersifat hidrofobik, cepat kering dan tidak mudah kusut jadi sangat cocok digunakan untuk kegiatan outdoor.

7. Mengikuti Gaya Yang Monoton

Sekalipun anda termasuk orang yang suka tampil simple sebaiknya jangan selalu memadupadankan celana cargo dengan baju yang itu-itu saja setiap harinya. Untuk mengantisipasi hal tersebut usahakan untuk terus berinvoasi dan juga mengikuti tren fashion yang sedang berkembang supaya penampilan anda jauh dari kesan monoton.

Celana Cargo

Sumber : https://www.dhgate.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah daftar kesalahan yang wajib anda hindari ketika memakai celana cargo. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penggunaan celana cargo sebaiknya selalu utamakan kenyamanan dan pilih model serta material celana yang sesuai dengan aktifitas sehari-hari anda.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa membantu anda anda untuk lebih mudah mendapatkan celana cargo yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau anda ingin mencari bahan kain untuk membuat celana atau jenis pakaian lainnya sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena kami menyediakan banyak pilihan bahan yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.